1.095 Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan Diberi Pembekalan KKL

1.095 Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan Diberi Pembekalan KKL

Dok.Humas: Dr.H.Zul Anwar Ajim Harahap,M.Ag (Ketua LPPM) melaporkan pelaksana KKL di hadapan Pimpinan juga peserta KKL.

Kamis (11/07/2019). Hari ini, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IAIN Padangsidimpuan mengadakan pembekalan bagi 1.095 peserta KKL Angkatan XLIV Tahun 2019 di aula Rektorat.

“ IAIN Padangsidimpuan yang merupakan Perguruan Tinggi, tidak pernah lepas dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, diantara Dharma Perguruan Tinggi tersebut adalah Pengabdian Masyarakat. Pada kesempatan ini, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IAIN Padangsidimpuan akan mengadakan pembekalan untuk 1.095 mahasiswa yang akan mengikuti program KKL tahun ini,” jelas Dr.H.Zul Anwar Ajim Harahap,M.Ag

Ketua LPPM IAIN Padangsidimpuan ini juga menambahkan bahwa KKL tahun ini “berbeda” dengan pelaksanaan KKL pada tahun-tahun sebelumnya, disebabkan pada pelaksanaan KKL tahun ini menggunakan metode PAR (Participation-Action-Research).

“1.095 mahasiswa peserta KKL ini akan didistribusikan ke 95 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Padang Lawas. Mereka akan dibekali beberapa pengetahuan dan pengalaman tentang metode PAR, yang nantinya kita harapkan dapat memberikan perubahan kea rah lebih baik di masyarakat tempat mereka ditugaskan,” lanjut Ketua LPPM tersebut.

Acara pembekalan yang diadakan di aula Rektorat ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan.

Dalam sambutannya, Dr.Anhar,MA menyampaikan agar mahasiswa peserta KKL tetap menjaga nama baik IAIN Padangsidimpuan, terus memberikan manfaat bagi masyarakat nantinya.

“Ananda yang akan dibekali pada hari ini adalah mahasiswa yang sebelumnya telah lulus seleksi. Artinya anda adalah pilihan, oleh karena itu jagalah nama baik almamatermu setibanya kamu di lokasi nanti. Untuk pembekalan ini, pesan saya kepada anda (mahasiswa KKL;red) ikutilah tahapan demi tahapan pembekalan. Karena pelaksanaan KKL tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dengan menggunakan metode “Participation-Action-Research”. Harapan kita Ada bisa menjalankan fungsi anda sebagai mahasiswa yaitu sebagai agent of change juga social control. Jadilah anda Problem Solver, bukan Problem Maker,”ungkap Dr.Anhar,MA.

Dalam catatan Humas IAIN Padangsidimpuan yang didapat dari LPPM, lokasi pembekalan bagi peserta KKL ini terbagi kepada 3 Lokasi; Aula Rektorat, Aula Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi dan Aula Ma’had Jamiah IAIN Padangsidimpuan. Adapun yang menjadi narasumbernya adalah Dr.Muhammad Darwis Dasopang,M.Ag (Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga), Dr.Magdalena,M.Ag (Wakil Direktur Pasca Sarjana) dan Dr.H.Zul Anwar Ajim Harahap,M.Ag (Ketua LPPM IAIN Padangsidimpuan). (humas/trg)

Dok.Humas: Dr.H.Muhammad Darwis Dasopang,M.Ag (Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga) sebagai narasumber pada pembekalan mahasiswa KKL angkatan XLIV Tahun 2019.

 

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id