1019 Calon Mahasiswa Baru Ikuti UM-PTKIN di kampus IAIN Padangsidimpuan

1019 Calon Mahasiswa Baru Ikuti UM-PTKIN di kampus IAIN Padangsidimpuan

Selasa, 28 Mei 2019. Sebanyak 1019 Calon Mahasiswa Baru mengikuti ujian Masuk Perguruan Tinggi (UM-PTKIN) di kampus IAIN Padangsidimpuan, Sumatera Utara pada hari ini Selasa, 28 Mei 2018 bertempat di Gedung Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum dan Laboratorium Komputer. Sebelumnya, Kampus IAIN Padangsidimpuan telah diramaikan oleh Calon Mahasiswa Baru untuk melihat ruang ujian, sehari sebelum pelaksanaan ujian kemarin.

Doc Humas. Wakil Rektor I dan III serta Koordinator Nasional (Tengah) Monitoring Pelaksanaan UM PTKIN

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Pd mengatakan,  pelaksanaan UM-PTKIN telah dilaksanakan dalam dua pilihan macam tipe ujian yaitu Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT).

“Sebanyak 200 orang mengikuti Computer Based Test (CBT) adalah ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer dengan jumlah butir soal dan panjang waktu tes yang sama dengan PBT. Perbedaannya terletak pada teknik penyajian yang tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban. Selanjutnya sebanyak 819 orang mengikuti Paper Based Test (PBT) adalah ujian yang diselenggarakan secara tertulis. Soal dan Jawaban disajikan di dalam kertas. Untuk tes ini Peserta wajib membawa pensil 2B pada saat ujian karena tes ini menggunakan lembar jawaban komputer (LJK).” ungkapnya kepada humas.

Ia juga menambahkan bahwa calon mahasiswa baru IAIN Padangsidimpuan tahun ini sangat variatif berasal dari berbagai daerah di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Aceh.

“Calon mahasiwa baru yang mendaftar di IAIN Padangsidimpuan sebagaimana data dari UMPTKIN bahwa calon mahasiwa/i sangat berpariasi. Karena banyak datang dari luar Sumatera Utara, Meskipun target awalnya adalah Sumatera Utara tetapi ada yang datang dari wilayah Sumatera Barat dan Aceh juga.” ungkapnya.

Doc. Humas. Suasana Pengawas Ujian di Gedung FASIH

Koordinator Nasional UMPTKIN Pokja CBT, Helmi Saifuddin bersama Wakil Rektor Bidang Adm. Umum Perencanaan dan Keuangan, Dr. Anhar, MA turut hadir dalam memantau jalannya pelaksanaan UMPTKIN. Sejauh pantauannya ia tegaskan bahwa kegiatan akan berjalan dengan lancar dan tanpa kendala.

“Kita telah melihat secara langsung bahwa sarana untuk ujian PBT dan CBT yang dilaksanakan pagi berjalan dengan lancar. Mudah-mudahan semuanya dapat terlaksana tanpa ada kendala, baik PBT maupun CBT.” terangnya.

Helmi Saifuddin juga memberikan apresiasi atas pelaksanaan UM PTKIN di IAIN Padangsidimpuan dimana pelaksanaan berjalan dengan lancar dan pengarahan calon mahasiswa untuk akses informasi yang cepat.

“Saya melihat ada inovasi pelaksanaan UMPTKIN di IAIN Padangsidimpuan  dimana para peserta itu dikumpulkan oleh panitia, sehingga mendapatkan penjelasan yang clear dan jelas secara serentak. Ini merupakan inovasi yang baru yang saya temukan selama pelaksanaan UM PTKIN. ucap Koordinar Nasional Pokja CBT dari Malang tersebut kepada Humas.

Diinformasikan bahwa setelah Paper Based Test (PBT) dilaksanakan di Gedung FASIH dan Computer Based Test (CBT)  di Labkom, hasil ujian akan diumumkan pada 1 Juli 2019. Untuk itu, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Sumper Mulia Harahap, menjelaskan bahwa mahasiswa yang lulus akan daftar ulang pada tanggal 8 hingga 19 Juli 2019 sekaligus wawancara bersama orangtua untuk persiapan proses masuk asrama Ma’had Jamiah.

Doc Humas. Para Wakil Rektor, Dekan, Koordinator Nasional UMPTKIN Foto bersama setelah selesai Monitoring Pelaksanaan UMPTKIN

“Tentunya anak-anak kami yang dinyatakan lulus baik dari jalur SPAN PTKIN, UM PTKIN dan UM Mandiri akan diwajibkan bermukim di Asrama Ma’had Jamiah yang telah disiapkan oleh IAIN Padangsidimpuan selama 2 semester dengan program-program unggulan yang telah dirancang oleh IAIN Padangsidimpuan”. jelasnya.

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id