Camp EPIC 4 Sharing, Inovasi dan Penguatan Lembaga IAIN Padangsidimpuan

Dok. Humas (11/04/2018) Rektor didampingi Wakil Rektor, Dekan, Kajur dan Dosen Tadris Bahasa Inggris Usai Pembukaan Camp EPIC 4 Sharing Session di Aula Biro AUAK IAIN Padangsidimpuan

Rabu (11/04/2018) Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan menyelenggarakan Camp EPIC Sharing di Aula Biro AUAK IAIN Padangsidimpuan. Kegiatan yang dibuka oleh Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL tersebut mengangkat tema “Revealing Teaching English Skill Through Fun and Innovative Ways” yang bertujuan untuk memberikan pelatihan bagaimana mengajarkan bahasa Inggris dengan menyenangkan dan kreatif kepada mahasiswa jurusan Tadris Bahasa Inggris khususnya mahasiswa semester VI yang sudah mengikuti mata kuliah Micro Teaching. Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Riandry Fadilah Nasution yang merupakan awardee dari 52 Mahasiswa Indonesia dan Timor Leste di EPIC Camp 4 Surabaya beberapa waktu yang lalu.

Rektor IAIN Padangsidimpuan dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya atas kegiatan tersebut dan memaparkan pengalamannya bagaimana belajar bahasa Arab dan Inggris ketika duduk di bangku pesantren sampai kuliah yang pada akhirnya mampu berbahasa Inggris dan mendapatkan manfaat dari kemampuan berbahasa. Guru Besar dalam ilmu Hukum Islam itu kemudian memberikan apresiasi atas inovasi yang merupakan langkah nyata sebagai penguatan lembaga IAIN Padangsidimpuan.

“Saya merasa bangga atas terselenggaranya kegiatan ini, bahasa Inggris merupakan sesuatu yang sangat penting dalam dunia akademik karena banyak karya dan literatur ditulis dalam bahasa Inggris. Kegiatan ini sejalan dengan program Ma’had Jami’ah (Pesantren Kampus) yang diwajibkan bagi mahasiswa pada tahun pertama, dengan bahasa kita berharap dapat meningkatkan kualitas kita sehingga mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi lainnya” ujarnya.

Sebelumnya Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Dr. Lelya Hilda, M.Si menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangganya karena mahasiswa IAIN Padangsidimpuan semakin menunjukkan prestasi yang membanggakan. Ia berharap kedepannya kegiatan-kegiatan yang mendukung kompetensi mahasiswa semakin digalakkan dan dikembangkan. “Saya ucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa atas prestasinya dalam kegiatan baik dalam lingkup nasional maupun internasional, kedepannya kita berharap kegiatan seperti ini semakin digalakkan”, harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Jurusan Tadris Bahasa Inggris Mrs. Rayendriani Fahmei Lubis, M.Ag memaparkan bahwa Epic Camp 4 Sharing merupakan tahap awal untuk mengenalkan berbagai metode pengajaran bahasa Inggris kepada mahasiswa dan akan diaplikasikan oleh mahasiswa TBI semester VI yang akan melakukan Praktek Pengajaran di sekolah-sekolah dan madrasah di wilayah Tapanuli Bagian Selatan. “Kegiatan hari ini masih sebatas sosialisasi berbagai metode pengajaran Bahasa Inggris, nantinya mahasiswa semester VI yang sudah mengikuti mata kuliah micro teaching akan mempraktekkan secara langsung berbagai metode tersebut”, ujarnya.

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag dan perwakilan Dewan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Dok. Humas (11/04/2018) Acara Pembukaan Camp EPIC 4 Sharing Session

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *