Safari Ramadhan 1349 H : Rektor Tanamkan Nilai Filosofis Puasa

Doc Humas 29/05/2018. Rektor IAIN Psp, Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL memberikan arahan dan bimbingan dalam Kegiatan Safari Ramadhan 1349 H di Masjid Ulul Ilmi IAIN Padangsidimpuan

Rabu, 30/05/2018. Safari Ramadhan yang dilaksanakan oleh Rektor IAIN Padangsidimpuan, Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL bersama dengan unsur pimpinan secara langsung memberikan arahan dan bimbingan kepada ratusan mahasiswa yang hadir. Kegiatan Safari Ramadhan dilaksanakan setelah pelaksanaan shalat tarwih pada hari selasa 29 Mei 2018 di Masjid Ulul Ilmi IAIN Padangsidimpuan.

 

Safari Ramadhan yang digagas oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Sumper Mulia Harapap, M.Ag bersama dengan panitia dari Ma’had Jamiah bertujuan untuk meningkatkan kesadaran makna dan nilai-nilai puasa Ramadhan bagi civitas akademik IAIN Padangsidimpuan. Safari Ramadhan ini dilaksanakan selama tiga hari dengan tiga lokasi yang berbeda-beda. “Satu hari sebelumnya Rektor dan Unsur Pimpinan telah melaksanakan Safari Ramadhan di Asrama Ma’had Jamiah Putri, dan malam ini (29/05) di Masjid Ulul Ilmi IAIN Padangsidimpuan dengan dihadiri oleh mahasantri Putra. Rencananya dimalam selanjutnya akan dilaksanakan di Kampus II Baharuddin”. Terang Sumper Mulia Harahap.

 

Rektor IAIN Padangsidimpuan, Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL dalam sambutan dan arahannya mengajak para jamaah yang hadir. “Kita tekankan kepada seluruh civitas akdemik terutama mahasantri dari Ma’had Jamiah agar terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt. Mari kita tanamkan dan maknai bahwa puasa itu adalah untuk kesehatan jasmani dan rohani kita. Karena nilai filosofis dari ibadah puasa itu adalah untuk mengekang dan menahan hawa nafsu manusia agar dirinya menjadi sehat jasmani, sehat rohani”. Terang Rektor.

 

Acara tersebut juga menjadi ajang silaturrahmi untuk mengenal lebih dekat para unsur pimpinan di IAIN Padangsidimpuan. Rektor dihadapan mahasantri memperkenalkan unsur pimpinan mulai dari para Wakil Rektor, Dekan-Dekan Fakultas, dan Pimpinan Lembaga di Lingkungan IAIN Padangsidimpuan. Acara perkenalan tersebut disambut meriah oleh ratusan mahasantri.  Setelah arahan dan bimbingan dari Rektor IAIN Padangsidimpuan Jamaah disuguhkan dengan Kultum 10 Menit Berkualitas yang diisi oleh Dr. Zul Anwar Ajim, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

 

Selama 10 Menit Zul Anwar Azim mengemas pesan-pesan filosofis puasa dengan khas Syariah yang menggugah jamaah yang hadir. Humas menangkap pesan-pesan tersebut. “Ketika Bapak Rektor menjelaskan puasa dari segi kesehatan, maka izinkan saya menjelaskan dari segi syariah islam. Dalam Kaidah Hukum Islam bahwa semua bentuk hukum memiliki maslahat bagi umat, termasuk puasa. Jadi, jika anda belum menemukan maslahatnya cari dan tunggu hikmahnya. Kita yang termasuk dari ahli pikir (ulul al-bab) dari kalangan akademisi ini nantinya akan mengatakan apa yang disebutkan dalam al-Qur’an “Ya Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia” (QS. Ali Imran: 191) Maksudnya bahwa apa yang menjadi aturan dalam puasa itu tidaklah hanya dibuat-buat saja. tetapi adalah untuk kepentingan diri kita sendiri. Termasuklah apa yang disebutkan bahwa berpuasalah supaya sehat”. Terang Zul Anwar Ajim yang menyandang gelar Doktor di Bidang Ilmu Syariah.

 

Beberapa point penting yang dapat ditangkap Tim Humas ketika meliput acara tersebut adalah bahwa adanya ajakan bagi para jamaah agar tetap istiqomah atau konsisten dengan apa yang menjadi niat berpuasa. Acara tersebut berakhir hingga pada pukul 22.00 WIB.