Launching SPAN-UM PTKIN, IAIN Padangsidimpuan Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

Dok. Humas (29/01.2018) Launching SPAN-UM PTKIN oleh Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin

Senin (29/01/2018) Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan kembali menerima pendaftaran mahasiswa baru Tahun Akademik 2018/2019 usai dilaunching oleh Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta. Acara launching Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) dihadiri oleh Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL dan para pimpinan PTKIN se-Indonesia. Menteri Agama dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa SPAN dan UM PTKIN merupakan ajang mempromosikan PTKIN. Untuk itu seluruh PTKIN harus berupaya dan untuk mempromosikan program studi keagamaan karena prodi keagamaan merupakan DNA nya PTKIN. Menteri juga menyinggung dan mengapresiasi PTKIN yang menyelenggarakan sistem ma’had jami’ah untuk mengatasi pendaftar dari SMK dan SMU, secara khusus beliau berterimakasih kepada IAIN Padangsidimpuan dan UIN Malang yang telah menerapkan sistem ma’had jami’ah.

“Seluruh PTKIN harus mempromosikan dengan secara terbuka dan sistematis untuk mempromosikan program studi keagamaan karena program studi keagamaan merupakan DNA nya PTKIN”, ujarnya saat launching SPAN-UM PTKIN di Jakarta.

Rektor IAIN Padangsidimpuan secara terpisah menyampaikan rasa terimakasih kepada Menteri Agama Republik Indonesia yang mendukung penuh program ma’had jami’ah IAIN Padangsidimpuan dan mengajak segenap masyarakat khususnya Tabagsel untuk bergabung ke IAIN Padangsidimpuan.

Pantauan Humas IAIN Padangsidimpuan SPAN-UM PTKIN tahun ini menargetkan jumlah pendaftar mencapai 175 ribu. Adapun Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan menerima mahasiswa baru sebanyak 2000 orang yang terdiri dari 18 Jurusan dan Program Studi yang ada di 4 Fakultas IAIN Padangsidimpuan. Pendaftaran SPAN PTKIN dijadwalkan berlangsung dari 1-29 Maret 2018. Hasil seleksinya akan diumumkan pada 1 Mei 2018. Untuk pendaftaran UM PTKIN, rencananya akan dibuka mulai 12 April-8 Mei 2018. Ujian akan digelar pada 22 Mei dan hasilnya diumumkan pada 10 Juli 2018. Sedangkan UM Lokal yang diselenggarakan IAIN Padangsidimpuan dijadwalkan pada bulan Juli 2018 setelah penyelenggaraan UM PTKIN.

Selain itu, seluruh mahasiswa yang sudah lulus ujian masuk dapat mengikuti seleksi beasiswa yang ada di IAIN Padangsidimpuan antara lain Beasiswa Bidik Misi, Beasiswa Tahfiz, Beasiswa Jurusan Langka Peminat, Beasiswa Prestasi dan Beasiswa Bank Indonesia.

Dok. Humas (29/01/2018) Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL Pada Saat Launching SPAN-UM PTKIN

One thought on “Launching SPAN-UM PTKIN, IAIN Padangsidimpuan Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

  1. February 6, 2018

    Halim Harahap Reply

    untuk bidikmisi bagaimana tata cara pendaftarannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *