666 CALON MAHASISWA BARU IKUTI SELEKSI UM-PTKIN DI IAIN PADANGSIDIMPUAN

Pagi yang sejuk pada selasa 23 Mei 2017 UM-PTKIN di IAIN Padangsidimpuan diikuti 666 orang dengan pilihan 4 Fakultas. Ujian ini diawali dengan pembukaan secara serimonial yang langsung dibuka oleh Rektor IAIN Padangsidimpuan Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL dalam kesampatan itu beliau menyampaikan terimakasih kepada calon mahasiswa yang telah memilih IAIN Padangsidimpuan sebagai tempat menuntut ilmu. Proses ujian ini adalah pintu untuk masuk ke Perguruan Tinggi dan meninggalkan SLTA dan ia menambahkan cara belajar mahasiswa itu berbeda dengan waktu SLTA, mahasiswa harus lebih aktif mencari ilmu tidak menjadikan guru sebagai sumber ilmu seperti SLTA. Rektor IAIN psp yg sebentar lagi akan dikukuhkan menjadi Guru Besar juga mengucapkan selamat dan berharap peserta semua berhasil lulus ujian.

Tipe ujian yang dilakukan adalah Paper Based Test (PBT) yaitu ujian yang diselenggarakan secara tertulis. Kelompok ujian terbagi 3 yaitu kelompok pertama , Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Kelompok kedua , Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan kelompok ketiga, Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC). Materi ujian Test Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman, IPS dan IPA. Ujian berlangsung satu hari dimulai pukul 07.30 Wib s.d 12.15 Wib.

Peserta yang mengikuti ujian sangat antusias dan bercampur deg-degan dan sangat berharap lulus  nantinya. Anstusiasme masyarakat juga terlihat banyaknya orang tua yang mengantarkan dan mendampingi anaknya ikut ujian. Menurut salah satu orangtua Peserta seleksi UM-PTKIN Mitha Seri Dewi Nst  ketika ditanya dengan program Asrama. “saya berharap sekali anaknya saya masuk dan tinggal di asrama IAIN Padangsidimpuan, karena saya sudah mendengar program asrama itu bagus, satu tahun tinggal di asrama bisa bahasa Inggris dan Arab dan kami orangtua merasa tenang kalau tinggal di asrama dan tidak merasa waswas, kalau bisa tolonglah pak biar anak saya lulus ” paparnya.

Rektor IAIN Padangsidimpuan, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama, Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Kabag Akademik dan Kemahasiswaan, Kasubbag Humas dan Informasi serta rombongan  sempat memantau dan monitoring kegiatan UM-PTKIN langsung ke ruang ujian, Alhamdulillah berjalan tertib dan lancar.(Red.Humas dan Informasi)

2 thoughts on “666 CALON MAHASISWA BARU IKUTI SELEKSI UM-PTKIN DI IAIN PADANGSIDIMPUAN

  1. June 15, 2017

    siti nurkhaliza Reply

    Assalamualaikum pak.
    saya berharap calon mahasiswa baru yang mengikuti ujian jalur Umptkin lulus semua. karena besar harapan kami ingin menambah ilmu di IAIN sidempuan. 🙂

    • June 16, 2017

      humas Reply

      Mudah-mudahan lulus semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *