Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu Ajak Mahasiswa Bekerjasama dengan Pemerintah Desa

Sabtu (14/07/2018) Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu memberikan pembekalan kepada seluruh mahasiswa peserta Kuliah Kerja Lapangan (KKL) IAIN Padangsidimpuan yang dihadiri oleh seribuan peserta yang akan terjun ke desa-desa di wilayah Tapanuli Selatan. Acara pembekalan tersebut merupakan rangkaian acara Kuliah Kerja Lapangan IAIN Padangsidimpuan yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari untuk memberikan pemahaman kepada seluruh peserta tentang program-program yang akan diaktualisasikan di lapangan.

Dalam acara tersebut Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu berharap seluruh peserta untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dengan bekerjasama dengan pemerintah desa dan tokoh masyarakat. Disamping itu, mantan anggota DPR Sumatera Utara ini meminta untuk bekerjasama dengan Badan Koordinasi Majelis Taklim (BKMT) sehingga pemberdayaan masyarakat baik dalam bidang pemerintahan maupun keagamaan dapat dilaksanakan. Bupati berharap Kegiatan KKL IAIN Padangsidimpuan memberikan dampak yang baik sebagaimana beberapa periode sebelumnya yang sudah dilaksanakan beberapa tahun terakhir.

“Saya berharap seluruh peserta nantinya dapat mengaplikasikan ilmunya dengan sebaik-baiknya dan bekerjasama dengan pemerintahan desa, tokoh masyarakat dan Badan Koordinasi Majelis Taklim (BKMT) di wilayah Tapanuli Bagian Selatan. Semoga seluruh peserta bisa memberdayakan masyarakat dan dapat membantu mengatasi problematika kehidupan masyarakat desa di Tapanuli Selatan”, ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui sekretarisnya Ali Amran, M.Si menyampaikan bahwa peserta KKL angkatan XLIII IAIN Padangsidimpuan Tahun 2018 berjumlah 1180 peserta yang terdiri dari berbagai fakultas dan jurusan yang ada di IAIN Padangsidimpuan. Semua peserta dibagi dan disebarkan di 10 kecamatan yang terdiri dari 120 desa yang ada di Tapanuli Selatan. Para peserta Kuliah Kerja Lapangan merupakan alumni pertama Ma’had Jami’ah dan memiliki kemampuan berbahasa Arab dan bahasa Inggris yang cukup baik. Mantan Aktivis lingkungan ini berharap penyelenggaraan KKL periode ini bisa dilaksanakan dengan baik dan sukses meskipun waktu pelaksanaannya berbeda dengan penyelenggaraan KKL periode sebelumnya.

“Jumlah peserta KKL angkatan XLIII ini sebanyak 1180 orang yang disebar di 10 kecamatan dan 120 desa yang terdiri dari mahasiswa berbagai jurusan dan fakultas yang ada di IAIN Padangsidimpuan. Peserta KKL ini merupakan lulusan pertama program Ma’had Jami’ah dan memiliki kemampuan berbahasa Arab dan Inggris yang cukup baik. Kita semua berharap seluruh peserta dapat membuat program-program yang baik meskipun waktu pelaksanaan KKL sudah dipersingkat menjadi 1 (satu) bulan dari periode sebelumnya pelaksanaannya selama 2 (dua) bulan ”, ujarnya.

Sebelumnya Rektor IAIN Padangsidimpuan melalui Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengambangan Lembaga Dr. H. Mhd. Darwis Dasopang, M.Ag menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta agar dapat mengaplikasikan teori-teori yang didapat dalam perkuliahan dan pada pembekalan yang disampaikan langsung oleh Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu. Ia menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan yang selalu mendukung berbagai kegiatan yang ada di IAIN Padangsidimpuan. “Semoga seluruh peserta bisa mengaplikasikan teori-teori yang didapatkan selama perkuliahan dan yang disampaikan oleh narasumber pembekalan. Kami segenap Civitas Akademika IAIN Padangsidimpuan menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan khususnya Bupati Syahrul M. Pasaribu yang selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang ada”, tutupnya.

Dok. Humas (15/07/2018) Sambutan oleh Rektor IAIN Padangsidimpuan diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. H. Mhd. Darwis Dasopang, M.Ag pada Acara Pembekalan KKL Angkatan LXIII IAIN Padangsidimpuan Tahun 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.