FDIK IAIN Padangsidimpuan Angkat Tema Women In Da’wah Melalui Seminar Internasional

Foto Bersama Keempat Narasumber bersama dengan Dekan, Dr. Ali Sati, M.A dan Wakil Dekan Bid. Kemahasiswaan Dr. Soleh Fikri.

Rabu, 26/09/2018. Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan melalui Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi menggelar seminar internasional bertema gender. Acara diadakan setelah kegiatan pelaksanaan Studium General hari sebelumnya 25 September 2018.  Mengangkat tema “Women in Da’wah and Political Movement In Millennial Era”, seminar dimeriahkan penampilan tari dari sanggar tari mahasiswi yang dikelola oleh Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Dr. Ali Sati, M.A mengungkapkan bahwa tujuan dari pelaksanaan seminar internasional adalah untuk academic recharging untuk semua kalangan akademisi dan mahasiswa pada umumnya.

“Penting untuk mengkaji kesetaraan gender di kalangan para da’iyah, muballighah, maupun ustazah terutama kaum perempuan, terkhusus bagi mahasiswi sebagai generasi bangsa Indonesia. Terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras serta dukungan dari pimpinan hingga acara ini dapat terwujud seperti saat ini.”, tutur Dr. Ali Sati, M.A dengan bahagia dalam sambutannya.

Selain itu, Rektor IAIN Padangsidimpuan melalui Wakil Rekor Bidang Admnisitrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Dr. Anhar, MA mengungkapkan bahwa seminar diharapkan dapat mengungkap peranan perempuan dalam membentuk tatanan dakwah dan politik menuju tatanan politik yang sehat. Terakhir, seminar dimaksudkan agar dapat melahirkan para da’iyah dari kalangan srikandi (perempuan) yang berjuang untuk meningkatkan peranan dalam berbagai aspek sosial, politik, agama, masyarakat dan negara.

“Untuk itu, kita hadirkan 2 pemateri dari Negara Tetangga, Malaysia, Prof. Dr. Siti Rugayah Hj. Tibek, Dr. Suhaila Mohd Hamdani, dan 2 pemateri dari dalam negeri yaitu Dra. Wahidah Zein Siregar, Ph.D dari UIN Sunan Ampel Surabaya dan Dr. Juni Wati Sri Rizki, M.A dari IAIN Padangsidimpuan, kita semua berharap melalui 4 narasumber ini dapat memberikan pandangan dan perspektif yang benar tentang dakwah bagi kaum perempuan khususnya kepada mahasiswi yang menjadi peserta hari ini.” terang Dr. Anhar, M.A dalam sambutannya, Rabu (26/9).

Kegiatan seminar internasional berlangsung dari pagi hari hingga sore hari, panitia dari Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, menjadwalkan 4 narasumber secara bergandengan dengan dua sesi pagi-siang dan siang-sore. Prof. Dr. Siti Rugayah Hj. Tibek dan Dra. Wahidah Zein Siregar, PhD menjadi pembicara pada pagi hingga siang. Kemudian dilanjutkan setelah istirahat siang oleh dua narasumber Dr. Juni Wati Sri Rizki, M.A dengan Dr. Suhaila dari siang hingga sore hari.

Doc Humas, 26/09/2018. Dua Narasumber di atas panggung yang dimoderatori oleh Fauziah Nasution, M,Ag (tengah) Dra. Wahidah Zein Siregar, Ph.D (kanan) dan Prof. Dr. Siti Rugayah Hj. Tibek (kiri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.