Gelar Safari Ramadhan, Rektor Ingatkan Esensi Puasa dan Program Ma’had Jami’ah

Dok. Humas (07/06/2018) Bimbingan dan Arahan disampaikan oleh Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL dalam acara Safari Kampus Ma’had Pondok Pesantren Baharuddin

Kamis (08/06/2018) Pimpinan IAIN Padangsidimpuan gelar safari ramadhan di Kampus Ma’had Pondok Pesantren Baharuddin yang diisi oleh ratusan mahasantri Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Acara safari ini dirangkai dengan pelaksanaan shalat isya, Tarwih dan Witir secara berjamaah dilanjutkan dengan khatmil qur’an dan penyampaian bimbingan dan arahan oleh Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL.

Sebelum menyampaikan bimbingan dan arahan, Rektor memperkenalkan seluruh rombongan yang hadir dalam kegiatan tersebut dan disambut dengan antusias oleh mahasantri. Dalam kesempatan tersebut Rektor menyampaikan bahwa puasa itu untuk membatasi kemauan jasmani manusia dan ada 5 (lima) perilaku yang dapat mengurangi bahkan menghapuskan nilai puasa seseorang yakni; bohong, ghibah, adu domba, bersumpah palsu dan memandang dengan syahwat. Ia berharap seluruh mahasantri dapat terhindar dari kelima perilaku tersebut. “Ada lima point yang membuat puasa seseorang tidak bernilai dan semoga kita semua terhindar dari perilaku tersebut”, ujarnya.

Lebih lanjut Rektor menyampaikan bahwa program ma’had jami’ah memiliki kesamaan dengan makna puasa yaitu membatasi kemauan jasmani dengan wajib berasrama dan mengikuti seluruh programnya termasuk diantaranya baca al-Qur’an, bahasa Arab, bahasa Inggris dan pembinaan karakter. Dengan demikian seluruh mahasiswa IAIN Padangsidimpuan bisa baca al-Qur’an dan memiliki kemampuan bahasa yang baik.

Sebelumnya Direktur Ma’had Jami’ah Muhlison, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan ucapan terimakasih kepada Rektor IAIN Padangsidimpuan, unsur pimpinan serta Muwajjih dan musyrifah yang hadir di lokasi, atas komitmen dan perhatian yang luar biasa kepada program ma’had jami’ah. ia berharap perhatian dan komitmen tersebut dibalas dengan keseriusan mahasantri untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas keilmuannya masing-masing. “Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Rektor dan unsur pimpinan yang hadir, atas perhatian dan komitmen yang tinggi kepada program ma’had jami’ah semoga dibalas dengan keseriusan mahasantri untuk meningkatkan kualitas dan kapasitasnya selama berada di asrama ini” ujarnya.

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag, seluruh Dekan dan Wakil Dekan, Direktur Pascasarjana, Kepala Bagian dan unsur pimpinan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.