IAIN PADANGSIDIMPUAN “MENGKHATAMKAN” MAHASANTRI/MAHASANTRIAH DI BULAN RAMADHAN 1438 H

Doc.Humas (20/06/2017) Rektor IAIN PAdangsidimpuan menyerahkan Penghargaan kepada Mahasantri/ah terbaik

Selasa; 20 Juni 2017 bertepatan dengan 25 Ramadhan 1438 H, IAIN Padangsidimpuan melalui lembaga strukturalnya UPT Ma’had al-Jami’ah mengadakan haflah al-ikhtitam serta pelepasan Mahasantri/Mahasantriah. Kegiatan ini diadakan di dua tempat yang berbeda dan pada waktu yang berbeda juga. Kegiatan pertama dilaksanakan oleh para mahasantri/mahasantriah yang bermukim di asrama IAIN Padangsidimpuan, sedangkan Kegiatan kedua akan dilaksanakan pada hari Rabu/21 Juni 2017 di Asrama Baharuddin (Mitra IAIN Padangsidimpuan).

“Haflah al-ikhtitam adalah sebuah terminologi yang digunakan oleh UPT Ma’had Al-Jami’ah IAIN Padangsidimpuan untuk melepaskan mahasantri/mahasantriah kembali pada pangkuan orang tua masing-masing”, ujar Ustadz Fadlika Himmah Harahap disela-sela kegiatan saat diwawancarai oleh Humas Biro IAIN Padangsidimpuan. Acara ini dilaksanakan setelah sholat Tarawih dan diadakan di auditorium IAIN Padangsidimpuan. Adapun peserta dari acara ini adalah seluruh Mahasantri/Mahasantriah yang tinggal di asrama kampus IAIN Padangsidimpuan beserta tamu undangan dari Unsur Pimpinan juga civitas akademika IAIN Padangsidimpuan. Para mahasantri menampilkan keterampilan mereka dalam semua bidang termasuk bidang seni juga ilmiah.

Ustadz Hasyir Budiman Ritonga (sebagai perwakilan dari Muwajjih/Muwajjihah) menyampaikan dalam pesan dan kesannya agar seluruh mahasantri/mahasantriah yang akan dilepas tahun ini tetap merajut ukhuwah dan mempertahankan nilai-nilai pendidikan yang sudah didapat selama di asrama. Hal senada juga disampaikan oleh Mudhir Ma’had. “Anandaku semuanya, tanpa terasa ± 10 bulan yang lalu kita pertama sekali bertemu di auditorium ini dalam agenda menyambut ananda semuanya sebagai mahasantri/mahasantriah baru IAIN Padangsidimpuan tahun 2016. Kenangan itu terulang kembali di malam ini, namun dalam pharase yang berbeda. Anandaku, jika selama ini kami para Ustadz/Ustadzah, Muwajjih/Muwajjihah juga Musyrif/Musyrifah telah mendidik antum (kamu;red) dengan memberikan penugasan serta sanksi bagi pelanggar disiplin, ketahuilah bahwa itu semuanya karena rasa cinta dan tanggung jawab kami terhadap amanah yang telah diberikan Rektor IAIN Padangsidimpuan kepada kami. Rektor sering memberikan petuah yaitu “Catat apa yang akan Kamu kerjakan, Kerjakan apa yang telah Kamu Catat” kalimat motivatif inilah yang sering kami terima dari Rektor dalam menjalankan roda pembinaan di ma’had”, demikian ujar Ustadz Muhlison, M.Ag (Mudhir Ma’had al-Jami’ah IAIN Padangsidimpuan).

Rektor IAIN Padangsidimpuan; Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL, menegaskan agar semua mahasantri/mahasantriah tetap menjaga akhlakul kariimah, senantiasa meningkatkan prestasi serta kualitas pribadi menjadi yang terbaik. Beliau juga menyampaikan beberapa program-program untuk meningkatkan keterampilan mahasantri/mahasantriah terutama dalam bidang penguasaan bahasa asing “Arab dan Inggris” juga dengan mengadakan Student’s Mobility.

Acara ini sungguh meriah dengan banyaknya penampilan atraksi dari para mahasantri/mahasantriah. Semuanya mengambil andil dalam kesuksesan kegiatan ini. Ada yang menampilkan Seni Gerak Tari, ada yang berpidato dengan 3 bahasa “Arab, Inggris dan Indonesia”, Stand Up Comedy, juga puisi. Diakhir kegiatan Rektor IAIN Padangsidimpuan berharap, semoga mahasantri/mahasantriah tetap meningkatkan prestasi Ilmu dan Akhlaq agar dapat menjadi generasi yang bermanfa’at bagi Agama, Nusa dan Bangsa.

Doc.Humas (20/06/2017) Rektor IAIN Padangsidimpuan (Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL), Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama (Drs. Samsuddin, M.Ag) berfoto bersama dengan Mahasantri/ah Terbaik Ma’had Al-Jamiah IAIN Padangsidimpuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *