KAJI HUKUM ISLAM DALAM KONTEKS ISLAM NUSANTARA, FAKULTAS SYARIAH DAN ILMU HUKUM IAIN PADANGSIDIMPUAN HADIRKAN REKTOR UIN SUNAN KALIJAGA

 

Dok. Humas (24/09/2018) Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., PhD ketika Menyampaikan Paparan dalam Studium General Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan

Minggu (23/09/2018) Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan menyelenggarakan stadium general dengan menghadirkan Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan yang diselenggarakan di Auditorium IAIN Padangsidimpuan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa Ma’had Jami’ah IAIN Padangsidimpuan yang terdiri dari berbagai Jurusan di IAIN Padangsidimpuan. Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag menyampaikan bahwa kegiatan Studium General ini adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya untuk memotivasi dan memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa khususnya Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum. Doktor Hukum Islam ini juga menyampaikan bahwa tema kegiatan Studium General kali ini adalah Hukum Islam dalam Konteks Islam Nusantara dengan menghadirkan narasumber tunggal Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., PhD yang merupakan Rektor UIN Sunan Kalijaga sekaligus Presiden Asia Islamic Univiersities Association (AIUA).

Studium General yang diselenggarakan oleh Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum ini dibuka oleh Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL. Dalam sambutannya, rektor menyampaikan bahwa IAIN Padangsidimpuan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas mahasiswa IAIN Padangsidimpuan melalui program Ma’had Jami’ah. Melalui program Ma’had Jami’ah mahasiswa dilatih dan dibimbing berbahasa Arab dan bahasa Inggris serta pembinaan karakter dan sikap mahasiswa. Dengan demikian, nantinya mahasiswa IAIN Padangsidimpuan dapat mengikuti jejak Prof. Yudian untuk melanjutkan pendidikan sampai ke Mc. Gill University dan Harvard University yang merupakan perguruan tinggi terbaik dunia.

“Melalui program Ma’had Jami’ah yang diselenggarakan sejak tiga tahun yang lalu, IAIN Padangsidimpuan terus meningkatkan kualitas mahasiswa dengan kemampuan penguasaan bahasa dan karakter sehingga bisa mengikuti prestasi pak Prof. Yudian untuk melanjutkan pendidikan ke Mc. Gill dan Harvard University yang merupakan universitas terbaik dunia saat ini, ujarnya.

Disamping itu, Doktor Hukum Islam ini menyampaikan harapannya kepada narasumber untuk memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa IAIN Padangsidimpuan untuk terus berpacu dalam meraih prestasi dan meningkatkan kualitas diri.

“Narasumber kita pada hari ini adalah tokoh nasional yang memiliki banyak pengalaman baik tingkat nasional maupun internasional. Semoga melalui paparan yang akan disampaikan oleh narasumber dapat memotivasi  dan meningkatkan kualitas seluruh mahasiswa IAIN Padangsidimpuan yang hadir dalam acara ini”, tambahnya.

Mengawali paparan dalam kegiatan Studium General tersebut, Prof. Yudian menyampaikan pengalaman-pengalaman selama mengikuti program pendidikan di Mc. Gill dan Harvard University bahwa persoalan Bahasa merupakan persoalan yang sangat penting. Untuk itu setiap mahasiswa yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri harus memiliki kemampuan Bahasa yang baik. “setiap mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri seperti Harvard University harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, itu merupakan syarat mutlak kuliah di luar negeri,” ujarnya.

Lebih lanjut, pengasuh pondok pesantren Nawesea di Jawa ini juga menyampaikan bahwa sumber hukum yang paling utama pada hari ini adalah Ijma’. Untuk itu, umat Islam khususnya Indonesia harus mampu mengikuti perkembangan zaman yang ada kalau tidak mau tertinggal dengan bangsa-bangsa lain yang lebih maju. “Ijma’ adalah sumber hukum yang paling utama, umat Islam harus bisa merespon perkembangan yang ada sehingga tidak tertinggal dengan bangsa lain”, ujar penulis Jihad Ilmiah ini.

Minggu (23/09/2018) Narasumber, Rektor dan Unsur Pimpinan IAIN Padangsidimpuan menyampaikan Salam Dalihan Natolu yang merupakan Ciri Khas IAIN Padangsidimpuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.