KAJI PERAN MAHASISWA DALAM KEPEMIMPINAN NASIONAL, HIMADIKSI HADIRKAN AKTIVIS NASIONAL

Dok. Humas (15/07/2018) Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dalam Acara Pembukaan Seminar Nasional Himadiksi IAIN Padangsidimpuan

Minggu (15/07/2018) Himpunan Mahasiswa Bidik Misi IAIN Padangsidimpuan menyelenggarakan seminar nasional dengan menghadirkan aktivis nasional Ray Rangkuti. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Auditorium IAIN Padangsidimpuan. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa yang menerima beasiswa Bidikmisi yang terdiri dari berbagai Jurusan yang ada di IAIN Padangsidimpuan. Tampil sebagai narasumber Ray Rangkuti yang merupakan aktivis nasional yang juga pendiri Lembaga Swadaya Masyarakat Lingkar Madani (Lima) yang beraktivitas memantau pemilu, mengkritisi parlemen dan memerangi korupsi.

Seminar yang diselenggarakan oleh Himadiksi ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Padangsidimpuan Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag. Dalam sambutannya, alumni UIN Syarif Hidayatullah ini menyampaikan bahwa IAIN Padangsidimpuan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas mahasiswa IAIN Padangsidimpuan melalui program Ma’had Jami’ah. Melalui program Ma’had Jami’ah mahasiswa dilatih dan dibimbing berbahasa Arab dan bahasa Inggris serta pembinaan karakter dan sikap mahasiswa. Dengan demikian, nantinya setiap alumni IAIN Padangsidimpuan memiliki kompetensi sesuai dengan tuntutan di era Revolusi Industri 4.0 yang lebih dikenal dengan fenomena dissruptive innovation.

“Melalui program Ma’had Jami’ah yang diselenggarakan sejak tiga tahun yang lalu, IAIN Padangsidimpuan berupaya untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dengan kemampuan penguasaan bahasa dan karakter sehingga bisa bersaing sesuai dengan tuntutan di era Revolusi Industri 4.0 atau lebih dikenal dengan dissruptive innovation”, ujarnya.

Disamping itu, Doktor Pengkajian Islam ini menyampaikan harapannya kepada narasumber untuk memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi IAIN Padangsidimpuan untuk terus berpacu dalam meraih prestasi dan meningkatkan kualitas diri.

“Narasumber kita pada hari ini adalah aktivis nasional yang sudah banyak melalui asam garam kehidupan di ibu kota. Semoga melalui paparan yang akan disampaikan oleh narasumber dapat memotivasi  dan meningkatkan kualitas seluruh mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi yang hadir dalam acara ini”, tambahnya.

Mengawali paparan dalam kegiatan seminar tersebut, Ray Rangkuti menyampaikan bahwa pada dasarnya setiap orang sama kedudukannya dihadapan hukum, tidak ada yang membedakannya. Untuk itu setiap mahasiswa sudah seharusnya berkontribusi dalam pembangunan bangsa termasuk dalam suksesi kepemimpinan sesuai dengan tema seminar yakni: “peran mahasiswa dalam menghadapi suksesi kepemimpinan nasional yang jujur dan bermartabat”. “Setiap orang sama kedudukannya dihadapan hukum, untuk itu mahasiswa harus menunjukkan perannya dalam pembangunan bangsa sesuai dengan tema seminar kita hari ini”, ujarnya.

Kegiatan seminar tersebut dihadiri oleh seluruh Wakil Rektor, Dekan, Kabag dan unsur pimpinan di lingkungan IAIN Padangsidimpuan.

Dok. Humas (15/07/2018) Acara Pembukaan Seminar Nasional Himadiksi IAIN Padangsidimpuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.