MA’HAD AL-JAMIAH DAYA TARIK CALON MAHASISWA IAIN PADANGSIDIMPUAN

Dok. Humas (25/07/2017) Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL dan Pimpinan monitoring dan mengecek kehadiran Peserta ujian masuk Jalur Mandiri

Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan Selasa tanggal 25 Juli 2017 mengadakan seleksi calon mahasiswa baru melalui jalur Ujian Masuk  Mandiri yang diikuti peserta 579 orang. Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL dalam acara pembukaan menyampaikan kepada peserta ujian selamat datang dan selamat ujian semoga sukses dan lancar serta dapat menjawab ujian dengan baik. Ujian ini adalah ujian akademik maka laksanakanlah dengan santai, tertib, jangan ribut, tidak boleh diskusi, jawablah soal dengan kemampuan dan keyakinan  masing-masing, mudah-mudahan lulus sesuai dengan keinginan dan harapan masing-masing.

Tim Humas IAIN Padangsidimpuan mewawancarai orangtua mahasiswa yang mengantarkan buah hatinya untuk mengikuti ujian masuk jalur mandiri diantaranya Bapak Arsan Mashuri Lubis yang berasal dari Sigalangan Kecamatan Batang Angkola menuturkan motivasinya memilih IAIN Padangsidimpuan tempat kuliah anaknya “IAIN Padangsidimpuan melaksanakan sistem Asrama selama 2 semester, saya sebagai orangtua merasa tenang karena anak  saya tinggal di Ma’had apalagi anak saya prempuan, anak-anak bisa dikontrol bahkan dibina dengan ibadah, akhlak, al-Quran dan bahasa. Beliau yang menjabat Bendahara Ormas Al-Wasliyah menambahkan kekagumannya melihat gedung dengan aristek yang luar biasa bernuansa islami, lokal dan modern “saya terkejut melihat gedung-gedung yang mewah ini karena selama ini saya hanya sampai didepan saja” Riska Khairani Lubis yang memilih Jurusan Perbankan Syariah sangat berharap lulus dan bisa tinggal di Ma’had Al-Jamiah IAIN Padangsidimpuan.

Orangtua dari Nurul Hidayah Pane yang berasal dari Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan menunjukkan keinginan dan antusiasnya mengkuliahkan anaknya di IAIN Padangsidimpuan dengan ikut menghantarkan dan mendampingi anaknya mengikuti ujian masuk Jalur Mandiri, ketika humas IAIN Padangsidimpuan mengorek motivasinya mereka ternyata menyampaikan IAIN Padangsidimpuan sudah lama kita dengar dan sangat ingin melihat IAIN Padangsidimpuan makanya kami ikut, saya (ibu), Uwa (laki-laki dan Prempuan) dan setelah kami sampai disini Alhamdulilah kami senang dan uwanya menambahkan andaikan masih ada anak saya yang mau kuliah pasti saya akan kuliahkan kesini. Kami berharap sekali anak saya bisa kuliah disini dan tinggal di Asrama sambil menunjuk ke arah Asrma putri. Bahkan ketika Tim Humas menyinggung uang makan di Ma’had beliau menyampaikan murah sambil membandingkan makan di Rumah Makan.

Sementara itu disela-sela ujian Tim Humas menjumpai salah seorang peserta ujian Nur Saima Pasaribu yang bersal dari MAN 1 Padangsidimpuan yang memilih Jurusan Manajemen Dakwah berkomentar bahwa Dosen dan pegawainya ramah-ramah serta baik-baik. Saudari kan belum kuliah disini kenapa kamu bisa tau baik dan ramah dosen dan pegawai: ”saya alami waktu pendaftaran dan saat ujian ini” humas juga menanyakan.  Apa yang kamu tahu dengan IAIN Padangsidimpuan? Nursaima Orang Padangsidimpuan asli menuturkan Agamanya kuat, banyak yang hafiz dan Qori dan Ada program Asrama yang didalamya ada muhadasah, pembinaan bahasa dan akhlak. Beliau juga berharap  nantinya mendapat kesempatan menjadi musrifah di Ma’had Al-Jamiah IAIN Padangsidimpuan setelah semester III.(humas/rtg)

Dok. Humas (25/07/2017 Tim Humas IAIN Padangsidimpuan mewawancarai orangtua peserta Ujian Masuk Jalur Mandiri tentang Ma’had Al-Jamiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *