Menjadi Guru Zaman Now

Dok. Humas (17/01/2018) Mahasiswa Peserta PPL Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan pada saat acara Pemberangktan di Halaman Gedung FTIK IAIN Padangsidimpuan

Rabu (17/01/2018) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan memberangkatkan Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Dalam arahan dan bimbingan Rektor IAIN Padangsidimpuan yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lemabaga Drs. H. Irwan Saleh Dalimunthe, MA menekankan kepada mahasiswa peserta PPL jangan menjadi tukang mengajar tapi harus mengajak anak didik untuk belajar, jadilah anda menjadi guru zaman now.

“untuk menjadi guru zaman now sesuai harapan UNESCO ada 4 filar yaitu:1.  Learning to know (belajar mengetahui) memberi dorongan anak-anak untuk belajar memahami tema-tema 2. Learning to do (belajar melakukan sesuatu) bergerak mencari sumber belajar yang ada seperti sumber belajar lewat google dan lain-lain, 3. Learning to be (belajar menjadi sesuatu) tunjukkan sikap kepribadian yang berakhlakul karimah, menjadi uswatun hasanah, 4. Learning to live together (belajar hidup bersama) kebiasaan hidup bersama, saling menghargai, terbuka, memberi dan menerima perlu dikembangkan disekolah. Kondisi seperti inilah yang memungkinkan tumbuhnya sikap saling pengertian antar ras, suku, dan agama”.

Beliau juga menambahkan bahwa PPL adalah untuk mengukur kemampuan mahasiswa atas ilmu dan pengetahuan serta kemampuan selama ini ”selama dilapangan anda akan mengukur kemampuan baik kemampuan kognitif, Afektif dan Psikomotorik dan juga akan dilihat kepribadian dan profesionalisme sesuai dengan Prodi masing-masing”

sebelumnya Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Dr. Lelya Hilda Lubis, M.Si dalam sambutannya banyak berharap kepada mahasiswa supaya menjadi guru yang profesional sesuai dengan kompetensi guru zaman now.

“saya Mengharap kepada seluruh peserta PPL mejadi Guru yang berkompeten karena selama ini sudah dibekali ilmu baik dalam bangku kuliah maupun dalam kegiatan pembekalan PPL, maka guru zaman now harus memiliki  4 kompetensi yaitu pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional”.

Beliau juga berharap supaya menjaga sikap dan kepribadian agar menjadi promosi bagi IAIN Padangsidimpuan “tunjukkan sikap dan kepribadian yang baik menjadi figur dimata anak didik sehingga menjadi promosi bagi IAIN Padangsidimpuan dalam Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019.”

Pemberangkatan PPL juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama, Pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, kasubbag Humas dan informasi dan seluruh Dosen Supervisor. ketua Panitia Maraondak Harahap menyampaikan dalam laporannya bahwa “Pelaksanan PPL ini dimulai tanggal  17 Januari sd 8 Maret 2018 yang diikuti oleh  500 orang mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa Arab. Sementara lokasi PPL Tahun ini di Wilayah Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Tapanuli selatan dan Fathani Thailand”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.