PUASA TIDAK MENGHALANGI AKTIVITAS

Doc. Humas (15/06/2017) Suasana Pelayanan Administrasi Akademik di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Puasa Ramadan telah memasuki hari ke 20 aktivitas dan pelayanan di IAIN Padangsidimpuan tetap berjalan lancar dan penuh semangat. Humas IAIN Padangsidimpuan ketika mengkonfirmasi Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan Keuangan IAIN Padangsidimpuan H. Aswadi Lubis, SE., M.Si tentang kegiatan dibulan Ramadhan 1438 H beliau menyampaikan bahwa semua kegiatan di IAIN Padangsidimpuan berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang ditentukan, tidak ada kendala dalam hal administrasi dan keuangan, dan beliau menghimbau kepada seluruh Dosen dan Pegawai agar tetap bersemanagat dalam bekerja dan jangan dijadikan puasa untuk alasan penghalang kita untuk berbuat dan berkarya, moga dengan berkah ramadan kita bekerja akan menjadi ibadah disisi Allah dan membawa kemajuan dan peningkatan IAIN Padangsidimpuan yang kita cintai.

Kehadiran Dosen dan Pegawai IAIN Padangsidimpuan di bulan Ramadahan ini meningkat hal ini disamapiakan Kasubbag Organisasi Kepegawaian dan Penyusunan Peraturan Okta Yuwandi Tobing ditandai dengan berkurangnya Jumlah surat mohon ijin tidak hadir karena alasan urusan keluarga dan sakit. Aktivitas yang sama dilihat di Bagian Akademik dan Kemahasiswan Biro AUAK terlihat kesibukan para Pegawai melayani calon mahasiswa baru baik yang daftar ulang Jalur SPAN-PTKIN maupun pendaftar baru UM-Mandiri dan menurut salah satu staf Akademik Mauli Nasution bahwa 3 hari terakhir ini pendaftar semakin banyak. Kabag Akademik Kemahasiswaan Khairul Umri membenarkan aktivitas di unitnya beberapa hari ini makin meningkat dan puasa tidak mengahalangi aktivitas pendafatran SPMB. Jumlah Mahasiswa baru yang daftar ulang SPAN-PTKIN 559 orang dan terakhir tanggal 16 juni 2017, dan beliau menambahkan pendaftar yang datang bukan saja dari Tapanuli Bagian Selatan tapi juga dari Sumatera Barat, Riau dan Tanjung Morawa serta Serdang Bedagai.

Humas IAIN Padangsidimpuan sempatkan mewawancarai beberapa pendaftar yang ada apakah puasa menghalangi untuk proses registrasi dan administrasi di IAIN Padangsidimpuan mereka menyampaikan “tidak pak lancar-lancar aja”, bahkan lebih lanjut ketika ditanya Nurul Lisa Siregar yang lulus di Tadris Matematika dari mana, beliau menyampaikan dari MAN Huta Godang Kabupaten Labuhan Batu selatan kami berangkat dari kampung habis sahur dengan semangat terlihat diwajahnya. Okta Novente juga menunjukkan semangatnya dibulan Ramadahan yang sedang menginfut biodatanya di PC yang difasilitasi Panitia, beliau menambahkan saya sebenarnya sudah lulus di UNIMED tapi saya tidak daftar ulang karena hati saya memilih untuk kuliah di IAIN Padangsidimpuan. Lebih lanjut kita tanyakan apa yang kamu tahu tentang IAIN Padangsidimpuan Okta Novente yang berasal dari SMAN 6 Padangsidimpuan menyampaikan Agamanya kuat, agar tidak salah pergaulan nantinya, dan selama 2 semester tinggal di Ma’had Al-Jamiah IAIN Padangsidimpuan dan mendapat pembinaan akhlak dan Ibadah serta Al-Quran, orangtua yang mendampinginya menimpali kalau kuliah di IAIN padangsidimpuan pengetahuan dan pengamalan Agamanya bertambah bagus, juga dengan tinggal diasrama, maka kehidupan mahasiswa akan lebih teratur dan akan disiplin.

Aktivitas dan pelayanan administrasi di Fakultas juga berjalan sebagaimana biasanya bahkan meningkat kata staf Tarbiyah Mahadir Muhammad Hasibuan disela-sela kesibukannya melayani mahasiswa yang daftar sidang Munaqosyah karena kita lebih Fokus dan lebih cepat juga tidak memikirkan Istirahat yang panjang dan Makan siang dan mahasiswa yang ada pada waktu itu mengamini bahkan lebih mudah urusan dengan berkah ramandhan. Ujian Mahasiswa juga berjalan baik, para pengawas dan peserta ujian tertib mengikuti ujian, Pelayanan dan administrasi Akademik terlaksana sebagaimana lazimnya seperti seminar, ujian komprehensif ujian munaqosyah hal ini diungkapkan Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Soleh Fikri, M.Ag Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Hal senada juga disampikan Mudir Ma’had Muhlison Siregar, M.Ag kegiatan di Ma’had bahkan meningkat dibulan Ramadhan ini seperti Wawancara Penerimaan Mahasiswa Baru, Seleksi Musrif/ah, Pekan Lomba antar Ma’had; MTQ, MHQ dan lomba Pidato Bahasa Arab dan Inggris serta ujian Al-quran Mahasiswa Ma’had.

Mahasiswa juga menyampaikan bahwa Puasa tidak menghalangi aktivitas hal ini disampaikan oleh Amar Ma’ruf mahasiswa Semester VI Jurusan Pendidikan Agama Islam “kami senang saat ibadah puasa dilaksanakan ujian semestar , tidak apa-apa bahkan ujian pada puasa lebih baik karena dengan berkah ramadhan ujian itu lebih jujur tidak terpikir lagi menggunakan jurus ilmu kopekologi  dan andaikan pak dipilihkan ujian itu dilaksanakan pada waktu puasa dan diluar Puasa saya lebih senang ujian waktu puasa” ditempat terpisah Sinta  Handayani mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah juga tetap menunjukkan semangat dan antusiasnya menunggu dosen Pembimbing untuk konsultasi menyelesaikan Skripsinya walaupun dalam suasana puasa dengan harapan bahwa beliau ikut Wisuda Sarjana yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2017.

Doc. Humas (15/06/2017) Ujian Semester Genap Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Tahun Akademik 2017/2018

3 thoughts on “PUASA TIDAK MENGHALANGI AKTIVITAS

  1. June 15, 2017

    Roni Marwan Reply

    Sukses buat IAIN Padangsidimpuan

  2. June 15, 2017

    Roni Marwan Reply

    Sukses selal buat citivas Akademika IAIN Padangsidimpuan

    • June 16, 2017

      humas Reply

      makasih roni.tetap jaga nama baik almamater

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *