REKTOR IAIN PADANGSIDIMPUAN BERANGKATKAN 1200 MAHASISWA KKL

Doc.Humas (11/07/2017) Kanan kekiri: 1. Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag (Dekan FEBI IAIN Padangsidimpuan), 2. Drs.H. Irwan Saleh Dalimunthe, MA (WR I IAIN Padangsidimpuan), 3. Dr. Rizal, M.Ag (WR. III IAIN Batusangkar), 4. Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL (Rektor IAIN Padangsidimpuan), 5, 6, 7 ( Peserta KKL), 8. Dr. H. Mhd. Darwis Dasopang, M.Ag (Ketua LPPM IAIN Padangsidimpuan),9. Drs. Samsuddin, M.Ag (WR III IAIN Padangsidimpuan

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL memberangkatkan 1.200 mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan Angkatan 42 Tahun 2017. Mereka akan diutus ke 8 Kecamatan, berfokus pada Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Provinsi Sumatera Utara.

Upacara pemberangkatan mahasiswa KKL ini dilaksanakan di Gedung Auditorium IAIN Padangsidimpuan, Selasa (11/7/2017). Adapun peserta KKL Tahun ini berasal dari 4 fakuktas (FTIK, FASIH, FEBI dan FDIK) dengan klasifikasi program studi sebagai berikut: 1. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK); Program Studi: Pendidikan Agam Islam (206 mahasiswa), Tadris Matematika (145 mahasiswa), Tadris Bahasa Inggris (102 mahasiswa), Pendidikan Bahasa Arab (27 mahasiswa). 2. Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum (FASIH); Program Studi : Al-ahwalus Syakhsiyah (40 mahasiswa), Hukum Ekonomi Syari’ah (98 mahasiswa), Hukum Tata Negara (45 mahasiswa), Ilmu al-Qur’an dan Tafsir ( 8 mahasiswa). 3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI); Program Studi: Perbankan Syari’ah (165 mahasiswa), Ekonomi Syari’ah (229 mahasiswa). 4. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK); Program Studi : Komunikasi Penyiaran Islam (26 mahasiswa), Bimbingan Konseling Islam (98 mahasiswa), Pengembangan Masyarakat Islam (8 mahasiswa) dan Manajemen Dakwah (3 mahasiswa)
“KKL tahun ini akan dilaksanakan selama 2 bulan,” kata Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang,MA dalam laporannya selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Padangsidimpuan. Beliau juga menjelaskan bahwa KKL tahun ini juga diikuti oleh Mahasiswa Asing yang berasal dari Thailand, serta juga ada mahasiswa IAIN Batusangkar Sumatera Barat.

Beliau menambahkan, sebanyak 1.200 mahasiswa itu akan diterjunkan di Kabupaten Padanglawas Utara di 8 kecamatan, dengan rincian: 1. Kec. Hulu Sihapas (9 Desa). 2. Kec. Batang Onang (14 Desa). 3. Kec. Padang Bolak Julu (14 Desa). 4. Kec. Padang Bolak (12 Desa). 5. Kec. Portibi (12 Desa). 6. Kec. Halongonan (12 Desa). 7. Kec. Siamangambat (12 Desa). 8. Kec. Dolok (15 Desa).  Mahasiswa KKL ini akan mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan mereka ditengah masyarakat  Padang Lawas Utara.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Batusangkar Sumatera Barat (Dr. Rizal,M.Ag) saat mengantar 4 orang mahasiswa IAIN Batusangkar yang ikut program KKL di IAIN Padangsidimpuan mengatakan, “Pelaksanaan KKL-Nusantara ini ditujukan untuk menjalin tali silaturrahim antara PTKIN dalam menumbuh kembangkan pengetahuan dan pengalaman mahasiswa PTKIN. Hal ini senada dengan bimbingan dan arahan dari Rektor IAIN Padangsidimpuan (Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL) yang menyampaikan bahwa program KKL ini bertujuan untuk latihan  menumbuh kembangkan ilmu dan pengalaman mencari solusi terhadap berbagai permasalahan yang riil dihadapi masyarakat. Hal ini juga menjadi bentuk partisipasi kalangan akademisi untuk mendukung tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“Kami berharap kegiatan ini dapat melahirkan pribadi mahasiswa yang Berakhlak Mulia, Pancasilais, tangguh, unggul, berpribadi mulia, berjiwa wirausaha, memiliki jiwa kepemimpinan tinggi, sekaligus sebagai agent of change (Agen Perubahan) juga Duta dari Instansi untuk kemajuan desa dimana peserta ditempatkan.” Ujar Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL.

Kepada para mahasiswa yang akan segera berangkat menuju lokasi KKL, Beliau berpesan agar para mahasiswa dapat tetap menjaga dan menjunjung nama baik almamater IAIN Padangsidimpuan dengan dedikasi dan prestasi kerja yang tinggi, karena keberhasilan kegiatan ini bukan hanya akan menjadi kebanggaan bagi keluarga besar IAIN Padangsidimpuan, namun juga bagi bangsa Indonesia.

“Kami ucapkan selamat mengabdi. Semoga program-program yang Saudara rencanakan dapat berjalan lancar dan membawa manfaat bagi masyarakat Indonesia dan juga menambah pengalaman hidup dan pengetahuan anda,” ujar beliau.

Sementara itu Camat Simangambat Padang Lawas Utara (Malim Perdana Kusuma Lubis, S.STP. MM) yang diwawancarai oleh Humas Biro IAIN Padangsidimpuan di ruang kerjanya di Simangambat, menyampaikan apresiasinya kepada IAIN Padangsidimpuan yang mengutus mahasiswa KKL ke seluruh kecamatan di Padang Lawas Utara. Hal ini menunjukkan komitmen besar IAIN Padangsidimpuan dalam mendukung pembangunan bangsa.

“Atas nama pemerintah saya ingin menyampaikan apresiasi kepada IAIN Padangsidimpuan, yang telah mengutus mahasiswa KKL ke daerah kami juga keseluruh kecamatan yang ada di Padang Lawas Utara ini,” katanya di hadapan peserta KKL yang ditempatkan di Kecamatan Simangambat.

Ia pun menitipkan pesan kepada para peserta KKL agar dapat menggunakan segenap ilmu yang telah diperoleh selama kuliah untuk mengabdi kepada bangsa dan membantu membangun daerah-daerah di Padang Lawas Utara (khususnya) dan di Indonesia (umumnya).

“Pesan saya, tunjukkan di desa-desa yang nanti akan adik-adik kunjungi, bahwa anda adalah mahasiswa IAIN Padangsidimpuan, mahasiswa dengan disiplin ilmu yang ada, mampu berinteraksi dan berinovasi membangun desa. Berbaurlah dengan masyarakat agar sukses KKL-nya. Selamat berjuang untuk semuanya,” pungkas Malim, sapaan akrab beliau.

Doc.Humas (11/07/2017) Dosen IAIN Padangsidimpuan dan Camat Kecamatan Simangambat Menyerahkan dan Menitipkan Peserta KKL kepada Para Kepala Desa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *