“SAMBUT PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA, IAIN PADANGSIDIMPUAN ADAKAN TALKSHOW”

Dok; HumasBiro. “Foto bersama Narasumber”

Menghadapi peringatan hari lahir Pancasila ke-72 yang  dilaksanakan pada tiap tanggal 1 Juni, IAIN Padangsidimpuan mengadakan Talk Show, thema “Dengan Mengaktualisasikan Nilai-Nilai Pancasila Kita Pertahankan Kebhinnekaan Dalam Wadah NKRI”. Kegiatan Talk Show ini diadakan di auditorium IAIN Padangsidimpuan pada hari Rabu/31 Mei 2017, menghadirkan 3 orang narasumber  yaitu; Drs. Muhammad Syahid Muammar Pulungan (Dosen IAIN Padangsidimpuan), Letkol ARM Azhari, S.IP (Dandim 0212 TS) dan AKBP. Andi Nurwandi, S.IK (Kapolres Kota Padangsidimpuan). Acara dimulai pada pukul 09.00 wib berjalan dengan sukses dan lancar,  talk show juga dipandu oleh seorang moderator handal yang juga seorang Dosen IAIN Padangsidimpuan pengampu mata kuliah Civic Education yaitu Mudzakkir Khotib, MA.

Dok. HumasBiro; “Sesi Pemaparan Materi oleh Narasumber”

Rektor IAIN Padangsidimpuan diwakili oleh Drs. H. Irwan Saleh Dalimunthe, MA yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga menyampaikan dalam sambutannya, “ Rusak dan hancurnya moral generasi muda saat ini, salah satu penyebabnya adalah tergerusnya nilai-nilai luhur Pancasila”. Beliau juga menghimbau kepada seluruh peserta yang hadir di acara tersebut untuk terus menghidupkan kembali nilai-nilai Pancasila. “Saya sangat setuju jikalau diadakan kembali  BP 7 (Badan Pembinaan Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) dan P4 (Pedoman Penghayatan Pengamalan Pancasila).” Ujar beliau.

Acara Talk Show ini disambut meriah oleh peserta yang terdiri dari mahasiswa, Dosen dan Pegawai IAIN Padangsidimpuan yang berjumlah  (±) 1200 orang.

Drs. Syahid Muammar Pulungan, sebagai penyaji pertama menyampaikan bahwa,”Pancasila adalah Ideologi yang cocok bagi bangsa Indonesia”. Beliau juga berkata, “ Budaya adalah hasil karya, karsa dan cipta. Untuk itu Pancasila memang digali dari budaya Indonesia, sehingga layak menjadi sebuah ideologi bangsa ini”. Hal ini senada dengan penyaji kedua Letkol. ARM. Azhari, S.IP yang menyampaikan bahwa,” ada beberapa cara untuk mengembalikan Nilai-Nilai Pancasila, yaitu mempelajari sejarah Pancasila dan bangsa, mengetahui makna Nilai-Nilai Pancasila serta merealisasikannya dalam kehidupan”. Beliau juga menyampaikan bahwa ada beberapa faktor yang dapat mengikis nilai-nilai Pancasila dan Budaya kita, yaitu : Food, Film, Fantasy, Fashion dan Fun, disingkat oleh beliau menjadi F-5.

AKBP. Andi Nurwandi, S.IK, menyampaikan , ada beberapa faktor yang dapat menggerus dan mengikis Nilai-nilai Sosial (local wisdom), yaitu dinamika penduduk, keterbukaan informasi dan komunikasi serta perkembangan nasional dan global. “Perkembangan Media Sosial saat ini sedang massive di masyarakat. Oleh karena itu saya berharap kepada peserta talk show terutama adik-adik mahasiswa agar mampu memfilter informasi. Mahasiswa adala penerus bangsa juga agent of change yang akan memimpin NKRI di masa depan”, ujar beliau disambut dengan tepuk tangan yang meriah dari para mahasiswa IAIN Padangsidimpuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *