Direktur Pendidikan Tinggi Islam: Penguatan Pendidikan Karakter Lewat Ma’had Al-Jamiah

Kamis (03/05/2018) Direktur Pendidikan Tinggi Islam, Prof. Dr. Arskal Salim, GP, M.Ag dalam Forum Group Discussion Pimpinan PTKIN yang digelar Rabu (02/08/18) di Hotel Pangeran Pekanbaru, Riau yang diikuti oleh Rektor/Ketua  dan Wakil Rektor/ Wakil Ketua  bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN  se Indonesia menyampaikan beberapa program unggulan yang menjadi prioritas.

“Program yang menjadi perhatian Seluruh PTKIN dalam rangka mempercepat peningkatan mutu PTKIN adalah Mengaji (Mengasah Jati Diri), Menciptakan Pendidikan Islam Moderat, peningkatan Gedung melalui SBSN dan Penguatan Pendidikan Karakter Lewat Ma’had Al-Jamiah”

Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof. Dr. Ibrahim Siregar, MCL menanggapi Pernyataan Direktur Pendidikan Tinggi Islam itu yang berkaitan dengan Penguatan Pendidikan Karakter lewat Ma’had Al-Jamiah, semakin termotivasi meningkatkan Pengelolaan Ma’had Al-Jamiah IAIN Padangsidimpuan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2015.

“Alhamdulillah IAIN Padangsidimpuan sudah melaksanakan Program Al-Jamiah sejak tahun 2015, semua semester I dan II wajib tinggal diasrama dan kita semakin termotivasi untuk senantiasa menigkatkan pengelolaan program Al-Jamiah, dalam penguatan bahasa di asrama kita telah melakukan kerjasama dengan IALF (Indonesia Austalia Language Foundation) dan LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab),” kata Ibrahim.

Usai acara FGD Pimpinanan PTKIN Tim Humas Menemui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaaan dan Kerjasama Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag mengamini bahwa dengan Program Al-Jamiah akan meningkatkan Karakter Mahasiswa dan lebih berprestasi.

“Program Al-Jamiah yang sudah berjalan selama 3 Tahun Akademik di IAIN padangsidimpuan menunjukkan hasil yang signifikan bahwa Karakter Mahasiswa yang tinggal di Asrama berbeda dibanding dengan sebelumnya terbukti setelah mereka keluar dari Asrama karakter mereka didalam kelas maupun diluar kampus menunjukkan sikap yang positif dan banyak mahasiswa kita yang mengikuti kegiatan kemahasiswaan baik dalam tingkat Nasional maupun Internasional” jelasnya.

One thought on “Direktur Pendidikan Tinggi Islam: Penguatan Pendidikan Karakter Lewat Ma’had Al-Jamiah

  1. Penguatan Karakter di Ma’had Perlu memiliki Orientasi yang Lebih khas, pijakannya adalah Program Tazkiyah Nafsiyah, untuk itu perlu ada Silabus dan perangkat yang dapat mencapai target-target yang diinginkan sesuai kekuatan yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.