Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan Menggelar Olimpiade Matematika

Dok.Humas (27/03/2018); Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan memberikan penghargaan kepada para juara Olimpiade Matematika

Selasa (27/03/2018); Dalam rangka meningkatkan peran positif di kalangan pelajar, FTIK IAIN Padangsidimpuan menggelar Olimpiade Matematika pada tanggal 25 Maret 2018 yang bertempat di auditorium IAIN Padangsidimpuan. Kegiatan ini mengusung tema “Sematkan Prestasi Matematika, Wujudkan Generasi Cerdas Menginspirasi” mendapatkan sambutan hangat dan dibanjiri peserta dari berbagai SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA di wilayah Tapanuli Bagian Selatan.

Dr. Ahmat Nizar Rangkuti, M.Pd mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk untuk meningkatkan prestasi siswa-siswi sekaligus untuk meningkatkan peranan IAIN Padangsidimpuan sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Wilayah Tapanuli Bagian Selatan. “Kegiatan olimpiade ini kita laksanakan sebagai ajang kompetisi diantara peserta yang berasal dari SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. Demikian juga sebagai manifestasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran,” ungkap Ketua Jurusan Tadris Matematika FTIK IAIN Padangsidimpuan tersebut.

Pentingnya peranan IAIN Padangsidimpuan sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam untuk mensosialisasikan dan mengintegrasikan ilmu keislaman dengan ilmu umum agar tidak terjadi dikotomi keilmuan. Hal ini diungkapkan oleh Rektor IAIN Padangsidimpuan dalam sambutannya “IAIN Padangsidimpuan akan terus mengembangkan keilmuan sesuai dengan perintah al-Qur’an. Karena Allah memerintahkan “Pikirkanlah ciptaan Allah ini”. Untuk memikirkan ciptaan Allah ini perlu ilmu tentang Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, dan berbagai disiplin keilmuan lainnya yang sesuai dengan bidang-bidangnya. Maka IAIN Padangsidimpuan selain memiliki program studi yang mengkaji tentang agama Islam tetapi juga punya program studi matematika yang dikorelasikan dengan ilmu-ilmu keislaman.” ungkap beliau di hadapan para peserta dan guru pendamping siswa.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Dr. Leyla Hilda, MSi dalam kegiatan tersebut mengatakan “Banyak dari pendamping dan guru sekolah yang hadir menyampaikan harapan mereka nantinya kegiatan ini tidak hanya di bidang matematika saja tetapi juga diadakan pada bidang yang lain seperti IPA, IPS, Biologi dan Kimia. Mereka berharap bahwa kegiatan ini terus diadakan setiap tahunnya.”

Apresiasi dan antusias dari guru dan pendamping siswa kepada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan sebagai penitia penyelenggara, hal ini diungkapkan oleh Rahmat Nauli Siregar, M.Pd.I Wakil Kepala MTsN Batangtoru yang hadir sebagai pendamping siswa “Kami sangat mengapresiasi IAIN Padangsidimpuan khususnya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Matematika yang bekerja sama dengan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah sebagai panitia, semoga dari tahun ke tahun acara ini terus dilaksanakan oleh IAIN Padangsidimpuan. Hal ini karena kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh siswa-siswi kami dalam rangka memotivasi dan meningkatkan semangat belajar mereka, terutama pada bidang studi matematika.” ungkapnya kepada HUMAS IAIN Padangsidimpuan.

Tidak hanya itu, Irfan Basa Hasibuan, S.Pd.I, seorang guru matematika di Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan mengungkapkan “Kami dari Darul Hasan mengucapkan banyak terima kasih buat panita dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang sudah mewadahi dan menambah wawasan pengetahuan peserta didik kita melalui kegiatan Olimpiade ini. Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan inspirasi dan melahirkan generasi-generasi pemimpin yang cerdas dan Islami.” jelasnya.

Para guru pendamping yang ikut serta dalam kegiatan olimpiade Matematika IAIN Padangsidimpuan mengharapkan output kegiatan ini dapat meningkatkan semangat belajar bagi para siswa. Hal ini diungkapkan oleh Ahmad Nasution, S.Pd.I Guru Pendamping dari MTsN Muara Batang Toru yang berlokasi di Ampolu Pantai Barat mengatakan “Kami berharap setelah kegiatan ini anak-anak didik kita memiliki motivasi belajar di sekolah dan di rumah sehingga menjadi generasi yang mengharumkan nama baik daerahnya.” Ungkap beliau kepada Humas IAIN Padangsidimpuan.

Dok.Humas (27/03/2018) Senyum sumringah Panitia Olimpiade Matematika “Pimpinan dan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan” IAIN Padangsidimpuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.