IAIN Padangsidimpuan menandatangani MOU (Memorandum Of Understanding) bersama Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia

Dok.Humas; 20/11/2017: Prof.Dr.H.Ibrahim Siregar,MCL (Rektor IAIN Padangsidimpuan) & Drs.H.Samsuddin,M.Ag (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Padangsidimpuan) berfoto bersama dalam kegiatan Seminar Nasional “Penguatan Ideologi Pancasila” di Bandung

Senin; 20 Nopember 2017 bertempat di Puri Khatulistiwa Hotel Bandung Jawa Barat, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia mengundang IAIN Padangsidimpuan untuk turut berpartisipasi dalam Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Kerjasama Dalam Penguatan Ideologi Pancasila, Wawasan Kebangsaan, Bela Negara dan Revolusi Mental. Kegiatan ini diinisiasi oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang dihadiri oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) seluruh Indonesia dan juga Perguruan Tinggi Swasta wilayah Bandung.

Lukman Hakim Saefuddin (Menteri Agama Republik Indonesia), menekankan bahwa Pancasila memiliki Nilai-Nilai budaya luhur yang lahir dari masyarakat Indonesia. “Indonesia sebagai bangsa yang majemuk (plural) memiliki ragam suku budaya, bahasa dan kepercayaan (agama;red) yang berbeda sehingga butuh satu ideologi yang dapat mempersatukan bangsa yang besar ini. Ideologi yang lahir dari Budaya Masyarakat Majemuk Indonesia, yaitu Ideologi Pancasila”, ujar beliau.

“Untuk itu kita berharap agar kegiatan ini dapat memantapkan pemahaman dan pengamalan kita terhadap Pancasila”, lanjut beliau.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan Seminar Nasional tentang Penguatan Ideologi Pancasila, dengan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebagai Keynote Speaker-nya. Turut hadir dalam seminar ini para pakar dan narasumber yang kompatible yaitu Yudi Latief,Ph.D (UKP-PIP), Dr.A.Ubaidillah,MA (ICCE), Direktur Bina Ideologi Karakter dan wawasan Kebangsaan Kementerian Dalam Negeri RI juga Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI.

Rektor IAIN Padangsidimpuan yaitu Prof.Dr.H.Ibrahim Siregar,MCL serta Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Drs.H.Samsuddin,M.Ag juga turut hadir di seminar tersebut. Disela-sela rehat, Humas IAIN Padangsidimpuan dapat mengkonfirmasi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Padangsidimpuan yaitu Drs.H.Samsuddin,M.Ag. Beliau menyampaikan, ”IAIN Padangsidimpuan mendukung untuk Pemantapan Pemahaman dan Pengamalan Ideologi Pancasila ini, serta kita akan menyampaikan informasi ini kepada seluruh civitas akademika khususnya Mahasiswa/Mahasiswi IAIN Padangsidimpuan,” ujar beliau. (Humas/Trg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *