IAIN Padangsidimpuan Menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Dok.Humas (22/03/2018) Prof.Dr.H.Ibrahim Siregar,MCL (Rektor IAIN Padangsidimpuan menandatangani MoU dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Kamis (22/03/2018); IAIN Padangsidimpuan dalam rangka memajukan pendidikan dan lembaganya terus mengadakan beberapa bentuk kerjasama. Pada kesempatan ini IAIN Padangsidimpuan mengadakan kerjasama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) ini langsung oleh Rektor IAIN Padangsidimpuan dengan Drs. Muhammad Syarif Bando,MM (Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia) pada acara kegiatan workshop dan Seminar Nasional yang dilaksanakan oleh Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN) tanggal 22 Maret 2018. Kegiatan yang dihadiri oleh pustakawan juga Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia ini membahas beberapa lingkup kerjasama dalam pengembangan Perpustakaan di Perguruan Tinggi, antara lain: 1. Pengembangan sumber daya manusia bidang perpustakaan; 2. Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK); 3. Pengembangan pangkalan data Katalog Induk Nasional (KIN) dan repository digital Indonesia One Search (IOS); 4. Pengembangan dan pemanfa’atan bersama koleksi perpustakaan; 5. Pertemuan ilmiah, penelitian dan publikasi bersama dalam bidang perpustakaan; 6. Penghimpunan dan pelestarian Karya Cetak Karya Rekam (KCKR); dan 7. Perluasan jejaring perpustakaan lingkup nasional dan internasional.

“Kegiatan ini sangat bermanfa’at bagi kami sebagai seorang pustakawan. Kami dapat bersilaturrahim, berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang e-resource, e-jurnal, dan e-book,” ujar Yusri Fahmi saat dihubungi oleh Humas IAIN Padangsidimpuan lewat telepon selularnya. Beliau juga mengungkapkan bahwa dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh FKP2TN ini, akan dirangkai dengan kegiatan Workshop membahas tiga materi penting dan akan dikupas oleh tiga narasumber yang berkompeten, yakni “Open Educational Resources” dengan narasumber Dr Taufik Abdul Gani, MEng, “Academic Writing for Librarians” (Wiji Suwarno, MHum), dan “Digital Literacy” dengan narasumber Dr M Rohmadi, MHum.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan ini juga melanjutkan, “Selepas kembali dari kegiatan ini, kita akan terus membenahi perpustakaan kita. Semoga Perpustakaan bertambah maju di masa yang akan datang.”

Hal ini senada dengan ungkapan Rektor IAIN Padangsidimpuan, juga saat dihubungi melalui telepon selularnya. Beliau berkata, “Perpustakaan adalah pusat sumber belajar bagi insan akademik. Tempat penguatan kecerdasan literasi masyarakat. Bangsa yang maju tidak akan pernah terlepas dari kualitas literasi mereka yang qualified,” ujar Prof.Dr.H.Ibrahim Siregar,MCL.

“Mulai dari pengumpulan literatur-literatur, memahami berbagai referensi, melakukan riset yang berkesinambungan hingga melahirkan civilization, suatu output dan outcome berupa karya nyata sebagai korelasi dari tahapan-tahapan literasi tersebut. Kita akan terus membenahi infrastruktur dan khazanah referensi perpustakaan kita,” pungkas Rektor IAIN Padangsidimpuan setelah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) antara Perguruan Tinggi Negeri dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (Humas/Trg).

Dok.Humas (22/03/2018) Prof.Dr.H.Ibrahim Siregar,MCL (Rektor IAIN Padangsidimpuan) memberikan cendera mata kepada Drs. Muhammad Syarif Bando,MM (Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia) setelah penandatanganan MoU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *