Ma’had Al-Jamiah IAIN Padangsidimpuan Gelar Orientasi & Pembekalan serta Pengenalan Tugas Musyrif/Musyrifah Angkatan III

Dok. Humas (02/08/2017); Rektor IAIN Padangsidimpuan beserta Para Wakil Rektor menghadiri kegiatan Orientasi dan Pembekalan Musyrif/Musyrifah Ma’had Al-Jami’ah.

UPT Ma’had Al-Jamiah IAIN Padangsidimpuan melaksanakan Orientasi dan Pembekalan serta Pengenalan Tugas bagi Musyrif/Musyrifah Angkatan III, Bertempat di Aula Rektorat IAIN Padangsidimpuan pada hari Rabu (02/8/2017) kemarin.

Sesuai Laporan Panitia, ada ± 150 orang yang mendaftar sebagai musyrif/musyrifah, namun yang lulus seleksi 50orang, juga mereka yang lulus seleksi inilah yang mengikuti orientasi dan pembekalan tersebut.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 02 & 03Agustus 2017 dalam ruangan (in-door) kemudian dilanjutkan dengan beberapa physicho-game serta simulasi tugas dan tanggungjawab untuk memperdalam pengetahuan tentang lingkungan Ma’had (Asrama).

Menurut Kepala UPT Ma’had al-Jamiah Muhlison,M.Ag, kegiatan ini merupakan pembinaan atau pembekalan agar Musyrif/Musyrifah mengetahui dan memahami serta mampu menjalankan tugas dan fungsinya dalam rangka peningkatan pengetahuan dan keterampilan dengan bermental baik, bersih, jujur, dan bertanggungjawab terhadap tugas membina mahasantri/mahasantriah di asrama.

“Peserta kegiatan orientasi ini adalah mereka yang direkrut melalui beberapa test, termasuk wawancara dan  dinyatakan lulus seleksi sebanyak 50 orangyang pada awalnya pendaftar adalah ± 150 orang,” ujar Muhlison,M.Ag dalam laporannya di acara tersebut.

Acara Orientasi dibuka secara langsung oleh Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar,MCL. Pada arahannya Rektor menyampaikan bahwa peserta orientasi ini adalah mahasiswa/mahasiswi pilihan dan dianggap mampu untuk mengemban amanah sebagai Musyrif/Musyrifah yang akan membina mahasantri/mahasantriah baru selama 1 tahun atau 2 semester. Rektor IAIN Padangsidimpuan juga mengucapkan selamat mengikuti orientasi kepada seluruh peserta.

“Selamat mengenal tugas, apa dan bagaimana tanggung jawab, apa dan bagaimana pelayanan, teruslah lakukan peningkatan (improvement) baik melalui management juga program,” ujar Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar,MCL.

Dok. Humas (02/08/2017); Peserta antusias mengikuti kegiatan orientasi di aula.

Acara tersebut dihadiri juga oleh Drs. H. Irwan Saleh Dalimunthe (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga), Drs. Samsuddin,M.Ag (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama), Dr.H. Sumper Mulia Harahap,M.Ag (Dekan Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum), Fauziah Nasution,M.Ag (Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi), Hj. Zulhimma,S.Ag.,M.Pd (Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan), Kabag Akademik dan Kemahasiswaan Biro AUAK, Ketua Pengurus Dharma Wanita Persatuan IAIN Padangsidimpuan, dan seluruh Muwajjih/Muwajjihah Ma’had Jami’ah IAIN Padangsidimpuan. (Trg/Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *