Peroleh Predikat Nilai “BERHASIL” dalam Audit Kinerja, IAIN Padangsidimpuan Terus Berbenah Menuju UIN

Dok. Humas (07/08/2018) Tim Auditor Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia Foto Bersama dengan Unsur Pimpinan IAIN Padangsidimpuan Usai Expose Hasil Audit Kinerja IAIN Padangsidimpuan

Jum’at (7/8/2018) IAIN Padangsidimpuan memperoleh nilai baik dalam audit kinerja tahun anggaran 2017 oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Agama. Audit Kinerja tahun 2017 oleh tim auditor yang berjumlah 9 orang dilaksanakan selama kurang lebih 14 hari mulai tanggal 29 Juli hingga tanggal 11 Agustus 2018. Audit Kinerja ini dilakukan di 2 lembaga yakni IAIN Padangsidimpuan  dan MIN 1 Padangsidimpuan berdasarkan Surat Tugas Inspektur Jenderal Nomor 1192/IJ/07/2018 tanggal 20 Juli 2018. Usai melakukan audit di IAIN Padangsidimpuan, Humas IAIN Padangsidimpuan mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai Tim Auditor Inspektorat Jenderal mengenai hasil audit yang dilakukan di IAIN Padangsidimpuan. Berikut hasil wawancara Humas IAIN Padangsidimpuan dengan Pengendali Teknis Ridwan dan Ketua Tim Khalilurrahman.

Bagaimana hasil Audit Kinerja yang dilakukan di IAIN Padangsidimpuan?

“Hasil Audit yang sudah kita lakukan sudah mendapatkan nilai 80,026 dan berpredikat baik. hasilnya cukup bagus meskipun perlu pembenahan sedikit terkait pembenahan administrasi kegiatan, pengadaan, data-data dan berkas masih ada yang kurang rapi. Tapi secara umum audit kinerja ini berhasil karena melebihi target nilai yang kita harapkan. Standar minimal nilainya sebenarnya hanya 75, tapi ini sudah melebihi target jadi kita bersyukur atas hasil audit kinerja ini. Dari sisi gedung dan bangunan cukup baik, hijau dan nyaman”.

Bagaimana Pendapat Tim Auditor terkait dengan Kinerja IAIN Padangsidimpuan?

“Kami dari Inspektorat jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia cukup berbahagia dan cukup puas atas audit kinerja yang dilakukan karena memeberikan kontribusi terhadap capaian indikator yang terutama pengawasan Irjen Kemenag. Berdasarkan itu, pengawasan Irjen untuk audit mendapatkan nilai diatas 80. Kemudian kami melihat person-person yang bertanggungjawab terhadap pengelolaan anggaran dan pengadaan barang dan jasa. Ada komitmen dan kebersamaan yang pada akhirnya menghasilkan kinerja yang baik dan mendapatkan hasil yang berhasil”.

Apa pendapat Tim Audit Kinerja terkait dengan upaya IAIN Padangsidimpuan menjadi UIN Padangsidimpuan?

“Saya kira sangat optimis karena sudah cukup baik, kerja dan lahan sudah lumayan luas. Saya kira tidak ada salahnya untuk meningkatkan kelembagaan menjadi UIN. Beberapa persyaratan yang sudah ditetapkan, saya kira harus dipenuhi terlebih dahulu. Terkait dengan hasil kinerja dan administrasi pelaporan dan kegiatan sudah bisa dikembangkan. Disamping itu, tenaga profesional dalam bidang pengadaan sarana dan prasarana dari sisi sipilnya, pengembangan dan pengawasan harus didukung tenaga profesional sehingga dalam pelaksanaan tugas nantinya tidak kesulitan”, tutupnya mengakhiri wawancara dengan Humas IAIN Padangsidimpuan.

Sebelumnya Kasubag Keuangan Abdul Aziz Nasution menyampaikan kepada humas bahwa audit yang dilakukan oleh Tim Inspektorat Jenderal mencakup tiga poin yaitu stakeholder mencakup hubungan antara pimpinan dengan pelaksana kegiatan sehingga ada proses pengawasan, internal proses mencakup pelaksanaan kegiatan yang sudah dianggarkan, dan Keuangan mencakup realisasi anggaran dan mekanisme pelaporan. “Dalam audit kinerja ini mencakup tiga aspek yang sangat penting yaitu keterlibatan stakeholder, internal process dan Keuangan”, ujarnya. Menutup penyampaiannya Abdul Aziz berharap kedepannya pelaksana kegiatan bisa lebih teliti dan lebih rapi dalam merencanakan, melaksanakan dan melaporkan kegiatan.

Dalam kesempatan terpisah, Rektor IAIN Padangsidimpuan melalui Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Dr. Anhar, MA menyampaikan apresiasinya kepada civitas akademka tetap berupaya meningkatkan kinerjanya. Ia berharap dengan audit kinerja ini ada peningkatan kinerja sehingga bisa mencapai zero finding di masa-masa mendatang. “Dengan hasil Audit Kinerja ini kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh civitas akademika atas kinerja yang cukup baik atau berhasil. Mudah-mudahan dengan audit ini ada peningkatan kinerja sehingga bisa mencapai zero finding atau sangat berhasil di masa-masa mendatang”, tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.