Tor-Tor Tubu Ni Marga Tampil Memukau Dalam Pentas Seni Budaya Nusantara

Dok.Humas (04/05/2018) Tor-Tor Tubu Ni Marga Kontingen Pramuka IAIN Padangsidimpuan tampil dalam Pentas Seni Nusantara dalam PW PTK XIV di Buper UIN Suska Riau

Sabtu (05/05/2018). Penampilan Memukai Kontingen Pramuka IAIN Padangsidimpuan dengan Tor-tor Tubu Ni Marga yang ikut memeriahkan panggung utama dalam Pentas Seni Budaya Nusantara pada Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN-PTKI) XIV di UIN Sultan Syarif Kasim Riau, yang berlangsung pada jum’at malam (04/05/2018).

Annisa Ramadani yang merupakan Ketua Dewan Racana Malahayati IAIN Padangsidimpuan menjelaskan dalam sela-sela-penampilan makna dan Fungsi Tor-Tor Tubu Ni Marga bagi Masyarakat Angkola dan Mandailing di Sumatera Utara.

“Tor-Tor Tubu Ni Marga merupakan salah satu tarian khas Naposo Nauli Bulung (Muda-mudi) Suku Angkola dan Mandailing  yang ada di Sumatera Utara,Tarian ini konon sudah ada di kawasan Sumatera Utara sejak abad ke-13. Tarian ini terus diturunkan dari generasi ke generasi berikutnya sehingga masih sangat terkenal sampai sekarang ini”.Paparnya

“Isi lagu dan Tor-tor ini menceritakan tentang nama-nama Marga dan Pernikahan yang dilakukan di tanah Angkola dan Mandailing yang mengatur alur keturunan berasal dari pihak ayah (patrilineal)  dan diperankan 3 pasang yang mencerminkan konsep Dalihan Natolu” tambahnya.

Peserta yang tampil dalam Pentas Seni Nusantara tersebut yaitu Husnul Hadi Lubis berpasangan sumiati lubis, Rahma Sari Siregar berpasangan dengan Muhammad Fauzi Hasibuan dan Endah Mulyana  berpasangan dengan Muhammad Yazid Hasibuan.

Pantauan Tim Humas IAIN Padangsidimpuan di Bumi Perkemahan UIN Suska Riau Pekan Baru Penanpilan Kontingen IAIN Padangsidimpuan sangat Memukai dan Penonton sangat antusias khususnya mahasiswa yang berasal dari Tapanuli Bagian Selatan yang sedang kuliah di UIN  Suska dan Perguruan Tinggi Lainnya. Apalagi ketika Host meminta sorakan dari yang bermarga Siregar, Hasibuan, Harahap, Nasution, lubis, Mereka menyahut dengan riuh sorak dengan gembira, seakan Mengobati kerinduan ke tanah kelahiran mereka.

Dok. Humas (04/05/2018) kakak Pendamping dan seluruh kontingen berfoto bersama seusai penampilan Tor-Tor Tubu Ni Marga dalam Pentas Seni Nusantara dalam PW PTK XIV di Buper UIN Suska Riau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.