FASIH IAIN Padangsidimpuan Jaring Peminat Dalam Qiroatul Kutub

FASIH IAIN Padangsidimpuan Jaring Peminat Dalam Qiroatul Kutub

Dok.Humas: Dra.Hj.Asnah,M.Ag menyampaikan Kata Sambutan di hadapan peserta Musabaqoh Qiroatul Kutub di aula Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan

Rabu (19/12/2018); Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum (FASIH) IAIN Padangsidimpuan dalam rangka menunjang Visi untuk menjadi Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum yang Unggul di Regional Sumatera PadaTahun 2025, terus berbenah dan mempersiapkan segala hal yang berkenaan dengan visi dimaksud. Diantara cara yang dilakukan adalah dengan mengadakan MoU bersama beberapa lembaga pendidikan (Pesantren) yang ada di wilayah Tapanuli Bagian Selatan, juga mengadakan beberapa event yang menunjang kreativitas dan minatbakat mahasiswanya. Antara lain mengadakan Kegiatan Musabaqoh Qiroatul Kutub, dengan thema “Penguasaan Ilmu-Ilmu Kesyari’ahan Melalui Pengembangan Kompetensi Qiroatul Kutub” (18/12/2018).

“ Alhamdulillah sejak dilantiknya Dr.H.Fatahuddin Aziz Siregar,M.Ag sebagai Dekan Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan, kita terus mengadakan perubahan dan peningkatan semua lini untuk tercapainya Visi kita sebagai Fakultas Syari’ah Yang Unggul di Regional Sumatera Tahun 2025. Beliau (Dr.H.Fatahuddin Aziz Siregar,M.Ag; red) terus berjuang dan memotivasi semua aparaturnya termasuk Dosen dan Pegawai juga mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan, dengan slogannya “Mari Belajar Syari’ah”, ungkap Dra.Hj.Asnah,M.Ag mewakili Dekan membuka Musabaqoh Qiroatul Kutub di Aula Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan. Wakil Dekan bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan ini juga berharap dengan adanya Musabaqoh Qiroatul Kutub ini semoga dapat menjaring minat mahasiswa terutama calon mahasiswa yang berasal dari pesantren yang ada di wilayah Tapanuli Bagian Selatan.

Senada seirama dengan harapan ini juga disampaikan Nashrul Halim Hasibuan,M.AP kepada Humas IAIN Padangsidimpuan di ruang kerjanya. “ Semoga dengan adanya beberapa kegiatan di Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum ini dapat memberikan warna  terbaik kepada civitas akademika FASIH, umumnya seluruh civitas akademika IAIN Padangsidimpuan. Kami juga mengapresiasi atas dukungan dari Rektor beserta para Wakil Rektor juga Dr.H.Fatahuddin Aziz Siregar,M.Ag (Dekan FASIH) yang membimbing kami dalam meningkatkan pendidikan di Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum ini,” ungkap Nashrul Halim yang juga menjabat sebagai Kabag TU Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum.

Dok.Humas: Salah seorang Peserta sedang membaca Kitab Kuning (Kutubut Thurots) di hadapan Dewan Juri Musabaqoh Qiroatul Kutub.

“Ada 13 Pondok Pesantren yang sudah menyatakan keikutsertaannya dalam Musabaqoh Qiroatul Kutub ini, yaitu: Pondok Pesantren Darul Hadits Huta Baringin (Kab.MADINA); Pondok Pesantren Darul Ikhlas Dalan Lidang (Kab.MADINA); Pondok Pesantren Musthofawiyah Purba Baru (Kab. MADINA); Pondok Pesantren Darul Ulum Muaramais Jambur (Kab.MADINA); Pondok Pesantren Tanjung Ubar Hasan Nauli (Kab.PALUTA);Pondok Pesantren Ahmad Daud Nabundong (Kab.PALUTA);Pondok Pesantren Darul Ulum PEMADU (Kab.PALUTA);Pondok Pesantren Mustofa Nauli  Aek Godang (Kab.PALUTA);Pondok Pesantren Al-Hakkimiyah Paringgonan (Kab.PALAS);Pondok Pesantren Nurul Falah Panompuan (Kab.TAPSEL);Pondok Pesantren Modern Al Abror Siais (Kab.TAPSEL);Pondok Pesantren Al- Azhar Bi’ibadillah Ujung Gading Tahalak (Kab.TAPSEL) dan Pondok Pesantren Al Anshor Manunggang  Julu (Kota Padangsidimpuan),” papar Anshor Syahputra Siregar dalam laporannya sebagai Ketua Panitia kegiatan tersebut. Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah ini juga berharap semoga kegiatan Musabaqoh ini menjadi ajang promosi kepada para santri pondok pesantren yang ada untuk kemudian melanjutkan studinya di Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan.

Musabaqoh Qiroatul Kutub ini dipandu oleh mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum, dengan menghadirkan 3 Pakar sebagai Dewan Juri, yaitu Drs.H.Dame Siregar,M.Ag (Dosen; Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir), Drs.H. Syafri Gunawan,M.Ag (Dosen Senior) dan Musa Arifin,M.Si (Dosen; Ketua Jurusan Ahwalus Syakhsiyah).

Dok.Humas: Drs.H.Syafri Gunawan,M.Ag (Dewan Juri) menyerahkan Thropy dan Piagam Penghargaan kepada para pemenang.

Tampil sebagai juara pertama di musabaqoh tersebut adalah: Pondok Pesantren Musthofawiyyah Purba Baru, Mandailing Natal dengan peserta: Suroto, Abu Hanifah dan Husni Rofiqoh. Selanjutnya untuk posisi kedua dan ketiga, diraih oleh Pondok Pesantren  Al-Anshor Manunggang Julu Kota Padangsidimpuan dan Pondok Pesantren Darul Hadits Huta Baringin Kab.Madina. (Humas/Trg).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id

%d bloggers like this: