Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Raih Gelar Master Pendidikan
 /  Figur / Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Raih Gelar Master Pendidikan
Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Raih Gelar Master Pendidikan

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Raih Gelar Master Pendidikan

Mengajar dan Belajar

Ahmad Zainul Nasution, seorang pahlawan tanpa jasa dari Muara Batangtoru telah meraih gelar master Pendidikan Agama Islam di IAIN Padangsidimpuan. Pria kelahiran 1991 yang berasal dari Aek Badak ini merantau ke Muara Batangtoru demi mencari penghidupan yang layak untuk. Bersama isteri dan satu anaknya tinggal di Kelurahan Muara Ampolu Kecamatan Muara Batangtoru.

Meski dengan jarak tempuh lebih dari 60 Km dari Muara Batangtoru Zainul tetap bisa membagi waktu untuk kuliah dan mengajar…

… Embin, Rekan Kerja Zainul di MTSN 4 Tapsel

Jarak bukan hambatan bagi Zainul untuk meningkatkan kapasitas dan kualitasnya sebagai guru tenaga pengajar. 

Pengabdian tanpa kenal lelah

Selama beberapa tahun, Zainul telah mengabdikan diri menjadi tenaga pengajar honor di MTsN 4 cabang dari MTsN Batangtoru. Tugas mengajar dan mengikuti kuliah di Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan menjadi dua hal yang sangat penting untuk dilaksanakan demi meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah yang masih tertinggal terutama dalam bidang pendidikan.

Zainul tetap sabar dan tekun serta yakin kepada Allah Swt bahwa semua pengabdiannya nantinya akan diberikan pahala dari-Nya. “Lelah” menjadi sebuah kata yang sulit bagi Zainul menghentikan semua usahanya. Namun kata “semangat” menjadi sebuah ungkapan yang tepat menggambarkan kondisi Zainul dengan segala keterbatasannya.

Motivasi Masuk Program S2 di IAIN Padangsidimpuan

Motivasi Zainul mengikuti pendidikan di Program Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas dirinya sebagai guru honor di MTsN karena ia melihat pentingnya kebutuhan guru professional dan persaingan pendidikan yang semakin maju. Di Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan program studi magister Pendidikan Agama Islam, Zainul telah mendapat ide-ide baru tentang cara mendidik anak yang dapat diterapkan di tempat ia mengajar. Berbagai perspektif dan cakrawala Ide baru tentang pendidikan dia dapatkan dari hasil didikan dan bimbingan para dosen professor dan doctor  yang ahli dibidangnya

Gedung Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan


Problem Selama Masa Pendidikan

Tantang yang dihadapai oleh Zainul sekwatu menjalani proses pendidikan adalah perlu menyeimbangkan waktu antara pekerjaan dan pendidikan, modalnya adalah semangat juang yang kuat dan kemampuan membagi waktu dengan tepat, karena keduanya sangat penting untuk masa depannya dan keluarga kecilnya.

Motivasinya (suaminya) sangat tinggi sehingga ia masih ada keinginan untuk melanjutkan ke jenjang S3 juga nantinya. Mungkin ini adalah pertanda bahwa semuanya merupakan kehendak-Nya. Saya dukung terus biarlah kehidupan yang sederhana dulu, mungkin akan ada perubahan nantinya setelah ini kedepannya.

….Isteri Zainul

Dukungan dari keluarga kecilnya menjadi penyemangat dalam menjalani profesinya sebagai guru sekaligus sebagai mahasiswa pascasarjana. Meski terkadang masalah ekonomi dan penghasilan yang kurang cukup untuk membiayai kebutuhan kuliahnya dapat dipenuhi dengan bantuan dari keluarga dan teman-temannya. 

Selain itu tantangan terberatnya adalah perjalanan menuju kampus IAIN Padangsidimpuan Zainul harus menempuh jarak 60 Km atau sekitar 2 jam perjalanan. Sungguh perjalanan yang cukup jauh.

Zainul yang selalu dirindukan oleh anak sulungnya yang masih kecil setiap keberangkatannya menuju kuliah di Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan.

Perjuangan dan Harapannya

Perjuangan dan harapan Zainul semoga diberikan Allah Swt kesehatan dan kekuatan untuk menempuh berbagai kesulitan yang dihadapinya, serta mampu meraih cita-citanya.

Ketersediaan informasi dan referensi memang tidak menjadi kendala baginya karena sistem akademik di IAIN Padangsidimpuan sudah berbasis online. Melewati itu semua, Zainul telah mampu menghadapi berbagai tantangan dan dapat menyelesaikan studinya sesuai dengan target yang dicanangkan di IAIN Padangsidimpuan. Harapan Zainul kedepannya semoga para guru sekolah di Tapanuli Selatan khususnya Muara Batangtoru dapat menempuh pendidikan di pascasarjana sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan kapasitas guru yang lebih baik..

Berikut Video Profil Zainul mahasiswa yang sudah Alumni dari Pascasarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Padangsidimpuan yang semoga dapat menginspirasi pembaca:

Video Profil Alumni Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan

Demikianlah beberapa informasi mengenai mahasiswa alumni pascasarjana S2 Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam IAIN Padangsidimpuan. Semoga Bermanfaat.

Terima kasih atas kerjasamanya, Humas IAIN Padangsidimpuan akan terus mengupdate informasi terbaru untuk anda. Jelajahi website kami di www.iain-padangsidimpuan.ac.id. atau tonton video kami dengan mengklik link di bawah ini:


Terima Kasih

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan Dengan Motto: "Cerdas dan Berintegritas"

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id

Kategori

  • Akademik
  • Administrasi Umum
  • Layanan Fakultas
  • Program Studi
  • Beasiswa
  • Kemahasiswaan
  • Lembaga dan UPT
  • Penelitian
  • Jurnal Dosen

Link Penting

  • UPT Perpustakaan
  • LPPM
  • LPM
  • SATGAS SPI
  • Humas
  • Mah'had Jami'ah
  • SEMA dan DEMA
  • UKM dan UKK
  • Lembaga Bahasa

download free uapkmod,action game apk mod, android apps apk mod