Miliki Prestasi yang bisa Orangtua Banggakan

Inilah dia Riandry Fadilah Nasution, seorang laki-laki dari Situmbaga, Kecamatan Angkola Selatan yang telah meraih segudang prestasi membanggakan. Riandry yang dikenal sebagai mahasiswa yang menjadi duta Kampus IAIN Padangsidimpuan ke berbagai kota di Indonesia pada kegiatan tingkat Nasional. Riandry masuk ke IAIN Padangsidimpuan pada tahun 2014 yang lalu. Sebelumnya ia tamat dari SMAN 1 Angkola Selatan yang berjarak 5 Km dari rumahnya Desa Situmbaga Angkola Selatan.

Ia merupakan anak paling bungsu di keluarganya. Menjadi anak paling bungsu, lantas tidak menjadikan Riandry menjadi anak yang manja. Justru sebaliknya kemandirian adalah kepribadiannya. Hal ini diketahui bahwa ketika mendaftar pertama kali ke IAIN Psp hadir tanpa dampingan orangtua dan tidak diketahui orangtuanya. Aksi nekat mendaftar diri ke perguruan tinggi ini diketahui setelah resmi lulus di IAIN Padangsidimpuan dan diterima di Jurusan Tadris Bahasa Inggris.

Hal ini dia lalukan karena melihat kondisi ekonomi keluarga dan orangtua yang sudah renta tidak mampu bekerja dengan keras untuk membiaya kuliahnya. Namun ia harus terus melangkah maju untuk tetap melanjutkan perkuliahan. Kegigihannya pun berbuah hasil ia berhasil mendapatkan beasiswa selama kuliah  di IAIN Padangsidimpuan.

Sejak kecil Riandry merupakan orang yang aktif membantu orangtuanya, sambil belajar sambil membantu orangtuanya. Ia diberikan tugas oleh orangtua berternak kambing sepulang sekolah dan pekerjaan lainnya yang dapat meringankan beban ekonomi keluarga. Bekerja sambil Belajar merupakan rutinitasnya sejak kecil hingga beranjak dewasa.

Ketekunan dalam belajar telah menjadikan Riandry siswa berprestasi yang mampu mengharumkan nama baik sekolah asalnya SMA Negeri 1 Angkola Selatan sebelum masuk IAIN Padangsidimpuan. Riandry bercita-cita setelah tamat dari SMA Negeri 1 Angkola Selatan akan melanjutkan pendidikan ke Jenjang Perguruan Tinggi. Tahun 2014, Riandry lulus dan diterima di IAIN Padangsidimpuan pada Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Sejak menjadi mahasiswa, orangtua Riandry banyak berpesan agar selalu menjaga niat yang baik dan rajin belajar. Amanat itulah yang menjadi dorongan kepada Riandry untuk tetap semangat dalam menjalani masa studinya di IAIN Padangsidimpuan. Hal ini terbukti bahwa, Riandry mampu melalui berbagai kesulitan terutama masalah keuangan. Hampir dalam setiap kendala yang dihadapi selama kuliah ada saja rezeki yang tidak disangka-sangka sehingga permasalahan tersebut dapat dituntaskan.

Keterbatasan biaya untuk kebutuhan selama masa studi misalnya menjadikannya lebih kreatif untuk mencari pekerjaan sampingan dengan mengajar les privat bahasa Inggris dan bekerja di luar jam kuliah. Hal ini tentunya menjadi pemasukan tambahan selama menjalani masa perkuliahan.

Ketika Riandry menjadi mahasiswa di IAIN Padangsidimpuan ia banyak meraih prestasi di berbagai kegiatan kemahasiswaan. Ia telah mengharumkan nama baik kampus IAIN Padangsidimpuan dikancah nasional dan internasional terutama di bidang penguasaan Bahasa Inggris baik.

Tercatat ada beberapa prestasi Riandry selama masa kuliah yaitu menjadi delegasi duta kampus IAIN Padangsidimpuan sejak semester kedua tahun 2014 hingga semester kedelapan tahun 2018. Seperti  menjadi Delegasi Debat Bahasa Inggris ke berbagai kegiatan di kota Palu, Sulawesi Tengah, Kedari, Sulawesi Tenggara, Aceh, dan Purwokerto. Prestasi lainnya tidak hanya di dalam kampus saja tetapi juga di luar kampus yaitu meraih juara I Lomba Pidato Bahasa Inggris seKota Padangsidimpuan pada 2016 yang lalu.

Bagi Riandry yang sudah meraih gelar sarjana pendidikan islam, kunci kesuksesannya menjadi mahasiswa adalah kemampuan memanfaatkan dan membagi waktu dengan tepat. Tidak hanya itu, segudang tugas kuliah yang diberikan oleh dosen adalah tantangan yang harus diubah menjadi anugrah bermanfaat untuk pengembangan skill dan kepribadian menuju yang lebih baik. Prinsipnya “Hidup Untuk Memberi Manfaat” – Riandry Fadilah Nasution

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.