Gelar Seminar Pendidikan, UPT Perpustakaan Bekerjasama Dengan PPs IAIN Padangsidimpuan

Gelar Seminar Pendidikan, UPT Perpustakaan Bekerjasama Dengan PPs IAIN Padangsidimpuan

Dok.Humas: Dr.Hj.Femina Sagita Borualogo,M.A (Anak dari Alm.Basyral Hamidy Harahap) menyampaikan paparan materi tentang biografi Tokoh Budayawan tersebut.

Senin (17/12/2018); Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan bekerjasama dengan PPs IAIN Padangsidimpuan menggelar Seminar Pendidikan di aula Rektorat kampus IAIN Padangsidimpuan (Jum’at/14/12/2018). Seminar Pendidikan tersebut mengangkat thema: “Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pemikiran Basyral Hamidi Harahap (Marsipature Hutana Be)” dengan menghadirkan langsung keluarga atau waris dari Almarhum Basyral Hamidi Harahap, yaitu Dr.Hj. Femina Sagita Borualogo,M.A.

“Seminar Pendidikan yang mengangkat issue tentang Biografi Basyral Hamidi Harahap ini adalah suatu bukti bahwa kita (IAIN Padangsidimpuan;red) sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi sangat concern dalam mengkaji buah pemikiran dari Beliau. Beliau (Basyral Hamidi Harahap;red) adalah seorang tokoh sejarahwan dan budayawan yang fokus meneliti tentang tanah kelahirannya yaitu Tapanuli Bagian Selatan. Mari kita dalami buah pikir beliau yang nantinya akan disampaikan langsung oleh anak beliau yaitu Dr.Hj.Femina Sagita Borualogo,M.A. Semoga kita dapat mengambil ‘ibroh dan pelajaran sebagai pembuka wacana berpikir kita, dengan istilah  Think globally –act Locally,” ungkap Dr.Muhammad Darwis Dasopang,M.Ag saat mewakili Rektor IAIN Padangsidimpuan dalam penyampaian kata sambutan.

Sementara itu, Dr.Erawadi,M.Ag selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa Seminar Pendidikan ini merupakan hasil kerjasama antara UPT Perpustakaan dan PPs IAIN Padangsidimpuan.

“Seminar ini bentuk kerjasama antara UPT Perpustakaan dan PPs IAIN Padangsidimpuan dengan bantuan banyak pihak. Kami mengucapkan terima kasih kepada Rektor IAIN Padangsidimpuan juga seluruh civitas akademika IAIN Padangsidimpuan yang turut andil dalam suksesi kegiatan ini,” ungkap Dr.Erawadi,M.Ag

Dok.Humas: Peserta seminar yang terdiri dari mahasiswa/Civitas akademika IAIN Padangsidimpuan juga Kepala Pengelola Perpustakaan se-Kota Padangsidimpuan dan Tapanuli Selatan.

“Kita juga telah mengundang Dosen/Pegawai, Mahasiswa juga beberapa pengelola perpustakaan yang ada di beberapa Perguruan Tingggi/Universitas yang ada di kota Padangsidimpuan dan Tapanuli Selatan. Turut hadir di acara ini, Kepala Perpustakaan Lafran Pane Tapanuli Selatan dan LKBN Antara beserta jurnalis. Kepada semuanya kami selaku panitia mengucapkan terima kasih. Mari kita aplikasikan semangat Almarhum Basyral Hamidi Harahap dalam mengembangkan kearifan lokal,” lanjut Direktur Pasca Sarjana IAIN Padangsidimpuan ini.

Dr.Hj.Femina Sagita Borualogo,M.A sebagai narasumber di acara tersebut merupakan anak kandung dari Basyral Hamidi Harahap. Beliau menceritakan sejarah hidup ayahandanya beserta hasil karya Basyral Hamidi Harahap.

“Saya selaku ahli waris dari Almarhum Ayahanda Basyral Hamidi Harahap, sangat senang/terharu atas sambutan dari seuruh peserta seminar. Alhamdulillah, pada kesempatan ini juga kita akan memberikan karya tulis dari Almarhum Basyral Hamidi Harahap berupa buku dan manuskript kepada perpustakaan,” ungkap Femina Sagita Borualogo.

“Almarhum Basyral Hamidi Harahap adalah seorang pengagum Williem Iskander juga sangat mencintai kampung halamannya. Beliau juga berkeinginan agar karya-karya beliau dapat dimanfa’atkan oleh masyarakat terutama masyarakat Tabagsel, sebagai kampung halaman beliau, ungkap Femina Sagita yang juga Direktur Eksekutif Studi Kebijakan Publik Masyarakat Ilmuwan/Teknologi Indonesia (MITI).

Diakhir seminar ini, pihak keluarga dari Basyral Hamidi Harahap menyerahkan beberapa buku kepada pengelola perpustakaan yang berhadir dan ditutup dengan berfoto bersama sebagai dokumen. (Humas/Trg).

Dok.Humas: Dr.Hj.Femina Sagita Borualogo,M.A (Narasumber) berfoto bersama Wakil Rektor dan Panitia Pelaksana setelah Seminar.

 

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id