Guna Meningkatkan Akreditasi, LPM IAIN Padangsidimpuan Gelar Pendampingan APS dan SIMBA

Guna Meningkatkan Akreditasi, LPM IAIN Padangsidimpuan Gelar Pendampingan APS dan SIMBA

Dok.Humas: Drs.H.Samsuddin,M.Ag (Ketua LPM / Ketua Panitia) melaporkan jadwal dan tujuan dari kegiatan pendampingan Akreditasi di Aula.

Senin (24/06/2019). Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Padangsidimpuan menggelar Pendampingan Akreditasi Program Studi (APS) dengan aplikasi Sistem Informasi Berbasis Akreditasi (SIMBA) di lingkungan IAIN Padangsidimpuan. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini, sejak Senin-Selasa; (24-25) akan mempersiapkan segala hal dan borang yang berkenaan dengan peningkatan akreditasi, juga dibimbing langsung oleh Dr.Muhammad Fakhri Husein,SE.,M.Si dan Novi Yanti,S.T.,M.Kom serta Tim IT dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta & UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru.

Dalam laporan Panitia, Drs.H.Samsuddin,M,Ag yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Padangsidimpuan menyampaikan maksud dan tujuan dari pelaksanaan pendampingan ini. Beliau berharap kepada seluruh peserta agar serius dalam mengikuti pendampingan ini, juga dalam menyiapkan borang akreditasi seluruh program studi yang ada di lingkungan fakultas, sebab sangat menentukan dalam meningkatkan akreditasi institusi.

“Kami yang telah diamanahkan oleh Rektor sebagai Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Padangsidimpuan, pada kesempatan ini berharap kepada seluruh Bapak/Ibu sebagai peserta yang terdiri dari Dekan, para Wakil Dekan, Direktur Pasca Sarjana, Kepala Pusat dan Lembaga juga Kabag serta Kasubbag agar serius dalam mengikuti kegiatan pendampingan ini,” ujar Samsuddin.

“Akreditasi merupakan kegiatan penilaian untuk menjamin kelayakan dari sebuah program studi berdasarkan kriteria yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kita bersyukur pada kesempatan ini kita langsung dibimbing oleh Dr. Muhammad Fakhri Husein,SE.,M.Si sebagai assessor BAN-PT. Semoga 10 Program Studi yang akan kita usulkan atau sedang dalam tahap proses akreditasi dapat mendapatkan akreditasi A,” lanjut beliau.

Kegiatan pendampingan ini juga dihadiri oleh paraWakil Rektor dan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Padangsidimpuan.

Dr.H.Muhammad Darwis Dasopang,M.Ag mengapresiasi segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu dalam meningkatkan juga mengawal mutu lembaga.

“Pada Senin hingga Selasa ini, kita dari unsur pimpinan fakultas,lembaga juga pasca sarjana akan dibimbing oleh narasumber kita dalam menyiapkan borang akreditasi. Untuk itu, mari kita antusias dalam menjalankan tahapan demi tahapan dalam kegiatan pendampingan ini,” ungkap Darwis Dasopang dalam sambutannya.

Dalam catatan Humas IAIN Padangsidimpuan yang didapatkan dari Fauzi Rizal,S.Ag.,MA (Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu) IAIN Padangsidimpuan, ada 10 program studi yang sedang proses akreditasi.

“10 Program Studi dari masing – masing Fakultas yang sedang tahap proses akreditasi adalah: 1. ( Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, ada 2 Prodi, yaitu Komunikasi Penyiaran Islam & Bimbingan Konseling Islam). 2. (Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, ada 3 prodi, yaitu: Pendidikan Bahasa Arab,Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Pendidikan Agama Islam). 3. (Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, ada 4 prodi, yaitu: Hukum Pidana Islam,Ahwalus Syakhsiyah,Ilmu Al-Qur’an Tafsir dan Hukum Tata Negara), serta program studi Ekonomi syari’ah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,” pungkas Fauzi Rizal dalam wawancara dengan Humas IAIN Padangsidimpuan. (humas/trg)

Dok.Humas: Para Peserta yang terdiri dari Unsur Pimpinan Fakultas juga Pascasarjana dan Lembaga antusias dalam mengikuti paparan materi dari narasumber.

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id