HMJ Hukum Ekonomi Syariah Perkuat Kurikulum Dengan Kegiatan Seminar

HMJ Hukum Ekonomi Syariah Perkuat Kurikulum Dengan Kegiatan Seminar

Dok.Humas: Dr.H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag (Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum) menyampaikan sambutan dalam acara Seminar Regional HMJ HES.

Kamis (13/12/2018); Bertempat di Auditorium IAIN Padangsidimpuan  HMJ Hukum Ekonomi Syariah adakan Seminar Regional yang yang bertemakan “Peran Fungsi Mahasiswa Serta Bank Islam Dalam Menegakkan Hukum Islam”(13/12). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum (FASIH) Dr.H. Fatahuddin Azis Siregar, M.Ag didampingi para Wakil Dekan, juga Kabag. TU dan para pejabat lainnya di lingkungan FASIH. Dalam sambutannya Dekan menyampaikan “Kita harus menjadi pejuang ekonomi Islam dan kita harus memulai dari diri sendiri.” Beliau juga menambahkan ” Bahwasanya berbicara mengenai ekonomi adalah berbicara mengenai keberpihakan. Bukanlah dikatakan sebagai seorang pejuang kalau masih tergiur produk yang ditawarkan oleh Bank Konvensional.” Dengan terlaksananya kegiatan Seminar Regional ini, Dekan berharap kepada seluruh peserta agar selain dapat menguasai aspek hukumnya, juga harus dapat memahami sistem ekonominya sendiri.

Dok. Humas: Pemaparan Materi oleh Bambang Irawan, SE., MM.

Kegiatan yang diikuti sangat antusias oleh para peserta seminar menghadirkan Kepala Cabang Bank Syariah Mandiri Batangtoru Bambang Irawadi, SE., MM sebagai pemateri. Disela-sela pemaparan, beliau menyinggung maraknya pertumbuhan dunia usaha non syariah yang tidak sesuai dengan Hukum Islam. “Saat ini banyak kita lihat  berbagai kegiatan dunia usaha yang tumbuh subur khususnya usaha non syariah yang tidak lain mendapat pembiayaan dari Bank-Bank Konvensional, contoh kecilnya seperti pedagang minuman keras, hiburan malam dan lain sebagainya”, jelas Bambang. Beliau juga menambahkan “Kita juga mempunyai peran andil secara tidak langsung mengembangkan usaha tersebut dengan menyimpankan dana di Bank Konvensional”. Tidak lupa juga beliau menjelaskan keuntungan dan keunggulan sistem kerja dari Bank Syariah.

Menjelang berakhirnya acara seminar, Bambang juga mengundang para peserta seminar khususnya mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah datang berkunjung ke Instansi yang beliau pimpin. “Saya ingin mahasiswa HES bisa merasakan bagaimana cara penggunaan komputer perbankan yang berbasis Islam.  Kita semua (BSM Cabang Batangtoru) akan dengan senang hati menjelaskan sistem komputerisasi perbankan online”, tutur beliau dengan ramah.

Setelah sesi tanya jawab, kegiatan Seminar Regional ditutup dengan acara photo bersama dan penyerahan piagam penghargaan oleh Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum. (Humas/rhs)

Dok. Humas: Penyerahan Piagam Penghargaan oleh Dekan FASIH Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M. Ag. kepada Branch Manager BCA Batangtoru Bambang Irawadi, SE.,MM.

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id