IAIN Padangsidimpuan Ikut Student Mobility Program Di 3 Negara (Singapura, Malaysia & Thailand)

IAIN Padangsidimpuan Ikut Student Mobility Program Di 3 Negara (Singapura, Malaysia & Thailand)

Dok.Humas: Kamaruddin Amin (Direktur Jenderal Pendidikan Islam) menyampaikan sambutan di acara Pre Departure bagi peserta SMP

Senin (26/11/2018); Student Mobility Program (SMP) merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI, tepatnya Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam Tahun 2018 sedang berlangsung. Program yang diikuti oleh 75 aktivis/civitas akademika ini terdiri dari Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan Senat Mahasiswa (SEMA) serta Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN. Acara pemberangkatan secara resmi telah dibuka oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin di Jakarta, Sabtu (24/11).

Dalam sambutannya, Kamaruddin berpesan kepada seluruh peserta agar memanfa’atkan momentum ini dengan baik sebagai studi banding (benchmarking) terkait pengalaman dan aktivitas para aktivis mahasiswa di luar negeri. “Untuk Program Student Mobility ini, kita telah memilih 3 Negara sebagai tujuan kunjungan. Yaitu Singapura, Malaysia dan Thailand. Mereka memiliki Human Development Indeks (HDI) selisih lebih tinggi dari negara kita,” ungkap Kamaruddin Amin. ( baca: https://kemenag.go.id/berita/read/509420/75-civitas-akademika-ptkin-ikuti-student-mobility-program–smp- )

Guru Besar alumni Born University Jerman ini juga mengatakan bahwa sebagai Ketua atau Pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa atau pun Senat Mahasiswa harus menjadi role model dan memiliki pengaruh tinggi di masing-masing kampus.

Dok.Humas: Fauzan Tsani alHakimi (Ketua DEMA IAIN Padangsidimpuan) salah satu dari 75 peserta Student Mobility Program yang akan mengunjungi 3 Negara; Singapura, Malaysia dan Thailand)

IAIN Padangsidimpuan mengutus Fauzan Tsani alHakimi (Ketua DEMA IAIN Padangsidimpuan) dalam event ini. Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan ini berharap semoga nanti pengalaman yang didapat dalam kegiatan Student Mobility Program bisa diaktualisasikan untuk kemajuan IAIN Padangsidimpuan. (http://www.iain-padangsidimpuan.ac.id/iainpadangsidimpuan/rektor-iain-padangsidimpuan-memberangkatkan-mahasiswa-mengikuti-student-mobility-program/4954/ )

Pada kesempatan Student Mobility Program ini, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Padangsidimpuan turut serta dalam mendampingi para aktivis mahasiswa tersebut. Dalam pesan singkat yang disampaikan Sumper Mulia Harahap kepada Humas IAIN Padangsidimpuan, Beliau berpesan agar nantinya Fauzan Tsani alHakimi dapat memberikan perubahan ke arah lebih baik dalam lingkup Orgaisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) di IAIN Padangsidimpuan.

“Alhamdulillah, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama telah memberikan kesempatan emas ini kepada DEMA IAIN Padangsidimpuan. Semoga pengalaman yang didapatkan dari Student Mobility Program (SMP) 25 November – 1 Desember 2018 ini mampu direalisasikan oleh ananda Fauzan Tsani setelah kembalinya nanti pada almamater,” ungkap Beliau.

75 Peserta SMP ini akan mengunjungi dan belajar bersama di Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), Universitas Selangor Malaysia, College Pendidikan Tinggi Al-Zuhri Singapura dan Fathony University Thailand. Mereka didampingi oleh Wakil Rektor/Wakil Ketua dari beberapa PTKIN, Waryono Abdul Ghofur Wakil Rektor III UIN Jogjakarta, Suprianto Wakil Rektor III IAIN Puwokerto, Sumper Mulia Harahap Wakil Rektor III IAIN Padang Sidempuan, Ida Umami Wakil Rektor III IAIN Metro Lampung, dan para Kasi pada Direktorat PTKI, Ruchman Basori, Nur Yasin dan Otisia Arinidiyah. (Humas/Trg)

Dok.Humas: Kamaruddin Amin (Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama) berfoto bersama para pendamping Student Mobility Program. (ket: Wakil Rektor III IAIN Padangsidimpuan Sumper Mulia Harahap; Nomor 4 dari kiri)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id