Dengan Program Ma’had Jamiah, IAIN Padangsidimpuan membentuk Kepribadian Cerdas Berintegritas yang bermanfa’at bagi Umat

Dok.Humas (18/07/2018); Mahasantriah berprestasi berfoto bersama Rektor IAIN Padangsidimpuan serta unsur pimpinan lainnya

Rabu (18/07/2018); Pada hari Ahad lalu, Ma’had Jami’ah IAIN Padangsidimpuan telah menamatkan mahasantri/mahasantriahnya. Kegiatan penamatan tersebut dilaksanakan di gedung auditorium IAIN Padangsidimpuan ba’da isya yang dihadiri oleh mahasantri/mahasantriah yang berdomisili di IAIN Padangsidimpuan. Ke-esokan harinya tepatnya Senin/16 Juli 2018, IAIN Padangsidimpuan juga mengadakan “Haflatun Mubaarakatun ikhtitaman li ma’hadil jami’ah” di Pondok Pesantren Baharuddin (sebagai Kampus Mitra IAIN Padangsidimpuan) Batang Angkola, Tapanuli Selatan.

Kegiatan yang diadakan di gedung aula asrama mahasantriah ini mengangkat thema: “Dengan Nilai-Nilai Ma’had, Tebar Manfa’at Demi Maslahat Umat”, diharapkan dapat membentuk kepribadian yang Cerdas Berintegritas sesuai dengan motto IAIN Padangsidimpuan.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Rektor IAIN Padangsidimpuan yang telah mempercayai asrama kami sebagai Mitra IAIN Padangsidimpuan. Meskipun tentu ada plus dan minusnya fasilitas kami. Namun kami terus berharap semoga IAIN Padangsidimpuan dapat terus mengemban amanah suci ini menjadi pusat peradaban tidak hanya di daerah Tapanuli Bagian Selatan saja, melainkan juga di Indonesia ini,”ungkap Patuan Banggor yang mewakili Yayasan Pondok Pesantren Baharuddin.

Pada kesempatan ini juga, Ustadz M.Rizal Siregar,S.Pd.I selaku muwajjih (Pengasuh asrama) melaporkan kepada Rektor serta tamu undangan tentang keadaan mahasantriah IAIN Padangsidimpuan. “Kepada Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof.Dr.H.Ibrahim Siregar,MCL, saya melaporkan, bahwa Alhamdulillah terus ada peningkatan dari tahun ke tahun dalam pembinaan mahasantriah kita di sini. Diantara ananda kami yang masuk di asrama ini, mereka sudah bisa menghafal beberapa juz al-Qur’an. Padahal sebelumnya mereka mengakui belum mampu untuk menghafal al-Qur’an. Mereka juga sudah rutin melaksanakan sunnah-sunnah Rasulullah, seperti rutin melaksanakan sholat dhuha juga tahajjud serta puasa sunnah,”ungkap Rizal. “Saya juga berharap kepada ananda kami yang sudah melaksanakan sunnah-sunnah baik ini, agar terus mengaplikasikannya setelah keluar dari ma’had ini nantinya,” lanjut beliau.

Rektor IAIN Padangsidimpuan juga mengungkapkan rasa syukur juga terharunya beliau dengan peningkatan ini. “Saya tidak dapat membayangkan sebelumnya bagaimana meningkatkan semua program-program ini. Namun, berkat kerja keras dan bantuan semua pihak, kita dapat melaksanakan program-program ma’had jami’ah kita. Dalam peningkatan bahasa, kita bekerjasama dengan IALF Bali, demikian juga bahasa Arab kita bekerjasama dengan lembaga-lembaga berkualitas. Semua ini kita lakukan agar ananda kami dapat menebarkan manfa’at bagi umat, nusa dan bangsa ini,” ungkap Prof.Dr.H.Ibrahim Siregar,MCL.

Beliau juga melanjutkan,“Setelah ananda kembali kepada orang tua atau pun masyarakat dimana anda nanti akan tinggal. Tetaplah terus mengamalkan sunnah-sunnah dan nilai-nilai ma’had jami’ah ini. Sampaikan salam hormat kami (seluruh civitas akademika IAIN Padangsidimpuan) kepada orang tua anda. Terus dukung dan support program-program IAIN Padangsidimpuan.”

Penampilan demi penampilan ditampilkan pada kegiatan ini mendapatkan sambutan hangat serta tepuk tangan bahagia dari seluruh tamu undangan, mulai dari kemampuan berpidato dengan bahasa asing (Arab dan Inggris) juga adegan drama singkat serta penampilan nasyid dari mahasantriah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.