UM-PTKIN IAIN Padangsidimpuan Laksanakan Ujian dengan Sistem CBT dan PBT
 /  Berita / UM-PTKIN IAIN Padangsidimpuan Laksanakan Ujian dengan Sistem CBT dan PBT
UM-PTKIN IAIN Padangsidimpuan Laksanakan Ujian dengan Sistem CBT dan PBT

UM-PTKIN IAIN Padangsidimpuan Laksanakan Ujian dengan Sistem CBT dan PBT

Doc. Humas. 22/05/2018. Simulasi Pra Ujian UM-PTKIN di Lab Komputer FTIK IAIN Padangsidimpuan dipandu oleh Candra Adi Putra Penanggung Jawab Teknis CBT

Rabu (22/05/2018) Pelaksanaan UM-PTKIN di IAIN Padangsidimpuan dilaksanakan dengan dua metode yakni CBT (Computer Based Test) yaitu pelaksanaan ujian masuk Perguruan Tinggi dengan sistem komputerisasi dan  PBT (Paper Based Test) yaitu ujian secara tertulis. Diikuti kurang lebih 806 peserta ujian masuk perguruan tinggi jalur UM-PTKIN dilaksanakan di pagi hari sejak pukul 07.00 WIB di Gedung Perkuliahan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum (FASIH) dan Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Pelaksanaan ujian dengan sistem komputerisasi atau dikenal dengan singkatan CBT (Computer Based Test) merupakan inovasi bagi pengembangan sistem ujian yang lebih efektif dan berteknologi tinggi yang memudahkan peserta ujian. Pada kesempatan lain, Rektor IAIN Padangsidimpuan, Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL menerangkan “Kita akan terus tingkatkan fasilitas pelaksanaan ujian berbasis komputerisasi atau CBT ini di IAIN Padangsidimpuan setiap tahunnya. Rencananya akan menambah kapasitas hingga 300 seat pada tahun depan. Karena dalam ujian CBT ini memberlakukan prinsip atau standarisasi sistem keamanan yang tinggi dan ketat serta minimnya kecurangan dalam pelaksanaan UM-PTKIN 2018, Hal ini tentunya akan dapat menjaring mahasiswa yang potensial.” ungkapnya.

Sistem CBT yang dilaksanakan selama ujian merupakan sistem yang aman dan dilaksanakan secara nasional. Penanggung Jawab Teknis Ujian CBT di IAIN Padangsidimpuan, Candra Adi Putra, S.Kom mengatakan “Fasilitas untuk ujian masuk jalur UM-PTKIN di IAIN Padangsidimpuan melalui sistem CBT dilaksanakan di Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Sebelum ujian dimulai para peserta ujian diberikan simulasi pelaksanaan ujian sambil menunggu koneksi ke server pusat UM-PTKIN sebagai tanda aktif bahwa ujian siap dimulai. Ujian dengan CBT ini dilaksanakan secara serentak pada 48 PTKIN seluruh Indonesia. Para peserta melakukan login kemudian dihadapkan pada tampilan soal-soal di monitor komputer. Selama pelaksanaan tidak ada kendala dan berjalan dengan lancar.” paparnya

Ujian dibuka secara resmi dibuka oleh Rektor IAIN Padangsidimpuan yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag mengatakan bahwa: “UM-PTKIN tahun ini di IAIN Padangsidimpuan dilaksanakan dengan dua metode yakni CBT dan  PBT. Tapi tahun ini tentunya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana kita telah menyiapkan fasilitas untuk dapat melaksanakan ujian di IAIN Padangsidimpuan dengan sistem komputerisasi melalui CBT.” terangnya kepada Humas IAIN Padangsidimpuan.

Dalam sambutanya beliau menyampaikan terimakasih kepada panitia ujian dan calon mahasiswa yang telah memilih IAIN Padangsidimpuan sebagai destinasi perguruan tinggi favoritnya. “Terima kasih kepada semua calon mahasiswa yang telah memilih IAIN Padangsidimpuan, semoga nantinya semuanya lulus sesuai dengan harapan kita bersama. Diharapkan juga kepada seluruh peserta ujian UM-PTIKIN untuk mengikuti ujian dengan tertib dan teratur sesuai prosedurnya. Pengumuman hasil kelulusan ujian UM-PTKIN sendiri akan dijadwalkan pada 10 Juli 2018 mendatang. Informasinya juga nanti akan diumumkan di website resmi IAIN Padangsidimpuan dan juga bisa diakses di laman resmi UM-PTKIN pada alamat www.um-ptkin.ac.id.” imbuh Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag menjelaskan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama, Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Kabag Akademik dan Kemahasiswaan, Kasubbag Humas dan Informasi serta rombongan turut aktif memantau dan monitoring pelaksanaan UM-PTKIN langsung ke ruang ujian, dan juga pada hari yang sama ke lokasi wawancara calon mahasiswa yang lulus jalur SPAN-PTKIN, bertempat di Kantor Ma’had Jamiah IAIN Padangsidimpuan.

Doc. Humas 22/05/2018. Pejabat dan Unsur Pimpinan IAIN Padangsidimpuan Pantau Ujian CBT UM-PTKIN di Lab. Kom. FTIK

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan Dengan Motto: "Cerdas dan Berintegritas"

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id

Kategori

  • Akademik
  • Administrasi Umum
  • Layanan Fakultas
  • Program Studi
  • Beasiswa
  • Kemahasiswaan
  • Lembaga dan UPT
  • Penelitian
  • Jurnal Dosen

Link Penting

  • UPT Perpustakaan
  • LPPM
  • LPM
  • SATGAS SPI
  • Humas
  • Mah'had Jami'ah
  • SEMA dan DEMA
  • UKM dan UKK
  • Lembaga Bahasa

download free uapkmod,action game apk mod, android apps apk mod