Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri di wilayah Tapanuli Bagian Selatan, bahkan di Sumatera Utara Bagian Tenggara, awalnya berasal dari Fakultas Tarbiyah Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PERTINU), kemudian menjadi Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU).

Selanjutnya ia menjadi Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Imama Bonjol Cabang Padangsidimpuan. Tahun 1973, bersamaan dengan didirikannya Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara, maka Fakultas Tarbiyah tersebut beralih manjadi Cabang IAIN Sumatera Utara. Tahun 1997 Fakultas Tarbiyah IAIN Sumatera Utara Cabang Padangsidimpuan dinegerikan menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.

Akhirnya, di penghujung tahun 2013, atas komitmen dan kerjasama seluruh sivitas akademikannya, STAIN Padangsidimpuan beralih status menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan. Kini IAIN Padangsidimpuan memiliki 4 (empat) Fakultas dan 1 (satu) Program Magister Pascasarjana, yang terdiri atas 17 (tujuh belas) Program Studi: 16 (enam belas) Program Starata 1 (Sarjana), dan 1 (satu) Program Studi Pascasarjana Program Magister (Program Studi Pendidikan Agama Islam).

Demikianlah, IAIN kini telah siap untuk dikembangkan. Ia menunggu komitmen, perjuangan dan pengabdian tulus seluruh pemangku kepentingan. Harapan menjadikan IAIN Padangsidimpuan sebagai mercusuar dan garda terdepan, melalui pendidikan dan pengajaran yang integratif, dan kajian ilmu-ilmu keislaman, ilmu-ilmu sosial, dan humaniora yang interkonektif/multidisipliner dalam bingkai keilmuan, keislaman, dan kearifan lokal dapat tercapai.

IAIN Padangsidimpuan yang diinginkan bukan saja unggul (excellent) dalam ilmu-ilmu keislaman, tetapi juga unggul dalam pengembangan beragam rumpun keilmuan dalam konteks global. IAIN Padangsidimpuan, disamping memiliki Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, diharapkan akan muncul Fakultas lainnya, seperti Fakultas Ilmu Sosial dan Politik serta Fakultas Sains dan Teknologi. Semoga alih status selanjutnya menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) dapat tercapai tahun 2024.

Terima kasih kepada Tim Penyusun yang telah menyelesaikan penyusunan Profil IAIN Padangsidimpuan ini, dan juga seluruh sivitas akademika IAIN Padangsidimpuan atas kerjasamanya.

 

Wassalam,

Rektor

 

Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL