Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Gelar Seminar Nasional Ajak Hijrah Bareng Al-Qur’an

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Gelar Seminar Nasional Ajak Hijrah Bareng Al-Qur’an

Doc Humas. Suasana Peserta Berdoa dalam Kegiatan Seminar Nasional

Sabtu, 20/10/2018. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padnagsidimpuan menggelar seminar nasional di Gedung Auditorium IAIN Padangsidimpuan. Seminar Nasional ini mengambil tema “Mari Khibar (Kita Hijrah Bareng Al-Qur’an) dan mulai hijrah bersama Al-Quran”. Kegiatan seminar diselenggarakan pada pagi hari hingga menjelang waktu zuhur.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr. Lelya Hilda, M.Si, berharap seminar nasional ini mahasiswa dari FTIK terutama Jurusan Bahasa Arab, mereka memiliki motivasi untuk berhijrah ke jalan yang benar dan mencintai al-Quran. “Dulunya kurang rajin baca al-Quran, berhijrah menjadi rajin baca al-Qur’an, yang sudah rajin belajar, berhijrah menjadi lebih rajin, dan seterusnya. Kita mesti ada peningkatan dalam berbagai aspek terutama aspek peningkatan karakter mahasiswa yang cerdas”. terangnya kepada Humas IAIN Padangsidimpuan.

Dekan juga mengapresiasi kinerja para panitia pelaksana dan ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Muhammad Yusuf Pulungan, MA. yang telah menyelenggarakan seminar nasional. “Semoga dengan seminar nasional kali ini kita semua mendapatkan pengetahuan tentang hijrah yang benar dari narasumber. Harapannya semoga kegiatan berjalan dengan lancar tanpa kendala.” tutunya.

Dihadirkan sebagai narasumber dalam seminar nasional tersebut berasal dari Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Lutfan Khibar A’lam seorang Motivator dan Inspirator Qur’an yang merupakan Founder QAF (Quran Family). Dalam paparannya, Lutfan menekankan bahwa hijrah ke jalan yang baik memerlukan tekanan yang kuat dalam diri seseorang. Hal ini ia contohkan dari fakta sejarah hijrahnya Nabi Muhammad Saw dari Mekkah ke Madinah.

Doc Humas. Narasumber Paparkan Materi Tentang Hijrah di Hadapan Mahasiswa Peserta Seminar

“Hijrah ini seperti busur panah yang ditarik mundur dulu ke belakang dimana anak panah ditarik mudur agar mendapatkan tekanan sehingga melesat ke depan dengan cepat. semakin besar tekanannya semakin melesat jauh ke depan.” dalam paparannya tentang hijrah di hadapan para mahasiswa/i yang hadir di Gedung Auditorium IAIN Padangsidimpuan.

Acara juga dihadiri para undangan dari civitas akademika IAIN Padangsidimpuan, para dosen dan pengawai serta unsur pimpinan. Sementara itu pada hari yang sama diadakan juga kegiatan di beberapa tempat di Kampus IAIN Padangsidimpuan, Seminar Ilmiah di Aula IAIN Padangsidimpuan, Seminar Gender di Gedung Pascasarjana dan siangnya diselenggarakan Seminar Ilmiah tentang pengembangan Pendidikan tinggi di Era Globalisasi di Auditorium IAIN Padangsidmpuan.

Doc Humas. Suasana Mahasiswa dalam Mendengarkan Paparan Narasumber

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id