Keteguhan Hati dan Kesabaran Modal Keberhasilannya

Keteguhan Hati dan Kesabaran Modal Keberhasilannya

Ratih Karmilasari Siregar adalah alumni berprestasi dari Fakutlas Ekonomi dan Bisnis Islam. Ia merupakan putri kelahiran Sipirok tanggal 10 April 1997 di Kelurahan Baringin Kecamatan Sipirok Tapanuli Selatan. Ia menjadi mahasiswa IAIN Padangsidimpuan angkatan tahun 2014. Perjuangannya sebagai mahasiswa akhirnya membuahkan hasil yang memuaskan, Ia dinyatakan lulus pada sidang munaqasyah dengan predikat cumlaude dan meraih gelar sarjana ekonomi.

Kehidupan Karmila sebenarnya bukan berasal dari keluarga yang kaya raya. Ia merupakan anak paling bungsu dari 4 bersaudara. Menjadi anak bungsu tidak lantas menjadikannya manja. Ia malah menjadi penyokong bagi ibunya untuk terus berjuang dalam menyekolahkannya. Sehari-hari ibunya berprofesi sebagai guru di Sekolah Dasar dengan penghasilan yang pas-passan padahal saudaranya juga masih melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Hidup dengan banyaknya tanggungan tidak menjadikan ibunya patah semangat, meski berjuang sendirian membesarkan anak-anaknya, karena ia yakin pasti ada rezki yang tidak disangka-sangka.

Keyakinan orangtua Karmila bahwa pentingnya doa dalam setiap usaha yang disertahi hidup hemat ia tularkan kepada Karmila putrinya yang tercinta. Ia banyak memberikan nasehat kepada Karmila agar tidak lupa kepada Allah dengan selalu memanjatkan berdoa agar mendapat keberkahan. Inilah yang menjadi kunci suksesnya karmila dalam menyelesaikan studinya. Nasehat orangtuanya telah menjadikannya pribadi yang giat dan teguh untuk terus berjuang mencapai gelar sarjana.

Selama masa kuliah di IAIN Padangsidimpuan karmila dikenal sebagai pribadi yang sederhana. Ia banyak berdiskusi dengan teman sejawat dan dosen sehingga dapat memahami berbagai konsep-konsep yang benar tentang ekonomi islam. Ia bergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa KSEI Ittihad IAIN Padangsidimpuan. Melalui UKM tersebut ia banyak belajar tentang mengelola event organizer serta ilmu pengetahuan di bidang ekonomi dari seminar, workshop dan berbagai kajian-kajian ilmiah tentang ekonomi. Selain itu ia mengikuti kegiatan FORKASI binaan Zulaikha Matondang sebuah forum mahasiswa dalam membahas berbagai isu-isu ekonomi yang sedang trend. Peningkatan kemampuan akademik ia lakukan dengan mengikuti lomba karya tulis ilmiah di tingkat regional di Medan dan juga mengikuti Musyawarah Regional yang disponsori MES Kota Padangsidimpuan.

Kegigihan dan ketekunannya dalam kuliah mengantarkannya pada pencapaian prestasi yang memuaskan, Ia telah menerima beasiswa berpresta si pada semester ke-5 di tahun 2016. Hal ini tentunya menjadi sangat membantu untuk meringankan biaya kuliahnya. Diskusi dan belajar bersama teman-teman dan konsultasi dengan dosen menjadi strategi untuk mengatasi masalahnya dalam belajar, baik dengan mata kuliah maupun dengan hal finansial. Strategi belajar karmila patut menjadi salah satu alternatif bagi mahasiswa yang ingin sukses menyelesaikan studinya. Selain itu, strategi belajar di era milenial ini dimana mahasiswa harus mampu menggunakan media. Ini menjadikan Karmila lebih giat dalam mencari informasi yang dibutuhkan dalam perkuliahan. Tetapi hal terberat bagi Karmila adalah menyelesaikan tugas akhir kuliah, ini menjadi tantangan tersendiri yang membutuhkan ekstra semangat hingga terkadang terbawa mimpi dengan bimbingan skripsi.

Namun dengan doa dan usaha ia dapat menjalani dengan perjuangan yang berujung pada kebahagiaan. Perjuangan inilah yang menjadikan motto hidupnya lillah tidak akan pernah lelah, dan yakin setiap usaha yang kita lakukan pasti pertolongan Allah akan datang.

 

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id