Gelar Gerakan Literasi Kampus, UPT Pusat Perpustakaan Laksanakan Bedah Buku

Doc Humas, 10/10/18. Foto Bersama Bedah Buku

IAIN Padangsidimpuan, 10/10/18. Sebagai bentuk gerakan literasi kampus dalam melawan berita hoax. UPT Pusat Perpustakaan menggelar kegiatan bedah buku karya Dr. Juni Wati Sri Rizki, MA yang berjudul “Kepemilikan Media dan Ideologi Pemberitaan”. Kegiatan dilaksanakan terbuka untuk semua mahasiswa dan dosen tersebut dilaksanakan di Aula Biro IAIN Padangsidimpuan pada Rabu 10 Oktober 2018.

Yusri Fahmi, Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan Bedah Buku mengungkapkan bedah buku ini merupakan kegiatan bulanan sekaligus sebagai salah satu aspek penting dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu sebagai penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan di IAIN Padangsidimpuan. Kegiatan ini merupakan langkah strategis untuk menggerakkan mahasiswa yang cita buku, literasi kampus dan meningkatkan minat baca bagi semua kalangan akademik IAIN Padangsidimpuan.

Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag, Wakil Rektor Bid. Akademik dan Pengembangan Lembaga dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan pentingnya memahami informasi berita dan memahami ideologi pemberitaan.

“Dalam membaca berita terkadang kita harus lebih teliti dan tidak hanya tekstualnya saja. Tetapi ada ideologi yang terkadung di dalamnya. Melalui bedah buku ini kita semua dapat minat baca, cinta membaca yang merupakan gerakan literasi di kampus kita IAIN Padangsidimpuan” ujar Wakil Rektor tersebut dalam sambutannya.

Sementara itu, Dr. Juni Wati Sri Rizki, MA penulis buku sebagai narasumber dan menghadirkan Barkah Hadamean Harahap, M.I.Kom (Dosen Komunikasi) sebagai panelis I dan Khoirul Iman Hasibuan, M.I.Kom (Ketua PWI Cabang Kota Padangsidimpuan) sebagai Panelis II dengan moderator Arifin Hidayat, M.Pd.I. (dosen BKI di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi). Sebelum buku dibedah oleh dua panelis yang telah hadir, moderator mempersilahkan penulis untuk menceritakan tentang penulisan buku, perjuangan menulis, menerbitkan dan ringkasan isi dari buku “Kepemilikan Media dan Ideologi Pemberitaan”.
“Buku ini merupakan hasil dari penelitian disertasi doktral, awal buku ini merupakan disertasi yang sangat tebal tetapi dipersingkat dan direkonstruksi menjadi monograf dari hasil penelitian. Banyak memang perjuangan dalam mengumpulkan data dan memverfikasi data langsung ke dua perusahaan media di Sumatera Utara. Promotor Disertasi saya juga sangat menginginkan agar karya disertasi tersebut dipublikasikan. Alhamdulillah buku karya saya hari ini telah terpajang pada situs pembelian online terkemuka di Indonesia”. Terang Dr. Juni Wati Sri Rizki,

Barkah Hadamean perspektif akademik memulai pembedahan buku dengan menjelaskan 3 tipologi media sebagai bahan acuan dalam memahami arah pemberitaan suatu media.
“Ada media dengan tipologi pers kuning, pers populer, dan pers berkualitas. Kondisinya objektivitas jurnalistik dipengaruhi dan dilatar belakangi oleh komersial dan profesi sebagai jurnalis harus seimbang. Sama halnya dengan menyikapi berita, media didudukkan bersama, sama halnya dalam buku ini, (karya Dr. Juni Wati) beliau telah mendudukkan dua media besar melalui penelitian dengan pendekatan analisis wacana kritis. Inilah yang menjadikan isi dari buku ini menjadi menarik”. Terang Barkah.

Koirul Iman panelis II melihat sisi mentalitas kritis terhadap media. Ia memberikan apresiasi kelugasan penulis dalam memilih kata-kata yang tegas. “Menurut saya penulis, bu Dr. Juni Wati, merupakan penulis yang sangat berani, lugas, dan tegas, karena telah mampu memberikan kritis terhadap media. Sambil menyebutkan berbagai halaman-halaman yang memuat kelugasan bahasa dalam buku karya Dr. Juni Wati.

Kegiatan tersebut belangsung dengan antusias para peserta banyak bertanya dan saling berdiskusi dengan dipandu oleh Arifin Hidayat. Tidak hanya sebatas bedah buku, UPT Pusat Perpustakaan juga membuka Bazar Buku di Aula Biro IAIN Padangsidimpuan yang memanjakan para peserta yang hadir untuk mengenal buku-buku baru.

Doc. Humas, Suasana Peserta Bedah Buku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.