10 Pengelola Jurnal IAIN Padangsidimpuan Menghadiri Workshop Percepatan Akreditasi Jurnal Kemenristekdikti

10 Pengelola Jurnal IAIN Padangsidimpuan Menghadiri Workshop Percepatan Akreditasi Jurnal Kemenristekdikti

Dok.Humas: Pengelola Jurnal dari IAIN Padangsidimpuan begitu antusias mengikuti arahan dari narasumber di Workshop (Hotel Alpha, Pekanbaru)

Kamis (20/06/2019). Dalam rangka menunjang percepatan akreditasi jurnal, Pengelola Jurnal IAIN Padangsidimpuan mengikuti Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal di Hotel Alpha, Pekanbaru pada tanggal 17 – 19 Juni 2019. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Riset Teknologi  dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan bekerjasama dengan RJI (Relawan Jurnal Indonesia) dan Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru ini bertujuan melakukan asistensi bagi jurnal-jurnal yang ada di Indonesia untuk percepatan akreditasi jurnal di seluruh Indonesia, dengan membagi ke dalam beberapa sektor, misal sektor Pekanbaru, Padang, Bandung, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan tersebut, IAIN Padangsidimpuan yang terus concern dalam menembangkan kualitas instansi juga segala elementnya, telah mengutus 10 orang pengelola jurnalnya. Mereka yang diutus untuk mengikuti kegiatan ini adalah pengelola jurnal masing-masing, yakni 1) Dr. Zul Anwar Ajim Harahap, MA. (Jurnal Fitrah), 2) Ardi Oktapian, S.Pd.I. (Jurnal Tazkir), 3) Sri Rahamdahni Siregar, M.Pd. (Jurnal English Education), 4) Diyah Choiriyah, M.Pd. (Jurnal Logaritma), 5) Hendra Gunawan, MA. (Jurnal Al-Maqasid), 6) Syawaluddin Siregar, MA. (Jurnal Yurisprudentia), 7) Delima Sari Lubis, M.Si. (Jurnal At-tijarah), 8) Zulaikha Matondang, M.E.I. (Jurnal Al-MAsharif), dan 9) Dr. Sholeh Fikri, M.A. dan 10) Arifin Hidayat, M.A. (Jurnal At-Taghyir).

Dr.Zul Anwar Ajim Harahap,MA selaku Ketua LPPM IAIN Padangdisimpuan, disela-sela acara pembukaan Workshop mengatakan, “Kita berterimakasih kepada seluruh civitas akademika IAIN Padangsidimpuan, terutama Rektor yang terus mendukung peningkatan dan percepatan penerbitan karya ilmiah melalui jurnal,  penerbitan karya ilmiah dosen, memotivasi percepatan akreditasi bagi jurnal-jurnal yang ada di IAIN Padangsidimpuan,” ujar Zul Anwar Ajim kepada Humas IAIN Padangsidimpuan melalui selularnya.

Harapan serupa juga diungkapkan Eka Sustri Harida,M.Pd. “Dengan penyajian juga paparan materi dari narasumber tentang  asistensi pengelolaan jurnal, bedah jurnal, penilaian jurnal, dan submit  akreditasi pada Lembaga Akreditasi Jurnal kemenristekdikti, ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional), diharapkan memberikan manfaat dan effect positif bagi keberadaan jurnal di IAIN Padangsidimpuan,” ujarnya.

Kepala Pusat Penelitian (Kapuslit) LPPM IAIN Padangsidimpuan ini juga mengungkapkan bahwa, 9 (sembilan) jurnal yang telah lolos leleksi untuk mengikuti kegiatan tersebut ,dari 18 jurnal yang diusulkan. Jurnal-jurnal yang lolos untuk mengikuti kegiatan workshop tersebut adalah Fitrah dan Tazkir (LPPM); English Education Journal (EEJ) dan Logaritma (Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan), Yurisprudentia dan Al-Maqasid (Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum), At-Tijarah dan Al-Masharif (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam), dan  At-Taghyir (Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi).

“Kegiatan assistensi juga dilakukan di Rumah Jurnal IAIN Padangsidimpuan dengan website http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/, hal ini dilakukan dalam rangka klinik jurnal bagi jurnal-jurnal yang membutuhkan pendampingan, salah satunya memberikan dorongan dan motivasi bagi terkelolanya jurnal dengan baik menuju jurnal yang terakreditasi,”pungkasnya kepada Humas IAIN Padangsidimpuan. (humas/trg)

Dok.Humas: Para peserta dan Tamu Undangan dari Kemenristekdikti RI di acara pembukaan Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal di Hotel Alpha, Pekanbaru.

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id

%d bloggers like this: