Dakwah di Bulan Ramadhan UKM HADITS Laksanakan Takjil On The Road
 /  Berita / Mahasiswa / Dakwah di Bulan Ramadhan UKM HADITS Laksanakan Takjil On The Road
Dakwah di Bulan Ramadhan UKM HADITS Laksanakan Takjil On The Road

Dakwah di Bulan Ramadhan UKM HADITS Laksanakan Takjil On The Road

[su_slider source=”media: 2984,2983,2982,2980,2978″]

Galeri Kegiatan UKM-HADITS

Kamis 31/05/2018. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Himpunan Mahasiswa dan Motivasi Islam atau lebih dikenal dengan UKM HADITS turun ke jalan membagikan takjil di kota Padangsidimpuan mulai dari awal Ramadhan 1439 H. Kegiatan yang mengangkat tema Takjil On The Road merupakan ide dan gagasan dari mahasiswa-mahasiswi yang ikut dalam UKM HADITS. Ada beberapa program yang dijalankan UKM HADITS selama Ramadhan ini yakni Uang Berkah; program yang mengumpulkan sumbangan dari donatur yang ingin menyumbang dan berbagai rezki. Banyak dari kalangan mahasiswa dan dosen yang ikut berpartisipasi menyumbang dalam bentuk uang, baju layak pakai, dan sembako.

Program unggulan yang menjadi ikon dari kegiatan ini adalah TOR atau Takjil on The Road, Program ini adalah cara berdakwah dan memotivasi siapa saja agar tetap teguh menjalankan puasa selama bulan ramadhan. Hal ini dilaksanakan dalam bentuk pembagian takjil (makanan berbuka puasa) di jalanan. Pembagian takjil ini dilaksanakan oleh mahasiswa-mahasiswi dari UKM HADITS di berbagai jalan di Kota Padangsidimpuan. Mereka menaiki kenderaan melihat para pemarkir, pedagang yang sedang menunggu angkot, petugas kebersihan, atau siapa saja yang ada di jalan, sepanjang jalur yang dilewati. Tidak hanya TOR tetapi untuk meningkatkan pengetahuan keagamaan peserta yang ikut serta dalam kegiatan UKM HADITS juga melaksanakan Pesantren Ramadhan di Kampus IAIN Padangsidimpuan.

Selain itu, ada pengajian yang rutin dilaksanakan yakni KAROMAH (Kajian Romadhon Mahasiswa) yang dilaksanakan sekali dalam seminggu di Sektretariat UKM Hadits. Kajian ini membahas berbagai masalah-masalah tentang dakwah, syariah dan hal-hal yang berkaitan dengan etika, moral dan pendidikan. Narasumber yang diundang adalah merupakan pegawai dan dosen-dosen yang secara sukarela membagi waktunya, seperti Muhammad Rafki, SHI, Kasubbag Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni,  Wakil Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Dr. Muhammad Rafiq, MA, Dosen Senior Bidang Filsafat Islam, Drs. H. Irwan Saleh Dalimunthe, M.A, Dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Arifin Hidayat, S.Sos.I, M.Pd.I, dan berbagai dosen yang sesuai dengan bidang kajiannnya.

Ketua UKM-HADITS IAIN Padangsidimpuan, Dwi Purwanto menjelaskan: “Kegiatan-kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran moral sosial dalam mengisi momentum bulan Ramadhan dengan mengharapkan keberkahan dari Allah Swt. Kita dari UKM-HADITS ingin mengajak orang-orang di sekitar kita, terutama teman-teman mahasiswa, dosen, dan masyarakat agar berbagi keberkahan di bulan suci ini. Untuk itu kita buat program yang sesuai dengan hal tesebut. Kita Berharap bahwa melalui progam ini, syiar dakwah Islam melalui kebaikan dapat terlaksana hingga meningkatkan keimanan kepada Allah Swt”. Terang Dwi, yang tercatat sebagai mahasiswa aktif semester VI di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Kasubbag Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama, Muhammad Rafki, SHI mendukung penuh program kegiatan kemahasiswaan khususnya kegiatan yang diselenggarakan oleh UKM HADITS. “Unsur pimpinan memiliki keyakinan bahwa program seperti inilah yang dapat membangun brand dari kampus IAIN Padangsidimpuan sebagai kampus yang cerdas dan berintegritas. Jadi kita dari Kemahasiswaan akan terus memberikan motivasi untuk menumbuhkembangkan minat dan potensi mereka melalui kegiatan ini, sehingga melahirkan kreativitas nyata dalam rangka modal pengetahuan mereka di masa mendatang. Inilah yang kita harapkan dari output kegiatan ini”. Terangnya kepada Humas IAIN Padangsidimpuan.

Beliau juga mengharapkan agar berbagai kegiatan kemahasiswaan ini terus ditingkatkan tidak hanya pada lingkungan civitas akademik saja tetapi juga dapat menyentuh lapisan masyarakat, khususnya di kota Padangsidimpuan. “Kita berharap hal seperti yang dilaksanakan UKM HADITS menjadi contoh yang baik bagi semua UKM dan Lembaga Kemahasiswaan Lainnya serta seluruh civitas akademik bahwa kegiatan kemahasiswaan sebagai bentuk penerapan tri dharma peguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat, tidak hanya di lingkungan kampus tetapi dapat dilaksanakan di luar kampus, tentunya dengan membawa nama baik almamater IAIN Padangsidimpuan”, Imbuhnya.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan UKM HADITS sebagai bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa telah dikemas oleh Panitia UKM HADITS dalam sebuah video dokumentasi yang diunggah di Channel Youtube Humas IAIN Padangsidimpuan berikut ini.

[su_youtube_advanced url=”https://youtu.be/MyHan5IXh8E”]

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan Dengan Motto: "Cerdas dan Berintegritas"

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id

Kategori

  • Akademik
  • Administrasi Umum
  • Layanan Fakultas
  • Program Studi
  • Beasiswa
  • Kemahasiswaan
  • Lembaga dan UPT
  • Penelitian
  • Jurnal Dosen

Link Penting

  • UPT Perpustakaan
  • LPPM
  • LPM
  • SATGAS SPI
  • Humas
  • Mah'had Jami'ah
  • SEMA dan DEMA
  • UKM dan UKK
  • Lembaga Bahasa

download free uapkmod,action game apk mod, android apps apk mod