HMJ Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan Mengadakan Kunjungan Studi ke UIN Imam Bonjol

HMJ Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan Mengadakan Kunjungan Studi ke UIN Imam Bonjol

Doc FDIK. Rombongan HMJ Manajemen Dakwah FDIK IAIN Psp

Rabu, 24/10/2018. Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen Dakwah IAIN Padangsidimpuan melakukan kunjungan studi ke UIN Imam Bonjol Padang pada 24-28 Oktober 2018 kemarin. Kunjungan studi ini dimaksudkan untuk menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan.

Dalam hal ini, bapak Ali Amran, M.Si, Zilfaroni, M.A dan Armansyah Lubis, MM dalam kunjungan studi ini mengharapkan mahasiswa bisa bertukar informasi dan melihat langsung bagaimana kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang yang dikunjungi, khususnya yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah. Peserta studi yang ikut serta dari HMJ FDIK berjumlah 11 orang, terdiri dari 9 mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah berangkat dari kampus IAIN Padangsidimuan pada hari Rabu 24 Oktober 2018 dengan menumpang 2 (dua) mobil menuju kampus UIN Imam Bonjol Padang. Rombongan dipimpin oleh Bapak Zilfaroni, MA dan Bapak Ali Amran,M.Si. dan Bapak Armansyah Lubis,MM dan rombongan mahahasiswa dipimpin oleh Ketua HMJ Manajemen Dakwah terpilih Saudari Afrilia Mira Hasibuan.

Rombongan mahasiswa dari FDIK IAIN Padangsidimpuan disambut langsung oleh Ketua Jurusan Manajemen Dakwah UIN Imam Bonjol Padang. Agenda kegiatan kunjungan meliputi kegiatan menghadiri acara milad FDIK UIN Padang yang ke 49 yang sedang digelar di auditorium FDIK UIN Padang. Kemudian pada sore harinya sekitar pukul 16.30 WIB rombongan kunjungan studi dari IAIN Padangsidimpuan mengadakan temu ramah dengan civitas akademika FDIK UIN Imam Bonjol Padang.

Doc FDIK. Menghadiri Acara Milad FDIK UIN Imam Bonjol Padang

“Meskipun disela-sela kesibukan aktivitas kampus, pada acara temu ramah Dekan FDIK UIN Padang Bapak Dr. Wakidul Kohar, beserta para Wakil Dekan II dan Wadek III serta Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan Manajemen Dakwah masih tetap hadir untuk memberikan sambutan yang hangat. Ini merupakan kehormatan bagi kami rombongan dari IAIN Padangsidimpuan”. Ucap Ali Amran, M.Si dalam menceritakan pengalamannya.

Lebih lanjut Zilfaroni, M.A menjelaskan bahwa dalam pertemuan tersebut Dr. Wakidul Kohar, Dekan FDIK UIN Padang menyambut baik kunjungan studi dari FDIK IAIN Padangsidimpuan serta mengapresiasi kegiatan kunjungan studi tersebut.
“Rombongan yang datang dari IAIN Padangsidimpuan, merupakan pengurus HMJ Manajamen Dakwah yang baru terpilih, tentu kegiatan seperti ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Selain itu dekan menjelaskan bahwa fakultasnya sedang fokus mengadakan peringatan milad FDIK UIN Imam Bonjol Padang yang ke 49 yang cukup meriah dan disupport penuh oleh organisasi alumni FDIK UIN Padang.” terang Zilfaroni.

Dalam sambutan Kajur Manajemen Dakwah FDIK UIN Imam Bonjol Padang sedang mengadakan kegiatan perdana sertifikasi penyelenggara bimbingan Ibadah haji dan baru dipercaya oleh Kemenag RI melalui Direktorat Haji dan Umroh untuk mensertifikasi pembimbing ibadah haji. Menurut beliau (Kajur Manajemen Dakwah FDIK UIN Imam Bonjol) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan juga punya kans menjadi penyelenggara sertifikasi pembimbing haji melalui Jurusan Manajemen Dakwah-nya sebagaimana di FDIK UIN Imam Bonjol Padang, bisa mendapat kepercayaan dari Kementerian Agama, maka FDIK IAIN Padangsidimpuan juga harus bisa harapnya. Pertemuan diakhiri dengan dialog dan diskusi antara rombongan kunjungan studi dari IAIN Padangsidimpuan dan civitas akademika FDIK UIN Imam Bonjol Padang serta foto bersama.

Doc FDIK. Temu Ramah Rombongan FDIK IAIN Padangsidimpuan dengan Unsur Pimpinan FDIK UIN Imam Bonjol Padang

Pada hari kedua kunjungan studi FDIK IAIN Padangsidimpuan mengunjungi salah satu bentuk nyata dari pemberdayaan ekonomi kerakyatan, yaitu kewirausahaan melalui ternak lele organik yang digalang oleh Anwar Syarkawi, dosen UIN Imam Bonjol Padang.

“Usaha ternak lele organic dengan menggunakan metode MG maksimum grow, dengan keunggulan beternak lele yang higenis tidak identik dengan lingkungan yang jorok, memiliki waktu panen yang relative singkat, dan tidak memerlukan tempat yang luas, bahkan bisa dibuat di pekarangan rumah. Usaha ternak lele organik tersebut sudah cukup berkembang khususnya di Kota Padang, maka hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif usaha sebagai bentuk real dari kewirausahaan, khususnya bagi para mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah” Papar Anwar Syarkawi kepada romnbongan FDIK IAIN Padangsidimpuan.

Doc FDIK. Romobongan dalam Kunjungan Studi Salah Satu agenda Kewirausahaan di Peternakan Lele Organik bersama Pemilik Peternak Lele Organik

Lebih lanjut Anwar Syarkawi menjelaskan bahwa seluruh proses yang dilaksanakannya dalam beternak lele organic secara lengkap kepada rombongan FDIK IAIN Padangsidmpuan, dan beliau siap diundang ke Kampus IAIN Padangsidimpuan jika ada mahasiswa yang tertarik dengan usahanya tersebut. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan menyantap lele hasil ternak seara organik yang sudah disediakan sebagai bahan pembuktian nyata bagi peserta kunjungan studi tersebut. Para rombongan dan Ketua HMJ Manajemen Dakwah Afrilia Mira Hasibuan memberikan komentar bahwa  lele organik memang sungguh jauh berbeda dengan lele yang dikonsumsi selama ini yang punya imej kurang baik di kalangan masyarakat yakni lele yang identic dengan kekurang higenisannya.

Doc FDIK. Foto Bersama Rombongan FDIK

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ALAMAT KAMPUS

Kantor Biro Rektorat IAIN Padangsidimpuan di Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733. Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id

Kategori

  • Akademik
  • Administrasi Umum
  • Layanan Fakultas
  • Program Studi
  • Beasiswa
  • Kemahasiswaan
  • Lembaga dan UPT
  • Penelitian
  • Jurnal Dosen

Link Penting

  • UPT Perpustakaan
  • LPPM
  • LPM
  • SATGAS SPI
  • Humas
  • Mah'had Jami'ah
  • SEMA dan DEMA
  • UKM dan UKK
  • Lembaga Bahasa