Mengejar Kualitas dengan Peningkatan Kapasitas Academic Writing, Submit Journal dan Pengabdian Berbasis Riset

Mengejar Kualitas dengan Peningkatan Kapasitas Academic Writing, Submit Journal dan Pengabdian Berbasis Riset

Dr. H. Zul Anwar Ajim Harahap, MA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Padangsidimpuan

Berawal dari sebuah harapan bersama untuk menjadikan IAIN Padangsidimpuan sebagai mercusuar dan garda terdepan, melalui pendidikan dan pengajaran yang integratif dalam kajian ilmu-ilmu keislaman, ilmu-ilmu sosial, dan humaniora yang inter-konektif/multidisipliner dalam bingkai keilmuan, keislaman, keindonesiaan, dan kearifan lokal menuju Universitas Islam Negeri tahun 2024.

[vc_hoverbox image=”7027″ primary_title=”” hover_title=”” shape=”square”][/vc_hoverbox]

Catatan Penulis:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) pada perguruan tinggi Islam bertanggung jawab meningkatkan kemampuan penelitian dan pengembangan serta pengabdian pada masyarakat sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

Untuk memenuhi harapan ini tentunya harus tetap mengacu kepada mimpi besar Pergurun Tinggi ini, yakni mewujudkan visi menjadi institusi pendidikan Islam yang integratif dan berbasis riset untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan keilmuan, keislaman, keindonesiaan, dan kearifan lokal yang interkonektif.

Tentunya visi besar tersbut membutuhkan berbagai kegiatan-kegiatan dan program-program unggulan untuk meraihnya yang dilakukan oleh berbagai bidang atau unit baik fakultas maupun lembaga. LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) IAIN Padangsidimpuan pun berusaha untuk melaksanakan beberapa kegiatan unggulan dalam mewujudkan visi tersebut yang menjadi wewenangnya yakni dua dharma pendidikan, yakni peneltian dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah untuk melaksanakan misi Perguruan Tinggi pada poin 2 yakni Mengembangkan ilmu-ilmu keislaman, ilmu-ilmu sosial, dan humaniora dengan pendekatan inter-konektif.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Padangsidimpuan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang diharapkan dapat menjembatani munculnya gairah meneliti di kalangan Dosen selaku peneliti, laboran, sekaligus dapat berfungsi sebagai lahan pelatihan untuk melahirkan karya-karya yang dapat dibanggakan secara ilmiah. Mengingat selama ini banyak potensi untuk direalisasikan sebagai karya penelitian namun tidak dipublikasikan dengan baik.

Perguruan Tinggi  sebagai salah satu  unsur kelembagaan dalam  sistem nasional penelitian, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi berfungsi membentuk sumber daya manusia ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam melaksanakan fungsinya LP2M bertanggung jawab meningkatkan kemampuan penelitian dan pengembangan serta pengabdian pada masyarakat sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Berkaitan dengan hal di atas, salah satu tujuan pendidikan tinggi sesuai  dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Bab I pasal 5 poin c, yaitu dihasilkannya ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora agar bermanfaat bagi kemajuan bangsa, serta kemajuan peradaban dan kesejahteraan umat manusia.

Selanjutnya dalam mewujudkan capaian penelitian di Lingkungan IAIN Padangsidimpuan maka dilakukan berbagai hal, yakni :

Penelitian yang diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa yang dilakukan oleh civitas akademika sesuai dengan otonomi keilmuan dan budaya akademik dan berdasarkan jalur kompetensi dan kompetisi.

Hasil-hasil penelitian yang dilakukan dosen disusun dan dibukukan. Hal ini dimaksudkan agar dapat dipublikasikan, sehingga berdampak pada penngkatan rank IAIN Padangsidimpuan. Pelaksanaan kegiatan penelitian yang telah diselenggarakan di IAIN Padangsidimpuan dilakukan melalui sistem yang dibangun oleh kementerian Agama, yakni sistem Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SIMLITABDIMAS).

Pelaksanaan penelitian melalui sistem tersebut diawali dengan pembuatan akun maing-masing peneliti sebagai jendela masuk peneliti untuk mengajukan proposal penelitian yang diajukan. Selanjutnya dilakukan proses input data proposal masing-masing peneliti dan dilanjutkan proses review oleh reviewer yang sudah ditetapkan oleh Rektor dalam sebuah keputusan penetapan Reviewer proposal penelitian dan keluaran penelitian. Setelah dilakukan review maka dilakukan penetapan peneliti oleh pimpinan perguruan tinggi. Kemudian pelaksanaan penelitian oleh para penelti pun dilakukan dengan mengikuti panduan juknis yang dikeluarkan oleh Kementerian dan dirinci dengan panduan penelitian yang diterbutkan oleh LP2M.

Untuk mengawal mutu penelitian, masing-masing peneliti didampingi oleh reviewer dalam pelasksanaan penelitiannya pada setiap pertengahan penelitian maka para peneliti melaporkan perkembangan penelitiannya dalam kegiatan Laporan Antara dan seterusnya didampingi pada Laporan Akhir. Pada Laporan Akhir, peneliti harus melaporkan hasil penelitiannya dan laporan penggunaan dana masing-masing peneliti.

Setelah itu dilakukan maka hasil penelitian ini selanjutnya  wajib disusun menjadi sebuah artikel yang siap dipublikasikan pada jurnal sesuai dengan tingkat permintaan penelitian yang bersangkutan, mulai dari terindeks Moraref sampai jurnal terakreditasi bahkan jurnal yang terindeks Scopus.

Penelitian tahun 2018 ini dibagikan kepada lima kluster penelitian, yaitu:

Kluster Penelitian Pembinaan/Peningkatan Kapasitas
Kluster Penelitian Dasar Pengembangan Program Studi
Kluster Penelitian Dasar Interdisiplinear.
Kluster Penelitian Terapan dan Pengembangan Perguruan Tinggi
Kluster Penelitian Terapan dan Pengembangan Nasional.

LP2M IAIN Padangsidimpuan siap menjadi partner dalam memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat melalui penelitian dan pengabdian yang berkualitas dan pengembangan yang visioner, fungsional dan adaptif. LP2M IAIN Padangsidimpuan senantiasa mempertahankan jati dirinya sebagai lembaga yang handal dan terpercaya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan ilmu pengetahuan, sosial, budaya, pendidikan, ekonomi, hukum, politik dan teknologi, di samping bidang keagamaan. Hal ini diwujudkan melalui,  Penelitian dan pengabdian masyarakat serta pengembangan dalam tataran normatif-doktrinal, Diseminasi hasil penelitian melalui berbagai media kepada masyarakat luas.

LP2M juga serius mengupayakan peningkatan publikasi ilmiah dalam meningkatkan dan perbaikan kualitas. Kemenristekdikti menyoroti kita soal publikasi ilmiah dan akreditasi yang masih tertinggal jauh dari PTU.  Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menetapkan indikator kemajuan ilmu pengetahun berdasarkan publikasi hasil penelitian dan aplikasinya dalam masyarakat. PTKIN masih berada jauh dari PTUN terutama dalam publikasi internasional dan akreditasi.  Untuk itulah LP2M IAIN Padangsidimpuan mendorong dan membangun komitmen dan berbenah mengejar ketertinggalan dari aspek kualitas dimaksud. Demikian juga membangun framing dengan mendukung kualitas.

LP2M dalam mewujudkan visi IAIN Padangsidimpuan juga berusaha untuk menjadikan LP2M menjadi lembaga pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkarakter Islam dengan pendidikan yang integratif dan wawasan keilmuan yang inter-konektif.

Disamping kegiatan-kegiatan dan inovasi-inovasi di atas, LP2M melakukan pengembangan kajian tentang ilmu-ilmu keislaman, ilmu-ilmu sosial, dan humaniora dengan pendekatan inter-konektif, pengembangan sumber daya manusia dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berskala nasional dan atau bereputasi internasional. mengembangkan manajemen serta sistem informasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Mengembangkan budaya Penelitian dengan framework integrasi keilmuan dan keislaman di kalangan dosen dan mahasiswa melalui penguatan (reinforcement) keterampilan dan wawasan sumber daya peneliti berparadigma integrasi dan interkoneksi;
Mengembangkan prioritas tema penelitian yang bermuara pada penguatan ilmu pengetahuan kawasan keilmuan fakultas dengan tetap berpijak pada paradigma intergratif;
Mengembangkan agenda publikasi dan sitasi karya ilmiah dilingkungan nasional, regional, dan internasional melalui penerbitan buku, karya ilmiah, diseminasi, dan pameran hasil-hasil penelitian.
Mengembangkan program-program pemerolehan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) terhadap hasil penelitian dalam berbagai disiplin keilmuan;
Mengembangkan kajian keilmiahan berorientasi pada pengembangan UIN tahun 2014.

Pengembangan-pengembangan yang telah dilakukan oleh LP2M IAIN Padangsidimpuan untuk mencapai kualitas yang dicita-citakan melakukan berbagai workshop terkait dengan penelitian, publikasi dan gender.  Pertama, LP2M melaksanakan Bimtek Penelitian BOPTN yang dilaksanakan pada Bulan Agustus 2018, dengan menghadirkan narasumber dari pusat yakni, Dr, Mahrus, M.Ag dan Dr. Zaenuddin dari IAIN Pontianak yang keduanya memiliki kapasaitas yang tepat untuk memberi sugesti bagi para dosen dan peneliti. Dalam bimtek ini para peneliti dibimbing untuk melaksanakan penelitian yang bermutu sampai bimbinbgan pada pembuatan artikel yang berkualitas sampai cara submit ke jurnal terindeks Scopus.

Kedua, Melaskanakan Workshop terhadap pengabdian kepada  masyarakat dengan focus pada pendampingan masyarakat berdasarkan PAR, ABCD, dan SL dan lainnya untuk memberikan pemahaman yang utuh terhadap bagaimana melakukan pengabdian dengan baik berdasarkan riset. Dalam kegiatan ini dihadirkan narasumber dari UIN Sunan Ampel Surabaya, yaitu Syamsul Huda, dan Hadi. Kedua narasumber ini adalah orang yang mumpuni dalam bidang pengabdian kepada masayarakat yang sudah bekerjasama dengan Negara luar dalam bidang pengabdian kepada masayarakat.

Ketiga, melaksanakan worshop peningkatan mutu penelitian gender yang dilaksanakan pada 18 sampai 20 Oktober dengan menghadirkan narasumber dari UGM Yogjakarta dan UIN Imam Bonjol Padang. Pelaksanaan ini dilakukan untuk mengenjot munculnya penelitian-penelitian yang terkait dengan isu-isu gender dan anak.

Keempat, melakukan workshop pengelolaan Jurnal. Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih para pengelola jurnal yang ada di lingkungan IAIN Padangsidimpuan, Kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat mutu jurnal yang ada dan dalam rangka mendorong setiap jurnal yang ada untuk melakukan pengelaolaan sesuai standar OJS yang pada akhirnya akan mewujudkan usaha pengakekreditasian jurnal.

Dalam bidang Pengabdian kepada Masyarakat, LP2M IAIN Padangsidimapuan memiliki tanggung jawab pengabdian masyarakat yaitu Program ppelaksanaan KKL tahun 2018 dengan dua bentuk, yaitu KKL internal dan KKL nusantara. Dalam pelaksanaan KKL Nusantara bekerjasama dengan IAIN Batusangkar dengan cara tukar menukar peserta untuk berbagi pengalaman di anatara peserta sebanyak 10 orang peserta KKL mengikuti kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh IAIN Batusangkar dan begitu sebaliknya.

Kegiatan pengabdian berikutnya adalah Pengembangan Kelembagaan Desa Binaan. Program ini dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab dan mengandung makna ganda; yakni selain mendukung pemerintah daerah dalam pembangunan masyarakat juga dalam rangkaian sosialisasi IAIN Padangsidimpuan untuk mendapatkan input yang lebih maksimal. Adapun tujuan kegiatan pengabdian masyarakat desa binaan ini adalah:

Meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran Islam di kalangan masyarakat untuk dapat mendukung cita-cita dan aspirasi pembangunan.
Meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat agar dapat mengembangkan sumber mata pencarian dan pendapatan mereka.
Meningkatkan kadar kesehatan keluarga dan masyarakat, pembinaan lingkungan dan perumahan sehat untuk mengembangkan kebanggaan mereka terhadap desanya.
Meningkatkan aktivitas belajar masyarakat sebagai upaya mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam realisasi program pengembangan kelembagaan desa binaan, maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat melakukan beberapa tahap, antara lain:

Tahap Analisis dan Persiapan. Pelaksanaan program meliputi survey lokasi, inventarisir kebutuhan, seleksi lokasi dan seleksi petugas lapangan.
Tahap Realisasi. Tahap realisasi meliputi pengutusan petugas lapangan ke lokasi desa binaan dan pelaksanaan program-program yang sudah direncanakan, konsultasi dan evaluasi dengan pemerintah desa setempat dan pemeriksaan kegiatan oleh panitia.
Tahap Pemanfaatan. Setelah melalui tahap realisasi, maka diadakan evaluasi kegiatan dan pelaporan setelah waktu yang ditetapkan berakhir.

Salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan Kegiatan Pengembangan Kelembagaan Desa Binaan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan memusatkan kegiatannya dari Pemberdayaan Masjid dan Madrasah yang berada di Lokasi Desa Binaan.

Mengembangkan kebijakan terkait dengan implementasi program pengabdian kepada masyarakat yang dirumuskan secara terencana dan aspiratif dalam rangka pencapaian VISI, MISI, dan TUJUAN perguruan tinggi;

Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan memecahkan persoalan sosial yang dihadapi;

Memperkuat pelibatan mahasiswa dalam kinerja praktis di lapangan dosen dan/atau kelompok dosen yang langsung terjun ke lapangan;

Memperkuat keterkaitan antara perguruan tinggi dengan pihak pemerintahan dan swasta dalam rangka menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Program-program tersebut sudah terlihat hasilnya sedikit demi sedikit, yakni munculnya penelitian-penelitian yang mengarah pada standar yang baik, mulai muncul artikel-artikel yang terindeks scopus, saat ini sudah memiliki 3 artikel terindeks scopus, yang sebelumnya masih satu buah. Tentu keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan pimpinan terkhusus Rektor IAIN Padangsidimpuan Bapak Prof. Dr. Ibrahim Siregar, dan para wakil rektor.

Tags:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id

%d bloggers like this: