Penyembelihan Hewan Qurban ‘Idul Adha 1440 H di IAIN Padangsidimpuan

Penyembelihan Hewan Qurban ‘Idul Adha 1440 H di IAIN Padangsidimpuan

Dok.Humas: Dr.H.Sumper Mulia Harahap,M.Ag (Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama) berfoto bersama Pimpinan dan pegawai BSM Padangsidimpuan saat proses penyembelihan hewan qurban.

Senin (12/08/2019). Hari ini tepatnya tanggal 11 Dzulhijjah 1440 H / 12 Agustus 2019, pukul 07.30 WIB, civitas akademika IAIN Padangsidimpuan mengadakan penyembelihan hewan qurban. Kegiatan yang diketuai oleh Dr.H.Zul Anwar Ajim Harahap,M.Ag ini memang merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya. Menurut Zul Anwar, hewan qurban yang akan disembelih pada tahun ini berjumlah 7 ekor sapi. Ada enam sapi yang merupakan hewan qurban dari civitas akademika (dosen/pegawai IAIN Padangsidimpuan) dan satu ekor berasal dari Bank Syari’ah Mandiri cabang Padangsidimpuan.

Rektor IAIN Padangsidimpuan yang diwakili oleh Dr.H.Muhammad Darwis Dasopang,M.Ag  menyatakan bahwa kegiatan qurban ini merupakan ritual agama yang sarat akan nilai-nilai pengabdian, hablumminallah & hablumminannas.

“Pada hari ini kita civitas akademika akan menyembelih hewan qurban kita sebagai implementasi dari keta’atan dalam menjalankan syari’at Islam. Selanjutnya akan kita distribusikan kepada masyarakat di sekitar IAIN Padangsidimpuan,” ujar Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga tersebut.

Beliau juga mengapresiasi Bank Syari’ah Mandiri cabang Padangsidimpuan yang terus menjalin hubungan harmonis dengan IAIN Padangsidimpuan.

Sementara itu, Chalid Syaifullah selaku Pimpinan Cabang BSM Kota Padangsidimpuan turut bangga berpartisipasi dalam kegiatan penyembelihan hewan qurban di IAIN Padangsidimpuan. Harapan beliau semoga BSM dapat terus bersinergi dengan IAIN Padangsidimpuan sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Islam Negeri di kota Padangsidimpuan.

“Kita (BSM;red) berharap agar hubungan antara Bank Syari’ah Mandiri cabang Padangsidimpuan terus meningkat dengan IAIN Padangsidimpuan, tidak hanya sebatas mitra bisnis, namun juga kita berharap dapat berkembang kepada kegiatan-kegiatan pembentukan karakter juga amal – amal solih lainnya. Antara lain, seperti penyembelihan hewan qurban yang telah kita laksanakan hari ini. Semoga BSM semakin maju dan IAIN Padangsidimpuan semakin terus jaya dalam menciptakan peradaban di negeri ini,” ungkap Chalid Syaifullah kepada Humas IAIN Padangsidimpuan.

Menurut Hidayaturrahman,S.Sos yang turut dalam prosesi penyembelihan, pemotongan sampai dengan pendistribusian qurban tersebut menjelaskan bahwa acara berjalan lancar. Penyembelihan serta pendistribusian daging qurban telah sesuai dengan syari’at dan etika berqurban.

“Alhamdulillah, pada tahun ini kita bisa melaksanakan penyembelihan hewan qurban dengan lancar. Ini merupakan bukti syukur kita atas nikmat yang telah diberikan ALLAH SWT. Banyak nilai yang kita dapatkan saat berqurban, antara lain adalah indahnya berbagi kepada sesama. Semoga pada tahun depan, kita bisa menambah hewan qurban lebih banyak lagi dengan cara adanya koordinasi di masing-masing unit atau lembaga atau pun fakultas di IAIN Padangsidimpuan,” pungkas Kabag Tata Usaha Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan.

Dalam catatan Humas, civitas akademika IAIN Padangsidimpuan juga telah melaksanakan Sholat ‘Idul Adha kemarin (11/08) di halaman parkir biro, dengan H.Nurfin Sihotang,Ph.D sebagai Khatibnya. (humas/trg)

Dok.Humas: Proses pelaksanaan Sholat ‘Idul Adha 1440 H di lapangan parkir biro IAIN Padangsidimpuan, (Ahad;11/08).

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ayo Berlangganan

Recent Posts

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id