Sumper Mulia Harahap: Dukung Pembinaan Mahasiswa Penerima Bidikmisi

Sumper Mulia Harahap: Dukung Pembinaan Mahasiswa Penerima Bidikmisi

Rabu (27/02/2019). Jumlah kuaota beasiswa Bidikmisi di IAIN Padangisidmpuan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, tercatat tahun 2019 sebanyak 439 mahasiswa telah menerima bidikmisi. Hal ini diungkapkan oleh Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama disela-sela kegiatan Evaluasi Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) I. Peningkatan Penyelenggaraan Bidikmisi dan Program Kemahasiswaan 2019 diselenggarakan pada tanggal 25-27 Februari 2019 di UIN Sumatera Utara dan diikuti oleh 23 PTKIN se-Sumatera. Dalam kegiatan tersebut Safriansyah Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan, Direktorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama menjelaskan bahwa mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi harus dikembangkan segala potensi dan kemampuannya melalui berbagai ajang kreativitas dan inovasi sebagaimana dimuat dalam laman pendis.kemenag.go.id

Suasana Foto Bersama Wakil Rektor III PTKIN Se-Sumatera

Ia juga menerangkan bahwa mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi tidak diberikan begitu saja tanpa ada pembinaan dan evaluasi bagi mahasiswa yang bersangkutan. “Kami di IAIN Padangsidimpuan terus membina para penerima beasiswa bidikmisi melalui kegiatan khusus bagi penerima Bidikmisi yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Bidikmisi (HIMADIKSI). Hal ini dilaksanakan dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti workshop kewirausahaan, seminar nasional tentang kepemimpinan, dan pelatihan home industri, untuk meningkat daya saing, softskill dan kreativitas mahasiswa penerima bidikmisi.” ungkap Sumper.

Peran HIMADIKSI yang dibentuk di IAIN Padangsidimpuan sangat penting bagi mahasiswa penerima bidikmisi. Himpunan ini menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk berkarya dan mengembangkan diri selain berprestasi dalam akamemik dan mampu bersaing dalam berbagai event nasional maupun internasional. Tercatat bahwa salah satu dari penerima beasiswa bidikmisi telah bergabung dalam kontingen IAIN Padangsidimpuan pada kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang pada Oktober tahun lalu di gelar di UIN Raden Fatah Palembang. “Ada salah satu mahasiswa kita yang bernama Fitri Hasanah Nasution dari Fakutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang mengikuti kontes debat Bahasa Inggris. Setelah kita seleksi ternyata saudari Fitri ini memiliki kemampuan dan penguasaan bahasa Inggris yang baik dan layak. Kemampuan penguasaan bahasa asing dan kreativitas lainnya akan terus kita tingkatkan terutama bagi para penerima beasiswa Bidikmisi. Karena program, fasilitas dan wadah sudah tersedia di IAIN Padangisidimpuan seperti salah satu program bahasa selama dua semester penuh di Mahad Jamiah IAIN Padangsidimpuan dan masih banyak lagi”. terang Sumper.

Doc Humas, Suasama Kegiatan Evaluasi PKM I

Wakil Rektor tersebut juga berharap bahwa dengan adanya kegiatan Evaluasi Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) I Peningkatan Penyelenggaraan Bidikmisi dan Program Kemahasiswaan 2019 kualitas mahasiswa bidikmisi terus dapat ditingkatkan. Tidak hanya itu, harapannya bahwa penerimaan mahasiswa baru tahun ini melalui jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan UM-Lokal di IAIN Padangsidimpuan dapat meningkatkan kuantitas mahasiwa penerima bidikmisi pada mahasiwa baru tahun ini. “Kita berharap bahwa adanya penerimaan mahasiswa baru tahun ini, mudah-mudahan ada juga penambahan jumlah mahasiswa penerima bidikmisi di IAIN Padangsidimpuan”. pungkasnya.

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Agenda IAIN Padangsidimpuan

IAIN Padangsidimpuan
Cerdas dan Berintegritas

RSS Info Kemenag RI

  • An error has occurred, which probably means the feed is down. Try again later.

Archives

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id

%d bloggers like this: