Tingkatkan Kualitas Mahasiswa, FDIK IAIN Padangsidimpuan Gelar Workshop Kurikulum KKNI

Tingkatkan Kualitas Mahasiswa, FDIK IAIN Padangsidimpuan Gelar Workshop Kurikulum KKNI

Dok.Humas: Dr.Ali Sati,M.Ag (Dekan FDIK) memberikan sambutan di acara pembukaan Workshop Kurikulum KKNI

Selasa (09/07/2019). Kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) akan meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi. Hal yang sama juga, Kurikulum yang berbasis pada KKNI dapat menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa baru untuk kuliah di IAIN Padangsidimpuan khususnya Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK). Demikian dikatakan Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) IAIN Padangsidimpuan pada sambutan pembukaan Workshop Kurikulum Berbasis KKNI di Aula IAIN Padangsidimpuan (Senin/08/07).

“Untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas mahasiswa juga alumni, kita menggelar workshop penyusunan kurikulum berbasis KKNI. Sasaran dan tujuan dari penyusunan kurikulum berbasis KKNI adalah peningkatan kualitas mahasiswa kita, juga dapat menambah daya tarik bagi calon mahasiswa baru memilih dan menentukan kelanjutan study-nya” ucap Dr.Ali Sati,M.Ag.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Prof.Dr.H.Ibrahim Siregar,MCL, Rektor IAIN Padangsidimpuan ini mengusung thema: “Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI, Guna Meningkatkan Profesionalitas Lulusan Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi,” dengan menghadirkan para pakar dalam bidangnya yaitu: Prof.Dr. Syukur Kholil,MA dan Prof.Dr.Abdullah,M.Si.

“Kita sungguh mengapresiasi atas kehadiran Guru Besar dan sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan ini. Oleh karena itu, kepada peserta workshop untuk terus antusias mengikuti tahapan demi tahapan penyusunan kurikulum berbasis KKNI ini,” ungkap Prof.Dr.H.Ibrahim Siregar,MCL.

Beliau juga berharap adanya perpaduan integrasi antara keilahian (theo), humanis (antropo) dan alam lingkungan (ekosentris) yang harus turun kepada setiap kurikulum pada level jurusan di fakultas.

“IAIN Padangsidimpuan sebagai perguruan tinggi keagamaan, tidak hanya focus menciptakan lulusan yang menguasai kecerdasan intelektual (intellectual quotient) saja. Melainkan lebih dari itu. Kita telah menerapkan system asrama bagi mahasiswa selama 2 semester. Ma’had Jamiah adalah laboratorium alami bagi pembentukan karakter mahasiswa IAIN Padangsidimpuan. Pada program Ma’had Jamiah kita memadukan antara Intellectual, Emotional dan Spiritual. Mahasiswa juga dibekali pengetahuan tentang ilmu-ilmu ke-Islam-an, penguasaan kompetensi dasar bahasa asing (Arab dan Inggris) serta pendidikan karakter,” lanjut Beliau.

Workshop yang dilaksanakan selama 2 hari ini, membahas tentang KKNI serta paparan dan turunannya di setiap kurikulum. Kegiatan pada hari pertama adalah paparan narasumber dilanjutkan dengan pendampingan para Ketua Prodi/Jurusan dalam penyusunan kurikulum berbasis KKNI, di hari kedua.

Prof.Dr.Abdullah,M.Si menjelaskan beberapa kategori yang wajib dicapai oleh lulusan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi sembari Beliau memaparkan tentang Dasar Hukum KKNI yang tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia.

“Dalam Peraturan Presiden R.I Nomor 8 Tahun 2012, tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia disebutkan bahwa, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, yang selanjutnya di-singkat KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor,” papar Guru Besar FDIK UIN Sumatera Utara tersebut.

Sementara itu, Prof.Dr. Syukur Kholil,MA (Direktur Pascasarjana UIN Sumatera Utara) mendampingi peserta workshop yang terdiri dari ketua prodi/jurusan di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan dalam menyusun kurikulum yang berbasis KKNI tersebut. (Humas/trg).

Dok.Humas: Acara Pembukaan Workshop Kurikulum KKNI , yang diikuti oleh Ketua Jurusan/Prodi lingkungan FDIK IAIN Padangsidimpuan

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ayo Berlangganan

Recent Posts

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id