UKK Pramuka, Bangun Karakter & Edukasi Menghadapi Industri 4.0 melalui Seminar Pramuka

UKK Pramuka, Bangun Karakter & Edukasi Menghadapi Industri 4.0 melalui Seminar Pramuka

Selasa, 30 April 2019.Unit Kegiatan Khusus (UKK) Pramuka IAIN Padangsidimpuan dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) PGMI FTIK IAIN Padnagisidimpuan menggelar Pramuka Penegak dan Pandega. Kegiatan yang dilaksanakan pada 30 April 2019 di Aula Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan Lantai II ini, dihadiri oleh 268 peserta yang berasal dari pramuka di tingkat SMA SMK dan MA serta mahasiswa-mahasiswa dari PGMI.

Ketua Ketua Dewan Racana Ahmad Darmaji Siregar, mengaku, untuk mensukseskan kegiatan seminar ini panitia membutuhkan waktu hingga larut malam mempersiapkan acara ini. Ia berpendapat bahwa kepramukaan menjadi salah satu wadah meningkatkan kemampuan siswa dan mahasiswa, untuk sukses dalam pendidikan melalui penguatan karakter individu. “Terima kasih kepada ketua panita dan seluruh anggota yang telah bekerja untuk mempersiapkan acara ini hingga larut malam. Pramuka ini adalah wadah bagi generasi bangsa dan penguatan karakter. Kami telah undang para narasumber berkompeten di bidang ini.” Jelasnya.

Doc Humas, WR I, Dr. Mhd. Darwis Dasopang membuka acara secara resmi

Selain itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Muhammad Darwis Dasopang memberikan apresiasi atas kerja keras para panitia, serta dukungan dari dinas pendidikan Kota Padangsidimpuan. Menurutnya pramuka adalah wadah membangun karakter para pemuda dimasa kini sehingga dapat menghadapai era industri 4.0. “Terlebih Pramuka sebagai organisasi yang mewadahi para generasi muda dalam membentuk kader bangsa yang berkarakter dan mempunyai jiwa kepemimpinan melalui prinsip dasar kepramukaan. Mengingat era ini adalah dimana era industri 4.0 perlu adanya implementasi pramuka dalam membangun karakter yang baik ke depannya”. terangnya.

Seminar  yang dilaksanakan oleh UKK Pramuka dan HMJ PGMI adalah bertujuan untuk membangun karakter dengan mengimplementasikan  nilai-nilai pendidikan melalui ekstrakurikuler pramuka serta menjadi ajang silaturrahmi dan edukasi dalam menghadapi era industri 4.0. Atas pentingnya penanaman karakter tersebut seminar ini mengangkat tema “Implementasi Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler Wajib Berbasis Karakter Serta Peran Pramuka dalam Industri 4.0”. Ketua Panita Fauzan Azmi mengharapkan bahwa pelaksanaan kegiatan bertujuan membangun karakter yang mampu menghadapi dunia industri 4.0 khususnya bagi para pramuka di tingkat SMA SMK dan MA. “Kami berharap bahwa dengan bekerjasama dengan HMJ PGMI dapat memberikan pelayanan terbaik melalui kegaitan sehingga dapat meningkatkan pengetahuan tentang kepramukaan dan dapat membangun karakter dalam menghadapi industri 4.0” terangnya.

Doc Humas. Foto bersama

Secara terpisah dukungan pelaksanaan kegiatan seminar pramuka ini diungkapkan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Sumper Mulia Harahap kepada Humas IAIN Padangsidimpuan, Ia memberikan dukungan UKK Pramuka yang telah melaksanakan seminar ini dengan sukses dan terjadwal dengan baik.

“Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini (Seminar Pramuka), kami melihat ini merupakan kegiatan yang terjadwal sesuai pada momentnya. Untuk itu, kami memberikan apresiasi kepada para panitia, undangan yang hadir seperti ada Sekretaris kwarcab, kepala cabang dinas pendidikan Padangsidimpuan, Pembina gugus depan telah menunjukkan eksistensinya sebagai UKK yang cerdas dan giat dalam bekerja untuk meningkatkan perannya. Tentunya output dari kegiatan adalah dimana peserta harus memiliki jiwa kepramukaan”. Terangnya kepada humas.

Ia juga berharap dengan seminar ini dapat menjadi modal pengetahuan event mendatang yakni Perkemahan Wirakarya Nasional mendatang. Berdasarkan pantaun humas bahwa kegiatan seminar ini berjalan dengan lancar dan tekendali. Turut hadir dalam  acara pembukaan Ketua Jurusan PGMI, Nursyaidah, Ketua DEMA SEMA, Dekan-Dekan Fakultas, Wakil Dekan dan Undangan dari Dinas Pendidikan Kota Padangsidimpuan. Adapun narasumber dalam kegiatan ini adalah Drs. Mohd. Ikhsan Lubis, MM sebagai Kepala Cabang Pendidikan Padangsidimpuan, Arief Nugraha HR. SE sebagai sekretaris kwarcab Padangsidimpuan, Sartika Pulungan, S.Pd sebagai Pelatih Pusdiklat cabang Padangsidimpuan dan Harmein Azhar Ray sebagai Pelatih Pusdiklat cabang Padangsidimpuan, Gesman Hutauruk, S.Th sebagai andalan cabang Padangsidimpuan.

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id

%d bloggers like this: