IAIN dan Kankesbangpol Padangsidimpuan Tingkatkan Wawasan Kebangsaan Mahasiswa

Dok.Humas (9/12/2017) Narasumber dalam acara Pendidikan Wawasan Kebangsaan di Aula IAIN Padangsidimpuan

Sabtu (9/12/2017). IAIN Padangsidimpuan bekerjasama dengan Kankesbangpol kota Padangsidimpuan melaksanakan Pendidikan Wawasan Kebangsaan Untuk meningkatkan wawasan kebangsaan mahasiswa. Wawasan Kebangsaan yang benar wajib dimiliki mahasiswa  agar tidak menafsirkan 4 filar kebangsaan sesuai selera hal ini diungkapkan oleh Staf Ahli Bidang Hukum Pemko Padangsidimpuan Rahuddin Harahap dalam acara pembukaan.

“Mahasiswa wajib memiliki wawasan kebangsaan yang benar jangan menafsirkan Pilar Kebangsaan sesuai selera namun harus sesuai dengan penjelasan yang sudah ditentukan, maka kami berharap dalam acara ini agar diikuti peserta dengan sebaik-baiknya sehingga tidak ada pemahaman yang keliru dalam menafsirkan 4 pilar kebangsaan tersebut”

Sementara Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof. Dr.Ibrahim Siregar, MCL yang diwakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama mengucapkan terimakasih kepada Kankesbangpol Kota Padangsidimpuan karena telah ikut serta dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa  dalam hal wawasan kebangsaan dan kita akan merencanakan  membentuk Pusat Kajian Pengamalan Pancasila .

“IAIN Padangsidimpuan baru-baru ini menandatangani MoU dengan Kemendagri bahwa Setiap PTKIN akan membentuk Pusat Kajian Pengamalan Pancasila yang bertujuan meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang 4 Pilar kebangsaan”.katanya

Kepala Kantor Kesbangpol Padangsidimpuan Syafaruddin Harahap mengatakan sosialisasi dan pendidikan kebangsaan tersebut didasarkan pada Permendagri No 71 Tahun 2012.”ini bagian dari upaya Pemerintah Kota Padangsidimpuan untuk memberi penguatan wawasan kebangsaan terhadap mahasiswa”.

Ketika Tim Humas mengkomfirmasi dengan Kabag Akademik Kemahasiswaan IAIN Padangsidimpuan Khairul Umri Margolang menyampaikan  bahwa kegiatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan terlaksana atas kerjasama antara IAIN Padangsidimpuan dengan Kankesbangpol Kota Padangsidimpuan dan berlangsung selama 1 hari di Aula IAIN Padangsidimpuan, dengan Narasumber Syahid Muammar Pulungan, Mohot Lubis, Erpi J Samudra dan Sahat Tua Sinaga, serta pesertanya mahasiswa IAIN Padangsdimpuan yang berjumlah 130 orang.

Dok.Humas(9/12/2017) Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Padangsidimpuan Samsuddin Pulungan, Staf Ahli Bidang Hukum Pemko Padangsidimpuan Rahuddin Harahap, Kepala Kesbangpol Pemko Kota Padangsidimpuan Syafaruddin Harahap foto bersama dengan Narasumber dan Peserta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *