UPT Perpustakaan Kembangkan Research Skills dengan Aplikasi Zotero

UPT Perpustakaan Kembangkan Research Skills dengan Aplikasi Zotero

Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan membangun dan mengembangkan kemampuan riset (research skills) para dosen dalam rangka membangun referensi terpercaya melalui aplikasi open source zotero dalam sebuah workshop di Aula Biro Rektorat IAIN Padangsidimpuan. Kegiatan workshop dilaksanakan pada 15 April 2019 dengan menghadirkan narasumber yang mumpuni dibidang research skills dan penggunaan aplikasi zotero, Faizuddin Harliansyah dari UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Doc Humas. Kepala UPT Perpustakaan, Yusri Fahmi, M.Hum ikut berpartisipasi dalam menggunakan zotero kepada peserta workshop

Kepala UPT Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan, Yusri Fahmi, M.Hum mengajak para penulis dan peneliti di kalangan dosen agar menerapkan teknologi ini dalam berbagai tulisan ilmiah. Menurutnya aplikasi ini nantinya akan menjadi tools pengutipan referensi dalam menyusun karya ilmiah berupa makalah, artikel, jurnal, skripsi, tesis dan disertasi di lingkungan IAIN Padangsidimpuan.

“Dengan aplikasi zotero ini sangat berguna bagi para peneliti di IAIN Padangsidimpuan. Mengingat pesatnya perkembangan informasi bahwa pengutipan dapat dilaksanakan dengan otomatis dalam pembuatan footnote, bodynote, dan bibliography pada tulisan ilmiah. Disisi lain bahwa adanya aplikasi ini kita dapat membangun perpustakaan digital kita sendiri. Untuk mewujudkan itu, hari ini kami hadirkan narasumber yang paham dan mengerti dengan aplikasi zotero.” terang Yusri Fahmi dalam sambutannya.

Doc Humas. Suasana Workshop dan Paparan Narasumber

Sebelumnya, bahwa kegiatan workshop dilaksanakan oleh panitia dari UPT Perpustakaan mengambil peserta sebanyak 30 orang secara random dari seluruh civitas akademik IAIN Padangsidimpuan. Ketua panitia Zuraidah, S.Sos yakin dan berharap bahwa output dari kegiatan workshop ini adalah adanya peningkatan referensi tulisan dengan menerapkan aplikasi zotero. “Kami berharap bahwa dengan aplikasi zotero ini, para dosen, peneliti dapat meningkat kualitas referensi dalam meneliti.”jelasnya dalam laporan ketua panitia.

Pentingnya penggunaan aplikasi zotero ini mendapat dukungan dan sambutan hangat dari wakil rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Pd, beliau menjelaskan bahwa referensi ini sangat penting bagi seluruh civitas akademik terutama bagi dosen dalam menulis jurnal. Menurutnya bahwa aplikasi zotero ini adalah keharusan bagi para dosen sebab salah satu indikator kualitas perguruan tinggi adalah karya dosen-dosennya. “Karya dosen akan mempengaruhi tingkat grade perguruan tinggi. Kita harus bermigrasi dari sistem referensi yang manual menuju model baru yang otomatis. Oleh karena itu penggunaan aplikasi zotero sebagai peningkatan research skills adalah suatu keharusan.” pungkasnya.

Kegiatan workshop ini dilaksanakan selama sehari, mulai dari pagi hingga sore hari. Pada acara seremonial pembukaan dihadiri oleh Direktur Pascasarjana, Dr. Erawadi, Dekan-Dekan Fakultas, Kajur, dan dosen-dosen. Terlihat bahwa kegiatan tersebut berjalan lancar dan antusias dari para dosen dengan paparan narasumber dan praktek penggunaan aplikasi zotero di laptop masing-masing dosen.

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id