Ustadz Sufrin Efendi Lubis,M.A Memberikan Tausyiah di Asrama Putri IAIN Padangsidimpuan

Ustadz Sufrin Efendi Lubis,M.A Memberikan Tausyiah di Asrama Putri IAIN Padangsidimpuan

Dok.Humas: Dr.H.Sumper Mulia Harahap,M.Ag (Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama) menyampaikan sambutan mewakili Rektor di acara Safari Ramadhan.

Senin (20/05/2019). Para unsur pimpinan IAIN Padangsidimpuan menggelar Safari Ramadhan pada tahun ini, dengan kunjungan pertama adalah Asrama Putri IAIN Padangsidimpuan. pada kunjungan pertama ini dimuilai dengan sholat isya dan tarawih juga witir berjama’ah, selanjutnya diikuti dengan kegiatan tausyiah yang disampaikan oleh ustadz Sufrin Efendi Lubis,M.A; Kamis(16/05).

Rektor yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Padangsidimpuan menyambut baik atas kegiatan ini. Dalam sambutannya, Dr.H.Sumper Mulia Harahap,M.Ag berharap agar mahasiswa yang saat ini masih berada di lingkungan asrama untuk tetap bersemangat serta menjaga akhlaq jika nanti sudah selesai mengikuti program di ma’had jamiah.

“Kepada Ananda, kami dari seluruh unsur pimpinan yang berhadir saat ini menaruh ekspektasi agar terus berprestasi dan menjadi generasi penyeimbang (Balancing Generation) untuk membangun peradaban,” ungkap Sumper Mulia di hadapan seluruh undangan juga mahasiswi.

Sementara itu, Ustadz Sufrin Efendi Lubis selaku penceramah pada kesempatan itu memberikan tausyiah tentang kategori orang dalam menghadapi puasa di bulan Ramadhan. Beliau menyampaikan menurut pendapat dari Imam Al-Ghozali bahwa ada 3 kategori, yaitu: 1. Shoumul ‘awwam, yaitu puasanya orang pada umumnya yakni menahan haus dan lapar; 2. Shoumul Khawwas, yakni puasa paripurna atau berpuasa tidak hanya menahan rasa haus dan lapar melainkan juga mereka berpuasa atau menahan dari perbuatan sia-sia; dan ketiga yaitu Shoumul Khowwasil Khowwas, yaitu mereka yang termasuk pada golongan kedua ditambah lagi hati dan pikirannya juga ikut berpuasa.

“Semoga dengan bulan Ramadhan yang penuh berkah dan rahmat ini, Ananda dan kita semua dapat termasuk menjadi golongan hamba-hamba yang bertaqwa,” papar Sufrin Efendi Lubis, yang juga alumni dari Mesir ini.

Safari Ramadhan yang pertama ini juga dihadiri oleh seluruh Wakil Rektor IAIN Padangsidimpuan, Syeikh Muhammad Hamdi al Athy (Dosen Tamu dari Al-Azhar University Cairo Mesir), para Dekan, Direktur Pascasarjana, para Kabag juga Mudhir Ma’had beserta jajarannya. (Humas/trg).

Dok.Humas: Para mahasiswi IAIN Padangsdiimpuan yang antusias mendengarkan tausyiah dari Ustadz Sufrin Efendi Lubis.

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id