Sesiapa  yang mau mendengar dengan cermat dan mengikuti yang baik, akan menjadi komunitas yang cerdas intlektualnya  (QS. Az-Zumar :18) dan yang mampu membaca, menelaah secarara utuh ayat-ayat Allah dan mengimaninya, akan  menjadi komunitas yang cerdas spritualnya (QS. Al-Baqarah: 121) dan jika mampu keduanya  secara seimbang menjadi komunitas yang terhormat dan terpuji (QS. al-Mujadalah:11), komunitas ini akan  menjadi cikal bakal ilmuwan (ulama) dan intlektual yang diharapkan mampu melakukan perubahan (QS.Ar-Ra’du: 11) mengembangkan ilmu pengetahuan dan memberikan penjelasan dan peringatan pada masyarakat (QS. al-Taubah:122). Dengan merenungkan dan membaca ayat-ayat Allah (QS. Al-Baqarah :164) dan (QS. Ali- Imran:191) guna menggerakkan masyarakat Islam menjadi pribadi bertauhid  dengan keshalehan spritual, emosional, intlektuwal dan keagungan akhlak yang mumpuni dalam membangun agama, bangsa dan negara (QS. An-Nur: 55) MAKHAD

Berdasarkan pernyataan tersebut mahasantri  yang berhasil adalah  mereka yang memiliki identitas sebagai seseorang yang mempunyai: (1) Intlektualitas yang tajam dan cerdas serta berilmu pengetahuan yang luas (2) Spritualitas yang istiqomah dengan hati yang lembut serta semangat yang tinggi karena Allah (3) Emosional yang terpuji dengan Akhlaqul karimah  dan (4) Keteladanan yang  terampil melakukan perbaikan dan perubahan dalam berbagai lini kehidupan.

Untuk mencapai keberhasilan dimaksud pembinaan mahasantri difokuskan pada: (1)Keseimbangan Spiritualitas, emosional dan intlektualitas dendan wawasan keislaman dan bahasa yang universal  (2) Kemandirian dan Istiqomah (3) Berkompetisi (3) Kemampuan memimpin dengan berjiwa besar serta bertanggung jawab sebagai penggerak umat (4) Kesiapan menjadi teladan bagi masyarakat sekitarnya.

Strategi mensiasati keberhailan mahasantri diatas membutuhkan: (1) Tenaga akademik yang handal dalam berbagai aktivitas ilmiah-religius, (2) Tradisi akademik religius, Bahasa dan Ibadah (4) Inisiatif yang  antisipatif masa depan dan bersifat proaktif, (5) Pengkolaborasian seluruh potensi yang dimiliki menjadi kekuatan penggerak  secara menyeluruh,(6) Kemauan membangun bi’ah Bahasa kultur akademik dan bi’ah Islamiyah yang mampu menumbuhsuburkan akhlaqul karimah dan (7) Asrama atau Ma’had sebagai Pusat pembinaan.

Visi:

Bertauhid menuju keshalehan spiritual, emosional, intlektual, dan akhlakulkarimah dalam pengembangan Ilmu keislaman sebagai sendi terciptanya masyarakat muslim khoira ummah.

Misi:

  1. Membina mahasantri memiliki kemantapan Tauhid, kedalaman spiritual, emosinal, keluasan wawasan  ilmukeislaman  dan kemantapan profesional serta keluhuran akhlak  mulia.
  2. Memberikan ketrampilan berbahasa Arab dan Inggris.
  3. Mentradisikan interaksi dengan Al-Qur’an.
  4. Mengebangkan potensi, minat dan bakat Mahasantri berdasarkan al-Qur’an dan sunnah.

Tujuan:

  1. Terbentuknya kepribadian mahasantri yang memiliki kemantapan tauhid dengan spiritual, emosinal, intlektual yang seimbang dalam pengamalan dan keluasan ilmu keislaman yang profesional serta keagungan akhlak.
  2. Terciptanya bi’ah lughawiyah dalam pembinaan/ pengembangan kemampunan bahasa Arab dan Inggris.
  3. Tertradisinya Pengamalan keagamaan dan Ilmiyah religious.
  4. Terbinanya bakat minat dan emosioanal berdasarkan sendi-sendi ajaran Islam.

FASILITAS DAN LAYANAN

Lokasi Ma`had al-Jami’ah IAN Padangsidimpuan berada di dalam kampus IAIN. Padangsidimpua. Ma’had ini terdiri 2 (dua) unit gedung:

  1. Dibangun pada tahun 2002 terdiri dari 2 (dua) lantai dengan kapasitas 32 kamar, setiap kamar ditempati 2 (dua) orang mahasantri penggunaannya pada tahun 2003

Dibangun pada tahun 2013 yang terdirin dari 3 (tiga) lantai dengan kapasitas diperkirakan dapat menampung 500 Mahasantri di lantai akhir  disediakan ruang jemur pakaian.

  1. Di luar unit hunian disediakan fasilitas ruang makan, kamar mandi, kamar tamu, tempat jemur dan sarana lain seperti ruang untuk kantor ma`had, ,, informasi, keamanan, konsultasi kebahasaan, konsultasi, minat dan bakat, lapangan olah raga,  kantin, rumah untuk mudir, sekretaris dan dewan pengasuh.atau murabbi.

Dalam rangka pengembangan potensi minat bakat  mahasantri, maka disediakan beberapa kegiatan penunjang baik bersifat akademik, seni dan olah raga serta ketrampilan-ketrampilan lainnya seperti:

Pengembangan SDM Ma’had

1) Seleksi Penerimaan Murabbi dan Musyrif Baru

2) Rapat Kerja Ma’had

3) Penerbitan Buku Panduan.

4) Orientasi Murabbi dan Musyrif

5) Orientasi Mahasantri Baru

6) Evaluasi Bulanan

7) Dokumentasi  & Inventarisasi Kegiatan Ma’had

Peningkatan Kecerdasan Intlektual

1) Ta’lim  al-Islami

2) Ta’lim al Qur’an

3) Pengayaan Materi Musyrif

Peningkatan Kemampun Bahasa

1) Penciptaan Lingkungan Kebahasaan

2) Pelayanan  Konsultasi Bahasa

3) al-Yaum al-Araby dan  English Day

4)  al-Musabaqah al-Arabiyah dan  English Contest

5) Shabah al-Lughah

 

Peningkatan  Emosional/ Ketrampilan

1) Latihan Seni Religius

2) Olahraga

3) Diskusi

4) Silaturrahim Ilmiah dan Rihlah Ilmiyah

5) Diklat Keterapilan

6) Lomba Debat Opini

Peningkatan Spritual

1) Pentradisian Shalat Maktubah Berjamaah.

2) Pentradisian Shalat-Shalat Sunnah  Muakaddah

3) Pentradisian Puasa-puasa Sunnah dan Ifthar Jama’i

4) Pentradisian Pembacaan al-Adzkar al-Ma’tsurah)

5)Pentradisian Muhasabah

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id