WKSB IAIN Padangsidimpuan Bumikan Shalawat Melalui Seni

WKSB IAIN Padangsidimpuan Bumikan Shalawat Melalui Seni

Jumat 04/01/2019. UKM Wadah Kreativitas Seni dan Budaya (WKSB) IAIN Padangsidimpuan menggelar workshop tentang seni mengemas dan membumikan shalawatan melalui seni musik. Kegiatan dilaksanakan di Aula Biro IAIN Padangsidimpuan selama 3 hari sejak 4-6 Januari 2019 yang merupakan Bantuan Lembaga Kemahasiswaan (BLK) Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Ditjen. Pendidikan Islam Kemenag. RI tahun 2018. Workshop ini bertujuan untuk membumikan shalawatan sebagai bagian dari seni yang harus dilestarikan di kalangan pemuda masa kini.

Doc Humas. Foto bersama para panitia kegiatan dan WR Bid. Kemahasiswaan dan Kerjasama, (Tengah) Khoirul Umri Margolang, MAP, (samping kiri WR III) Muhmmad Rafki Lubis, SHI, (samping kanan WR III)

Workshop yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) WKSB IAIN Padangsidimpuan merupakan yang pertama kali digelar di awal tahun 2019 ini. Dr. Sumper Mulia Harahap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menjelaskan workshop ini telah medapat dukungan dari IAIN Padangsidimpuan kepada Unit Kegiatan Kemahasiswaan.

“Kita sangat berterima kasih kepada para pimpinan kita di Kementerian Agama yang telah memberikan restu atas terselenggaranya kegiatan ini. Karena mereka telah memberikan anggaran bagi kegiatan kita ini. Untuk itu kepada para mahasiswa yang menjadi panitia dan peserta workshop ini mari kita laksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.” Jelas Sumper Mulia Harahap dalam sambutan sekaligus mewakili rektor dalam membuka workshop secara resmi.

Doc Humas. WR Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Memberikan Sambutan dan Membuka Acara Secara Resmi

Dalam kesempatan tersebut juga Dr. Sumper Mulia Harahap mengucapkapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Prof. Dr. H. Kamaruddin Amin, MA, selaku Direktur Jendral Pendidikan Islam, Bapak Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag selaku Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Bapak Drs. Syafriansyah, MA, selaku Kasubdit. Sarana dan Prasana dan Kemahasiswaan, Bapak Ruchman Basori, MA, selaku Kasi. Kemahasiswaan yang telah memberikan Bantuan Lembaga Kemahasiswaan (BLK) Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Ditjen. Pendidikan Islam Kemenag. RI tahun 2018 yang dialokasikan kepada beberapa Perguruan Tinggi termasuk salah satunya adalah IAIN Padangsidimpuan.

“Alhamdulillah berkat silaturrahmi yang dijalin oleh Bapak Rektor IAIN Padangsidimpuan, kita termasuk salah satu Perguruan Tinggi Islam yang mendapat alokasi bantuan lembaga kemahasiswaan tersebut”, tambah beliau yang disambut tepuk tangan yang sangat meriah oleh seluruh peserta workshop. Dr. Sumper Mulia Harahap juga berharap dengan terselenggaranya workshop ini dapat memberikan dampak yang positif bagi para peserta.

Dalam kesempatan yang sama Hasmar Efendi, Ketua panitia juga memaparkan laporan dan mengungkapkan latar belakang penting membumikan shalawatan dengan seni. “Shalawatan merupakan anjuran sunnah dan Alquran. Dari pada kita semua bernyanyi yang tidak berfaedah dan  berpahala lebih baik kita bershalawat kepada nabi Muhammad Saw. Zaman ini banyak memang lagu populer di kalangan pemuda kita seperti lagu galau. Dari pada lagu galau lebih baik shalawatan. Betulkan…” ucap Hasmar Efendi dengan penuh semangat di hadapan para peserta.

Pembukaan acara dilaksanakan pada hari Jumat dan kegiatan workshop berlangsung pada hari Sabtu hingga Minggu tanggal 6 Januari 2019. Kegiatan juga dihadiri oleh Khairul Umri Margolang, MAP, Kabag Akademik dan Kemahasiswaan, Muhammad Rafki Lubis, SHI, Kasubbag Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama, dan beberapa utusan dari alumni IAIN Padangsidimpuan yang dulunya semasa perkuliahan merupakan anggota aktif dari UKM WKSB IAIN Padangsidimpuan.

Dalam Pantauan HUMAS dengan kegiatan ini, peserta mengikuti dengan antusias dan penuh semangat dan bahkan memberikan inspirasi bagi pemahaman mereka terhadap hubungan shalawat dengan seni musik tutur Liza.

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id